5 Jenis Makanan & Minuman Ini Tidak Boleh Disantap Waktu Sahur

Posted on

5 Jenis Makanan & Minuman Ini Tidak Boleh Disantap Waktu Sahur

5 Jenis Makanan & Minuman Ini Tidak Boleh Disantap Waktu Sahur penntoday.upenn.edu

Sebelum mulai berpuasa, wajib banget nih untuk makan sahur sebagai bekal energi untuk beraktivitas seharian. Namun saat sahur, kamu harus memperhatikan dengan benar jenis makanan yang kamu santap.

Karena kalau sampai kamu salah makan, hal itu malah bisa mengganggu kelancaran puasamu. Perutmu pun akan terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, hindari menyantap 5 jenis makanan berikut ini saat sahur.

1. Makanan yang terlalu pedas

5 Jenis Makanan & Minuman Ini Tidak Boleh Disantap Waktu Sahurpexels.com/Love Food Art

Kebanyakan orang Indonesia, sangat gemar menyantap makanan yang pedas karena memang rasanya lebih nikmat. Namun terlalu banyak menyantap makanan pedas saat sahur, malah bisa membuat perutmu mulas dan lambungmu luka.

Apalagi saat berpuasa, lambungmu akan kosong selama 12-14 jam. Oleh karena itulah hindari menyantap makanan yang terlalu pedas ketika sedang sahur, terutama untuk kamu yang punya sakit maag.

2. Minuman yang terlalu asam

5 Jenis Makanan & Minuman Ini Tidak Boleh Disantap Waktu Sahurunsplash.com/Julia Zolotova

Selain makanan pedas, minuman yang terlalu asam juga sebaiknya kamu hindari saat sahur. Terutama untuk kamu yang memiliki kebiasaan meminum air lemon setiap pagi. Selama bulan puasa hentikanlah sejenak kebiasaanmu ini.

Minum atau makan hidangan yang bercita rasa asam saat sahur, dapat membuat perutmu terasa perih. Dan harus diingat nih, makanan yang asam juga bisa memicu naiknya kadar asam lambungmu. Hal ini bisa membuatmu tidak nyaman berpuasa loh.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Biar Perut Gak Kembung & Lancar Berpuasa

3. Makanan yang terlalu asin

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Olahan Telur Praktis untuk Sahur, Cocok buat yang Telat Bangun
  • Resep dan Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak, Ngumpul Jadi Meriah
  • 6 Langkah Mengukus Beras Ketan, Pulen dan Legit Menggigit
5 Jenis Makanan & Minuman Ini Tidak Boleh Disantap Waktu Sahurpexels.com/Valeria Boltneva

Kamu pasti sudah tahu kalau menyantap makanan yang terlalu asin tidak baik untuk kesehatan, karena bisa menyebabkan hipertensi. Nah di bulan puasa ini, menyantap makanan asin saat sahur juga harus kamu hindari karena bisa menyebabkan kamu mudah merasa haus.

Di saat biasa mungkin hal itu tidak terlalu bermasalah. Namun saat berpuasa, kamu harus menahan rasa haus itu selama 12-14 jam. Lama banget kan? Oleh karena itu hindarilah terlalu banyak menyantap makanan yang terlalu asin saat sahur.

4. Minuman berkafein

5 Jenis Makanan & Minuman Ini Tidak Boleh Disantap Waktu Sahurpixabay.com/Free-Photos

Apakah kamu termasuk penggemar berat kopi atau teh? Nah kabar buruknya nih, minuman ini termasuk minuman berkafein yang harus kamu hindari ketika sedang sahur. Kopi atau teh termasuk minuman yang dapat membuat tubuh kehilangan kandungan air lebih cepat. 

Selain itu sifat asam pada kopi dapat memicu naiknya kadar keasaman perut, serta meningkatkan produksi asam lambung. Pastinya sih akan bikin kamu gak nyaman deh saat berpuasa.

5. Minuman bersoda

5 Jenis Makanan & Minuman Ini Tidak Boleh Disantap Waktu Sahurpixabay.com/annca

Minuman bersoda seperti soft drink, kelihatannya sangat menggoda banget kan? Kamu juga tahu rasanya sangat enak dan menyegarkan kalau diminum dingin. Tapi tahukah kamu kalau minuman ini termasuk minuman yang tidak boleh diminum saat sahur? 

Minuman ini mengandung banyak pemanis buatan, yang dapat dengan cepat menaikkan kadar gula darah ataupun menurunkannya kembali. Hal ini bisa membuatmu mudah merasa lapar dan lemas ketika sedang berpuasa.

Nah itulah lima jenis makanan yang sebaiknya tidak kamu santap saat sedang sahur. Biasakan untuk selalu menyantap makanan yang sehat ketika sahur, dan jangan lupa untuk minum vitamin untuk menambah daya tahan tubuh. Selamat berpuasa.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan Ini Mampu Usir Bau Mulut saat Kamu Berpuasa

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It’s a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes