10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak Dicoba

Posted on

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak Dicoba

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak Dicoba Pixabay/Bon Bon

Ramadan adalah bulan suci untuk kaum Muslim di seluruh dunia. Bulan dimana kita diberikan kesempatan oleh Allah untuk berpikir dan mengevaluasi diri serta mengubah gaya hidup ke arah yang lebih baik lagi.

Biar puasamu tahun ini lancar, bermanfaat dan tentunya berkah, simak 10 tipsnya di bawah ini:

1. Tentukan terlebih dahulu apa niat sebenarnya kamu puasa

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak DicobaUnsplash/Ifrah Akhter

Dari niat jadilah sebuah hasil. Sambil kamu menjalani puasa yang masih beberapa hari coba renungkan dan bertanya kepada hati apa niat sebenarnya kamu puasa. Apakah hanya sekadar menahan haus dan lapar? Apakah dengan puasa hanya ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal? Apakah puasa ini supaya kamu bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang kurang mampu? Apakah puasa hanya formalitas semata-mata kamu adalah orang islam? Refleksi itu perlu agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi di bulan-bulan berikutnya. Jika niatnya benar, puasa tidak akan terasa berat sehingga kebutuhan jiwa dan raga terpenuhi.

2. Minum air putih yang cukup

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak DicobaPexels/Daria Shevtsova

Usahakan baik berbuka puasa maupun sahur, minum air putih. Jika ingin minum yang manis-manis, sebaiknya kurangi atau hindarkan juga lebih baik. Ini membantu supaya kamu tidak kekurangan cairan yang ada di dalam tubuh kamu. Nah, cara yang bijak minum air putih itu sesuai dengan kebutuhan kamu yaitu berat badan dikalikan dengan 30 Mililiter. Dari situ kamu bisa menyesuaikan berapa takaran yang harus diminum dan tidak lupa membagi waktunya.

3. Konsumsi makanan yang bergizi

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak DicobaUnsplash/Pille-Riin Priske

Saat puasa memang ada rasa keinginan memakan apa saja. Hanya saja perlu diingat, bijak dalam memilih makanan itu penting. Buka puasa disunahkan memakan makanan yang manis, seperti kurma. Bukan manis dari gula ya, guys. Hal ini bisa menyebabkan kita lapar terus dan akhirnya bisa tidak berhenti makan. Ini dikarenakan adanya hormon leptin dalam tubuh kita. Untuk takaran, ikuti cara Rasullulah sepertiga air, sepertiga makanan, sepertiga udara agar tidak kekenyangan.

4. Jaga salat

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak DicobaUnsplash/matin firouzabadi

Salat melatih untuk disiplin dengan waktu. Jangan sampai lupa salat atau bahkan sengaja mengulur waktu. Bagaimana caranya supaya tidak lupa salat? Nah, ketika kamu selesai melaksanakan salat Zuhur, perlu diingatkan pada diri, “sebentar lagi Asar”, begitu seterusnya. Lalu bagaimana caranya supaya tepat waktu? Begitu dengar azan, langsung tunaikan salat. 

5. Perbanyak amalan lainnya

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak DicobaPixabay/hashem islami

Mengaji, sedekah, apapun amalan yang baik lakukan. Buat kamu yang belum bisa mengaji, jangan malu. Meskipun dari awal. Yang penting ada niat. Begitu juga dengan sedekah, jika tidak bisa memberikan dalam bentuk materi, tersenyum juga termasuk ibadah. Hal-hal seperti ini bisa membuat jiwa kamu tenang.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakan
  • Hindari 7 Jenis Konsumsi Ini Jika Ingin Puasamu Lancar Sampai Buka
  • 7 Cara agar Puasa Gak Kurangi Berat Badan untuk Si Kurus, Coba Yuk! 

Baca Juga: Tips Puasa, 6 Cara Menahan Haus, Biar Lancar sampai Buka

6. Menyusun jadwal

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak DicobaUnsplash/Luke Chesser

Apalagi untuk kamu yang bekerja, usahakan bagaimana caranya untuk tidak lembur. Sebab tubuh dan pikiran juga perlu istirahat yang cukup agar puasa kamu menjadi maksimal. Terlebih lagi bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar yang mesti berhadapan dengan kemacetan sedangkan hati ingin buka puasa bersama keluarga. Kerjakan tugas apa yang kamu rasa itu dibutuhkan cepat oleh pimpinan terlebih dahulu. Kurangi bermain media sosial dan bersenda gurau dengan teman. Intinya, fokus.

7. Perbanyak silaturahmi

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak DicobaPexels/mentatdgt

Bulan Ramadan ini adalah bulan istimewa untuk berkumpul dengan orang-orang tercinta. Atmosfernya beda dengan bulan lainnya. Menyambung tali silaturahmi yang telah lama putus dengan mengirimkan makanan untuk berbuka puasa rasanya cocok untuk membuka lembaran baru dan saling memaafkan. Karena di dalam diri manusia ada hitam dan putih juga. Cuma perlu diingat, untuk menjaga lisan ketika berbicara serta kontrol amarah kamu jika ada sesuatu yang tidak mengenakkan hati. Andai kamu belum bisa menahan, ambil jarak untuk menenangkan diri.

8. Berikan penghargaan kepada diri sendiri

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak DicobaUnsplash/Ben Blennerhassett

Puasa memang banyak godaannya. Bukan hanya makanan dan minuman tetapi ada saja hal-hal di luar jangkauan kita terjadi ketika berurusan dengan seseorang atau sekelompok. Emosi pun turut campur di dalamnya. Nah, ketika kamu berhasil meredam emosi selama seharian penuh, penghargaan diri juga penting. Tidak berat-berat, cukup sempatkan sebelum tidur untuk memeluk diri kamu sambil mengucapkan terima kasih dan minta maaf.

9. Berolahraga

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak DicobaUnsplash/Tikkho Maciel

Sebenarnya jika kamu melaksanakan salat wajib serta salat sunah lainnya itu juga sudah termasuk olahraga asalkan gerakannya benar. Hanya saja tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri berolahraga secukupnya agar tubuh kamu lebih fit lagi. 

10. Istirahat yang cukup

10 Tips Sehat Jiwa dan Raga Saat Puasa yang Layak DicobaUnsplash/Gregory Pappas

Istirahat yang cukup bukan hanya tidur saja. Tetapi pikiran juga diistirahatkan ketika di rumah. Beberapa dari kita mungkin ada yang badannya di rumah tetapi pikirannya masih kelayapan kemana-mana. Ini bisa mengakibatkan gampang stres padahal puasa itu menenangkan jiwa. Soal tidur pun terletak pada kualitasnya. Begitu bangun langsung fresh walaupun mesti awal karena sahur. Oh ya, usahakan untuk tidak tidur ketika selesai sahur ya.

Itu tadi adalah tips-tips supaya puasa kamu bisa menyehatkan jiwa dan raga. Tidak hanya berlaku di bulan puasa saja bahkan di bulan-bulan lainnya. Semoga bisa membantumu agar tetap sehat dan pahala berlimpah.

Baca Juga: Tips Puasa Sehat yang Bisa Kamu Jalankan dengan Mudah

Dyan Yudhistira Photo Community Writer Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes