7 Gejala Usus Buntu yang Paling Umum Terjadi, Kenali Rasa dan Tandanya

Posted on

7 Gejala Usus Buntu yang Paling Umum Terjadi, Kenali Rasa dan Tandanya

7 Gejala Usus Buntu yang Paling Umum Terjadi, Kenali Rasa dan Tandanya gelbeseiten.de

Usus buntu merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada usus buntu atau apendiks. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh sumbatan yang terjadi pada usus buntu sehingga usus buntu perlu ditangani dengan tindakan operasi. Jika kamu tidak ingin sampai tahap operasi, sebaiknya kenali beberapa gejalanya berikut ini!

1. Demam ringan

7 Gejala Usus Buntu yang Paling Umum Terjadi, Kenali Rasa dan Tandanyanewsnetwork.mayoclinic.org

Demam biasanya terjadi sebagai reaksi alami sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi sehingga tubuh dapat terhindar dari bakteri jahat yang ingin menyerang. Selain itu, demam ternyata juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit usus buntu. Untuk itu, sebaiknya kamu waspada jika mengalami demam ringan dengan kisaran 37 sampai 38 derajat celcius dengan disertai peningkatan denyut jantung.

2. Sakit perut bagian kanan bawah

7 Gejala Usus Buntu yang Paling Umum Terjadi, Kenali Rasa dan Tandanyahealthafitness.com

Gejala awal adanya penyakit usus buntu adalah nyeri atau kram pada perut yang terjadi secara mendadak dan intens. Kondisi ini terjadi karena usus buntu mengalami pembengkakan dan peradangan yang membuat lapisan dinding perut iritasi. Dalam banyak kasus, lokasi nyeri usus buntu bisa berbeda-beda. Akan tetapi lebih banyak terjadi pada bagian kanan bawah perut.

3. Sering buang air kecil

7 Gejala Usus Buntu yang Paling Umum Terjadi, Kenali Rasa dan Tandanyabuoyhealth.com

Usus buntu terletak sangat dekat dengan kandung kemih. Sehingga ketika usus buntu mengalami peradangan, maka kandung kemih akan terpengaruh dan ikut mengalami peradangan yang serupa. Akibatnya, kamu akan jadi lebih sering buang air kecil bahkan dengan rasa yang sedikit menyakitkan.

Baca Juga: 7 Penyebab Usus Buntu Secara Umum dan Wajib Untuk Diketahui

4. Mual, muntah, dan nafsu makan menghilang

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakan
  • Hindari 7 Jenis Konsumsi Ini Jika Ingin Puasamu Lancar Sampai Buka
  • 7 Cara agar Puasa Gak Kurangi Berat Badan untuk Si Kurus, Coba Yuk! 
7 Gejala Usus Buntu yang Paling Umum Terjadi, Kenali Rasa dan Tandanyapasshealthfoods.com

Selain rasa sakit dan nyeri pada perut yang tidak tertahankan, gejala usus buntu lainnya juga bisa diidentifikasi dari mual dan muntah. Hal ini terjadi karena radang usus buntu berdampak pada saluran pencernaan dan sistem saraf. Sehingga kamu akan mengalami mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan secara tiba-tiba.

5. Kesulitan buang angin

7 Gejala Usus Buntu yang Paling Umum Terjadi, Kenali Rasa dan Tandanyanews.com.au

Jika kamu salah satu orang yang mengalami kesulitan buang angin, maka kemungkinan besar hal tersebut terjadi akibat adanya penyumbatan pada usus. Selain itu, saat usus sudah tersumbat, maka bisa saja kamu juga mengalami beberapa gangguan pencernaan lainnya seperti sembelit, atau diare.

6. Rasa nyeri di pusar

7 Gejala Usus Buntu yang Paling Umum Terjadi, Kenali Rasa dan Tandanyadailyfamily.ng

Gejala awal lainnya dalam penyakit usus buntu adalah munculnya rasa nyeri dan ketidaknyamanan di deket pusar. Bagi anak-anak dan wanita hamil, rasa sakit akibat usus buntu bisa terjadi di berbagai bagian perut. 

7. Perut membengkak

7 Gejala Usus Buntu yang Paling Umum Terjadi, Kenali Rasa dan Tandanyatoday.com

Adanya penyumbatan yang mengakibatkan infeksi pada bagian usus membuat perut menjadi bengkak terasa sangat nyeri. Hal ini karena dalam kondisi tersebut, tubuh sulit mengeluarkan feses. Sehingga feses terhambat untuk keluar dan perut menjadi lebih besar layaknya orang yang kembung.

Meski termasuk penyakit yang berbahaya karena membutuhkan operasi untuk proses penyembuhannya, akan tetapi banyak orang yang masih mengabaikan gejalanya. Hal ini karena kebanyakan dari mereka menganggap remeh apa yang terjadi pada tubuh. Dalam kondisi tersebut, sebaiknya kamu bisa memperhatikan kondisi tubuhmu dengan baik agar tidak menjadi salah satu penderitanya.

Baca Juga: 10 Cara Sederhana Mencegah Usus Buntu, Gak Sampai Meradang dan Operasi

Telah dipublish di lIDNTimes