Diekspor 5 Tahun Terakhir, Mobil Rakitan Lokal Ini Terus Diminati

Posted on

Diekspor 5 Tahun Terakhir, Mobil Rakitan Lokal Ini Terus Diminati

Ekspor Toyota Fortuner buatan Indonesia

Photo :

  • TMMIN

VIVA – Tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, beberapa model mobil yang dibuat di Indonesia juga diekspor ke luar negeri. Salah satu yang melakukan hal itu, yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN. 

Selain memproduksi mobil keluarga yang banyak peminatnya di Tanah Air, TMMIN juga menghadirkan beberapa model lain, seperti sport utility vehicle dan hatchback. Sebab, hingga saat ini dua model itu masih banyak diminati oleh negara tujuan ekspor.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima VIVA, Jumat 10 Mei 2019, ekspor kendaraan merek Toyota di kuartal pertama 2019 naik dua persen, yakni dari 45.350 unit menjadi 46.130 unit, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Model yang jadi penyumbang terbesar, adalah Fortuner. SUV gagah itu diminati oleh konsumen di negara-negara Timur Tengah, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara. Kemudian, disusul oleh SUV kelas bawah, Rush, dan hatchback Agya.

Lihat Juga
  • All New Suzuki Carry

    100 Negara Diklaim Minati Suzuki Baru Buatan Indonesia

  • SUV Wuling Almaz resmi meluncur di Indonesia.

    Mobil China Buatan Indonesia Ini Bakal Diekspor

  • Ekspor All New Honda Brio

    Brio Baru Buatan Indonesia Mulai ‘Melaut’

“Sejak 5 tahun terakhir, Fortuner konsisten menjadi model SUV penyumbang terbesar bagi prestasi ekspor Toyota Indonesia. Saat ini, kami fokus untuk mencari pasar-pasar ekspor non tradisional baru,” ujar Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam.

Sejak pengapalan perdana pada 1987, Toyota sudah mengirim lebih dari 1,5 juta unit kendaraan, dengan estimasi nilai ekspor lebih dari US$28,8 miliar. 

Sumber Viva