7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan, Gak Kalah dari Olahraga

Posted on

7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan, Gak Kalah dari Olahraga

7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan, Gak Kalah dari Olahraga mymasjid.ca

Tak hanya menenangkan jiwa, ternyata salat juga baik untuk kesehatanmu secara fisik. Dilansir dari penelitian yang dilakukan di King Faisal Specialist Hospital & Research Centre, salat merupakan aktivitas psikologis, fisik, dan otak ringan hingga sedang. Itu sebabnya salat memiliki karakteristik khusus. Berikut manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

1. Memperlancar peredaran darah

7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan, Gak Kalah dari Olahragaamust.com.au

Di awal salat, kamu akan melakukan gerakan takbiratulihram dengan cara berdiri tegak kemudian mengangkat kedua tangan sehingga sejajar dengan telinga. Kemudian, gerakan dilanjutkan dengan melipat tangan di perut atau bawah dada.

Gerakan ini ternyata berfungsi melancarkan aliran darah dan getah bening. Selain itu, gerakan ini pun memperkuat otot lengan. Saat mengangkat tangan, otot bahumu akan meregang sehingga aliran darah dengan banyak oksigen akan lancar.

2. Menguatkan fungsi tulang belakang

7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan, Gak Kalah dari Olahragabbc.co.uk

Manfaat ini akan kamu rasakan lewat gerakan rukuk. Saat rukuk, kamu akan berlutut, namun dengan kepala yang lurus dengan tulang belakang.

Ternyata, gerakan ini baik untuk mengurangi risiko cedera dan sakit punggung serta pinggang. Selain itu, rukuk juga membuat kemih terlatih sehingga kamu terhindar sari risiko penyakit prostat.

3. Memperlancar fungsi pencernaan

7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan, Gak Kalah dari Olahragabbc.co.uk

Saat melakukan gerakan itidal atau bangun dari rukuk, organ pencernaan dan perutmu akan terasa seperti dipijat kemudian melonggar. Itu sebabnya fungsi pencernaanmu semakin baik.

Baca Juga: Hanya Ada 43 Orang di Dunia Berdarah Emas, Ini 10 Faktanya

4. Aliran darah mencapai otak dengan baik

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakan
  • Hindari 7 Jenis Konsumsi Ini Jika Ingin Puasamu Lancar Sampai Buka
  • 7 Cara agar Puasa Gak Kurangi Berat Badan untuk Si Kurus, Coba Yuk! 
7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan, Gak Kalah dari Olahragatheconversation.com

Saat melakukan gerakan sujud, aliran darahmu akan mencapai otak, bahkan ke bagian yang sulit dijangkau. Darah yang kaya akan oksigen ini akan memengaruhi daya pikir seseorang.

Itu karena kamu melakukan gerakan menungging dengan tangan, dahi, lutut, dan ujung kaki menempel pada lantai. Selain itu, getah bening bisa dipompa ke bagian leher dan ketiak lebih baik.

5. Kecerdasanmu makin meningkat

7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan, Gak Kalah dari Olahragacrosscut.com

Menurut para peneliti di University of Harvard, gerakan sujud juga bisa membuat kecerdasan seseorang semakin meningkat. Itu karena posisi jantung berada di atas kepala sehingga darah bisa mengalir dengan baik ke otak.

6. Meredakan nyeri pada bagian paha

7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan, Gak Kalah dari Olahragavosizneias.com

Saat kamu melakukan gerakan duduk di antara dua sujud, tubuhmu akan bertumpu pada pangkal paha. Hal tersebut membuat tubuhmu terhindar dari risiko nyeri pangkal paha. Selain itu, duduk ini pun bisa mencegahmu mengalami penyakit prostat.

7. Membuat otot kepala dan lehermu lebih relaks

7 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan, Gak Kalah dari Olahragaarquimedios.org.mx

Manfaat ini bisa kamu dapatkan saat melakukan salam di akhir salat. Otot di sekitar kepala dan lehermu akan makin relaks. Gerakan salam juga mengurangi risiko sakit kepala.

Itu tadi manfaat kesehatan dari gerakan-gerakan salat. Namun, kamu perlu melakukannya dengan benar, bukan sekadarnya. Untuk itu, yuk, sempurnakan gerakan salat dengan benar.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Telah dipublish di lIDNTimes