Jangan Panik saat Kepalamu Berdarah Banyak, Ini Penjelasan Medisnya!

Posted on

Jangan Panik saat Kepalamu Berdarah Banyak, Ini Penjelasan Medisnya!

Jangan Panik saat Kepalamu Berdarah Banyak, Ini Penjelasan Medisnya! atlantacaraccidentlawyer.com

Apakah kamu pernah melihat kepala temanmu bocor? Kagetkah kamu ketika melihat jumlah darah yang keluar banyak sekali?

Kasus macam itu sering kali membuat orang panik tanpa tahu apa yang harus diperbuat dan dikatakan cukup sering terjadi. Setidaknya dua juta kasus selalu ditemui tiap tahunnya.

Tidakkah kamu penasaran mengapa darah yang keluar dari kepala begitu banyak? Pastinya itu bukan tanpa alasan kondisi tersebut bisa terjadi. Berikut ini adalah penjelasan mengapa darah yang keluar dari kepalamu bisa sangat banyak.

1. Kepalamu memiliki banyak pembuluh darah

Jangan Panik saat Kepalamu Berdarah Banyak, Ini Penjelasan Medisnya!strokecenter.org

Dalam penyuplaian darah ke otak, ada dua bagian pembuluh darah yang membawa sebagian besar darah tersebut. Yang pertama adalah bagian kiri dan kanan arteri karotis, dan yang kedua adalah bagian kiri dan kanan arteri vertebralis. Yang paling banyak membawa darah ke otak adalah arteri karotis.

2. Darah yang dibawa pembuluh darah memberikan asupan oksigen ke otak

Jangan Panik saat Kepalamu Berdarah Banyak, Ini Penjelasan Medisnya!newatlas.com

Pengiriman darah yang banyak tersebut ke otak tidak lain untuk membuat fungsi otak tetap berjalan dengan normal. Otak membutuhkan oksigen untuk bisa berfungsi dan oksigen itu hanya bisa masuk ke otak lewat pembuluh darah.

Oleh karena itulah, dibutuhkan banyak sekali darah untuk masuk ke otak. Faktanya 20 persen darah yang dipompa jantung semuanya mengalir ke otak.

3. Oleh sebab itu, darah yang keluar dari kepala sangatlah banyak

Jangan Panik saat Kepalamu Berdarah Banyak, Ini Penjelasan Medisnya!verywellhealth.com

Dengan fakta tersebut, tidak kaget jika darah yang keluar dari kepala bocor sangatlah banyak. Ketika pembuluh darah yang ada di kepalamu pecah, entah karena sebab apapun, alirannya tidaklah berhenti.

Jantung masih akan terus memompa darah ke otak karena tubuh masih tetap berpikiran jika otak masih membutuhkan oksigen lewat darah. Karena itulah, darah yang keluar akan banyak sekali.

Baca Juga: 7 Tips Donor Darah Saat Puasa yang Bisa Kamu Praktekkan, Jangan Cemas!

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakan
  • Hindari 7 Jenis Konsumsi Ini Jika Ingin Puasamu Lancar Sampai Buka
  • 7 Cara agar Puasa Gak Kurangi Berat Badan untuk Si Kurus, Coba Yuk! 

4. Jika otak tidak mendapatkan asupan darah, maka perlahan-lahan sistem aliran darahmu akan berhenti

Jangan Panik saat Kepalamu Berdarah Banyak, Ini Penjelasan Medisnya!amazon.com

Aliran darah di tubuhmu dijalankan oleh otak. Otak yang tak mendapatkan asupan oksigen akan mengalami gangguan yang mana itu akan mempengaruhi fungsi tubuh, termasuk kelancaran peredaran darah.

Padahal darah yang mengalir di tubuhmu tersebut membantu tubuhmu untuk tetap mengatur temperatur tubuh tetap normal. Alhasil tubuhmu perlahan-lahan akan mendingin dan menggagalkan fungsi organ lainnya.

5. Pendarahan di kepala bisa terjadi hanya karena sayatan kecil

Jangan Panik saat Kepalamu Berdarah Banyak, Ini Penjelasan Medisnya!verywellhealth.com

Begitu banyaknya aliran darah di otak membuat kepalamu ini sangat sensitif akan benturan dari luar. Arteri dan pembuluh darah kecil memenuhi kepalamu dan bahkan sangat dekat dengan permukaan kulit. Oleh karena itulah sayatan kecil di kepala bisa membuatmu mengalami pendarahan yang hebat.

6. Untuk kasus ringan, kamu bisa menangani sendiri masalah pendarahan tersebut

Jangan Panik saat Kepalamu Berdarah Banyak, Ini Penjelasan Medisnya!aboutkidshealth.ca

Kebanyakan luka di kepala adalah luka kecil dan tidak perlu penanganan medis yang serius, tetapi itu tetap dapat memberikan pendarahan yang banyak. Untuk luka kecil, penanganan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menekan luka itu untuk menghentikan pendarahan. Setelah itu kamu bisa membasuhnya untuk membersihkan luka itu, lalu menggunakan salep antibiotik untuk mempercepat penyembuhan.

7. Hubungi pihak medis jika mengalami masalah ini

Jangan Panik saat Kepalamu Berdarah Banyak, Ini Penjelasan Medisnya!vox.com

Kamu disarankan baru memanggil pihak medis atau menuju rumah sakit jika mengalami hal seperti ini: pendarahannya tidak berhenti walau telah ditekan mendalam dan juga sang penderita kebingungan, mual, muntah-muntah, bahkan pingsan. Jika mengalami sakit kepala setelah dilakukan penanganan pertama, namun tidak sampai muntah-muntah, cobalah beristirahat dahulu dan lihat kondisimu selanjutnya. Jika mual, barulah pergi ke rumah sakit karena takutnya itu adalah kasus pendarahan dalam.

Pendarahan di kepala memang sangat menakutkan mengingat banyaknya darah yang bisa mengucur, namun itu bukan pertanda kamu boleh panik. Segeralah lakukan penanganan pertama dengan menekan luka.

Jika itu tidak cukup atau kamu tidak yakin, mintalah bantuan seseorang untuk membawamu ke rumah sakit. Intinya adalah jangan pernah membiarkan luka tersebut.

Baca Juga: 7 Fakta Medis tentang Pendarahan Dalam yang Tak Terlihat, Lebih Bahaya

Telah dipublish di lIDNTimes