5 Alasan Kamu Jangan Terlalu Banyak Tidur Saat Sedang Puasa

Posted on

5 Alasan Kamu Jangan Terlalu Banyak Tidur Saat Sedang Puasa

5 Alasan Kamu Jangan Terlalu Banyak Tidur Saat Sedang Puasa unsplash.com/@creativeexchange

Pasti kamu pernah mendengar bahwa tidurnya orang puasa bernilai ibadah. Namun apa jadinya jika waktu berpuasa kamu, hanya digunakan untuk tidur-tiduran di kamar saja? Tentu sangat tidak baik dan akan memberikan dampak yang buruk terhadap tubuh kamu.

Tidur saat puasa boleh-boleh saja. Selama itu tidak berlebihan dan selama itu tidak mengganggu jadwal bekerja atau juga waktu beribadah kamu. Makanya, sebelum kamu memutuskan untuk menghabiskan waktu kamu selama bulan puasa dengan tidur yang berlebihan. Sebaiknya kamu baca dahulu artikel di bawah ini deh.

1. Hati-hati, berat badan kamu akan lebih mudah naik dari hari-hari sebelumnya

5 Alasan Kamu Jangan Terlalu Banyak Tidur Saat Sedang Puasaunsplash.com/@yunmai

Jika kamu membayangkan berat badan akan segera turun saat sedang bulan puasa. Kamu jangan bermimpi, kalau yang kamu lakukan hanya tidur dan bermalas-malasan saja selama bulan puasa. Karena yang ada, berat badan kamu akan dengan mudah naik secara cepat.

Biasanya, beberapa orang akan memilih untuk makan dengan porsi yang cukup banyak saat sedang berbuka atau juga saat sedang sahur. Jika saat pagi atau siang harinya digunakan untuk bekerja atau olahraga ringan, mungkin tidak akan jadi masalah. Namun jika waktu pagi dan siang kamu gunakan untuk tidur-tiduran saja, siap-siap berat badan kamu akan segera naik lho.

2. Hanya akan membuat tubuh kamu semakin lemas saja

5 Alasan Kamu Jangan Terlalu Banyak Tidur Saat Sedang Puasaunsplash.com/@maiq

Bukannya menjadi lebih segar dan lebih bersemangat. Terlalu banyak tidur saat bulan puasa juga justru membuat tubuh terasa lemas dan kurang bersemangat. Hampir semua orang yang terlalu banyak tidur saat bulan puasa, pasti pernah merasakannya.

Hal ini terjadi karena ada penyimpangan secara signifikan dari pola tidur normal. Hal tersebut bisa mengganggu ritme tubuh yang sebelumnya sudah terbentuk. Alhasil, rasa lelah muncul di siang hari atau saat bangun tidur.

3. Akan banyak pekerjaan yang menumpuk setelah kamu bangun tidur

5 Alasan Kamu Jangan Terlalu Banyak Tidur Saat Sedang Puasaunsplash.com/@thoughtcatalog
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakan
  • Hindari 7 Jenis Konsumsi Ini Jika Ingin Puasamu Lancar Sampai Buka
  • 7 Cara agar Puasa Gak Kurangi Berat Badan untuk Si Kurus, Coba Yuk! 

Saat bulan puasa, bukan berarti kamu libur bekerja selama bulan Ramadan bukan? Tentunya kamu juga tetap harus bekerja dan mencari nafkah untuk keluarga dan orang tua tercinta.

Tidur siang saat bulan puasa boleh-boleh saja. Asalkan jangan sampai mengganggu waktu bekerja kamu guys. Jangan sampai kamu lebih mementingkan tidur, daripada mengerjakan kewajiban kamu di tempat kerja. Karena bagaimanapun, kamu harus segera menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Jika lelah, istirahat saja dahulu. Namun jangan sampai lupa waktu. Ingat, bekerja juga jika dilakukan secara ikhlas, akan berbuah pahala lho.

Baca Juga: Ini 6 Tips Afdol Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor Saat Ramadan

4. Ada amalan yang lebih besar pahalanya daripada tidur lho

5 Alasan Kamu Jangan Terlalu Banyak Tidur Saat Sedang Puasaunsplash.com/@davidmonje

Jika tidurnya orang puasa saja sudah bernilai ibadah. Apalagi jika saat berpuasa, kamu gunakan untuk membaca Alquran, berdzikir atau melakukan amalan-amalan ibadah lainnya. Tentunya nilai pahala juga akan semakin besar dan semakin banyak guys.

Kita harus ingat dan percaya guys. Bahwa saat bulan Ramadan ini, semua amal ibadah akan dihitung berkali-kali lipat. Jadi lebih baik gunakan saja waktu luang untuk beribadah dan melakukan hal yang baik, daripada hanya tidur dan bermalas-malasan saja.

5. Tubuh kamu juga harus sehat, jadi harus tetap berolahraga

5 Alasan Kamu Jangan Terlalu Banyak Tidur Saat Sedang Puasaunsplash.com/@mister_a

Jangan mentang-mentang kamu sedang puasa. Sehingga kamu tidak berolahraga dan menggerakkan tubuh kamu seperti hari-hari biasanya. Meskipun sedang puasa, tubuh kamu juga harus tetap sehat dan harus mengeluarkan keringat guys. Salah satunya adalah dengan berolahraga pada pagi hari.

Saat ini banyak sekali jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat sedang berpuasa. Seperti yoga, senam ringan atau bisa juga mengerjakan pekerjaan rumah yang bisa mengeluarkan keringat.

Semua hal yang dilakukan secara berlebihan, tentu tidak baik. Jadi jangan tidur terlalu banyak hingga lupa semuanya guys.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes