Kesalahan Sahur yang Bisa Bikin Tubuh Saat Puasa Terasa Lemas

Posted on

Kesalahan Sahur yang Bisa Bikin Tubuh Saat Puasa Terasa Lemas

Kesalahan Sahur yang Bisa Bikin Tubuh Saat Puasa Terasa Lemas rawpixel.com/1219

Bulan puasa merupakan bulan penuh rahmat dan umat islam berbondong-bondong melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh. Meskipun sedang berpuasa, kita tidak boleh bermalas-malasan dalam beraktivitas sehari-hari. Tapi terkadang kondisi lemas saat puasa ada hubungannya ketika kita sahur. Nah berikut 5 kesalahan yang sering dilakukan saat sahur dan menyebabkan puasa terasa lemas dan kurang bertenaga, yuk simak!

1. Skip sahur

Kesalahan Sahur yang Bisa Bikin Tubuh Saat Puasa Terasa LemasPexels/Stockpic

Saat kamu melewatkan sahur begitu saja jelas kamu akan merasa lemas dan kurang bertenaga saat berpuasa di siang hari. Padahal sahur merupakan salah satu rukun puasa yang harus dilakukan oleh setiap muslim dengan bertujuan mengurangi rasa lemas saat melakukan puasa di siang hari. Sebaiknya jangan pernah melewatkan sahur, meskipun makan sahur hanya sedikit setidaknya kamu bisa menjalani puasa dengan lebih bertenaga.

2. Makan berlebihan

Kesalahan Sahur yang Bisa Bikin Tubuh Saat Puasa Terasa LemasPexels/Flo Dahm

Ternyata selain melewatkan sahur, kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat sedang berpuasa adalah makan sahur dalam jumlah berlebihan. Alhasil esoknya saat berpuasa tubuh terasa lebih lemas karena ketidakseimbangan yang terjadi. Mungkin banyak orang mengira sahur dengan porsi banyak bisa mengurangi lapar di siang hari padahal makan berlebihan justru akan menyebabkan sistem pencernaan terganggu seperti perut kembung, heart burn dll yang akhirnya membuat tubuh terasa lemas.

3. Minum teh manis kebanyakan

Kesalahan Sahur yang Bisa Bikin Tubuh Saat Puasa Terasa LemasPexels/Mareefe
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Olahan Telur Praktis untuk Sahur, Cocok buat yang Telat Bangun
  • Resep dan Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak, Ngumpul Jadi Meriah
  • 6 Langkah Mengukus Beras Ketan, Pulen dan Legit Menggigit

Dalam teh seperti yang kita tahu yaitu mengandung kafein dalam jumlah yang lumayan. Saat kita konsumsi teh manis kebanyakan saat sahur alhasil kita pun akan merasa haus di siang hari karena kafein dalam teh bersifat diuretik dan menyebabkan kita sering buang air kecil. Frekuensi buang air kecil yang banyak menyebabkan cairan dalam tubuh menipis dan hasilnya kita jadi lebih merasa lemas dan kurang bertenaga saat di siang hari.

Baca Juga: 5 Tempat Makan di Jakarta yang Buka 24 Jam, Bisa untuk Sahur

4. Konsumsi cokelat dan permen

Kesalahan Sahur yang Bisa Bikin Tubuh Saat Puasa Terasa LemasPexels/Lisa Fotios

Konsumsi cokelat saat buka puasa sebenarnya bukan masalah. Namun konsumsi cokelat saat sahur sebaiknya hindari dulu saja. Hal ini karena cokelat mudah dicerna tubuh dan menyebabkan energi mudah diserap oleh tubuh juga. Tentunya energi yang mudah diserap tubuh akan menyebabkan persediaan energi kita di siang hari kian menipis karena banyak energi yang sudah hilang dan terpakai. Oleh sebab itu sebaiknya jangan konsumsi cokelat saat sahur karena pada siang hari kita akan mudah lapar dan lemas.

5. Tidur setelah sahur

Kesalahan Sahur yang Bisa Bikin Tubuh Saat Puasa Terasa LemasPexels/Ivan Obolensky

Langsung tidur sesudah sahur sangat tidak disarankan. Hal ini dikarenakan asam lambung akan naik ke kerongkongan dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Pada siang hari pun kamu akan jauh merasa lemas saat berpuasa dan tidak bersemangat. Oleh sebab itu sebaiknya tidurlah dua jam sesudah sahur, yaitu kondisi dimana tubuh sudah mencerna makanan. Daripada langsung tidur kan lebih baik mengaji atau melakukan hal lain yang mendatangkan pahala bukan?

Nah jangan lakukan hal tersebut lagi ya saat sahur!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes