10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin Mudah

Posted on

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin Mudah

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin Mudah Pixabay.com/089photoshootings

Bagi beberapa orang, memasak merupakan salah satu kegiatan yang dianggap cukup mengasyikkan. Selain bisa menyalurkan hobi, kamu juga bisa mengeksplor kemampuan kamu dalam menciptakan menu-menu dan rasa masakan yang menggugah selera. Bagi yang sudah terbiasa berada di dapur, mereka bisa dengan mudah melakukan beberapa trik menggunakan alat dapur atau bahan makanan yang akan dimasak.

Nah, berikut ini beberapa trik dan tips sederhana untuk mempermudah kegiatan masak, dijamin bikin kamu betah berlama-lama memasak di dapur;

1. Mempertahankan warna sayur agar tetap cerah

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin MudahPixabay.com/JerzyGorecki

Sesaat setelah direbus, warna sayuran biasanya akan lebih kusam jika dibandingkan saat masih mentah. Untuk menjaga agar warna sayuran tetap cerah, cukup masukkan sayuran yang sudah direbus ke dalam air es selama beberapa menit. Pisahkan dari airnya lalu tiriskan hingga siap disantap. Meski sudah direbus, warna sayuran tersebut akan berwarna lebih cerah sehingga bisa menambah nafsu makan kamu saat buka puasa dan sahur.

2. Cara memegang pisau yang baik dan benar

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin MudahPixabay.com/congerdesign

Selama ini, kamu pasti menggunakan pisau di dapur dengan cara menggenggam gagangnya langsung untuk mengiris bahan makanan. Padahal, cara efektif saat memegang pisau adalah dengan cara memegang seperti gerakan mencubit. Selain mudah dilakukan, hasil irisan pun biasanya akan lebih rapi dan merata.

3. Agar jeruk nipis keluar air banyak

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin MudahPixabay.com/Robert-Owen-Wahl

Jika kamu kesulitan memeras jeruk nipis untuk mendapatkan airnya secara manual, kamu perlu mengubah tekniknya. Cukup dengan gulingkan jeruk nipis di atas permukaan yang rata dan tekan dengan telapak tangan hingga air jeruk nipis keluar sempurna. Selain mengurangi tenaga, hasil perasan jeruk nipis dengan cara di atas akan lebih banyak daripada biasanya.

Baca Juga: 7 Tips Puasa Supaya Lancar bagi Kamu si Penderita Maag

4. Menghilangkan bau bawang yang menyengat setelah diiris

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin MudahPixabay.com/Hans

Bagi beberapa orang, bau bawang yang menyengat yang menempel pada tangan setelah diiris memang mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk menyiasatinya, cukup dengan cara menggosok-gosokkan tangan pada permukaan barang yang terbuat dari bahan stainless steel. Dijamin, bau bawang pada tanganmu akan hilang dan bisa kembali menambah rasa percaya dirimu saat beraktivitas.

5. Mencegah apel yang sudah dipotong berubah coklat

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin MudahPixabay.com/955169
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Olahan Telur Praktis untuk Sahur, Cocok buat yang Telat Bangun
  • Resep dan Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak, Ngumpul Jadi Meriah
  • 6 Langkah Mengukus Beras Ketan, Pulen dan Legit Menggigit

Apel yang sudah dipotong biasanya akan cepat mengalami perubahan warna pada permukaan potongannya. Jangan dulu khawatir, karena hanya dengan membalurkan permukaan potongan apel dengan air jeruk nipis, warna apel akan tetap terlihat segar.

6. Mencegah bawang putih cepat gosong

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin MudahPixabay.com/stevepb

Agar bawang putih yang digoreng tidak cepat gosong, kamu perlu mengubah cara dan teknik memotongnya. Bukan dengan mencincang halus, namun memotong bawang putih sebelum digoreng harus dilakukan dengan cara diiris. Karena bentuk bawang putih yang dicincang lebih kecil daripada diiris, maka saat digoreng proses gosong itu akan lebih cepat terjadi.

7. Mengupas tomat lebih mudah

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin MudahPixabay.com/diapicard

Meski banyak yang lebih memilih mengonsumsi tomat dengan kulitnya, ada juga yang memilih mengupas kulitnya sebelum dimakan. Cukup dengan memotong bagian atas tomat dengan bentuk ‘X’ dan masukkan ke dalam air mendidih selama setengah menit. Setelahnya, tiriskan tomat dan proses pengelupasan kulit tomat akan bisa lebih mudah dilakukan.

8. Agar tidak keluar air mata saat mengiris bawang

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin MudahPixabay.com/klimkin

Bukan dengan mengenakan helm, mengatasi keluarnya air mata ketika mengiris bawang tentu saja sangat mudah dilakukan, lho. Saat akan diiris, potong terlebih dahulu bagian akar bawang merah secukupnya. Dijamin, saat mengiris bawang kamu gak perlu lagi nangis-nangis bombay kayak abis nonton drama Korea.

9. Alpukat tidak cepat berwarna kecoklatan

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin MudahPixabay.com/coyot

Agar warna alpukat tidak cepat berubah warna saat belum dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu, kamu cukup memasukkan buah tersebut ke dalam kulkas. Tapi ingat, sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, potong buah tersebut jadi dua bagian dan biarkan bijinya menempel di sana. Dengan cara sederhana tersebut, warna alpukat akan tetap awet hijau merona dengan daging buah yang segar dan menyehatkan.

10. Melunakkan gula palem

10 Tips Sederhana Ini Bikin Acara Masakmu di Dapur Makin Mudahsos-chefs.com

Jika kamu merasa kesulitan menghancurkan kerasnya gula palem, ada satu cara efektif untuk mengatasinya. Cukup tempatkan gula palem bersama roti kering dalam satu wadah atau tas dan diamkan semalaman. Saat akan menggunakan gula palem untuk bahan masakan, kamu tinggal mengambilnya dari wadah tanpa perlu harus bersusah payah menghancurkannya terlebih dahulu.

Dengan mengetahui beberapa tips sederhana di atas, masa kamu masih enggan juga masak di dapur buat buka puasa dan sahur nanti?

Baca Juga: 5 Tips Memilih Menu Buka Puasa Agar Perut Tetap Langsing

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes