Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakan

Posted on

Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakan

Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakan medicalnewstoday.com

Maag merupakan kondisi umum yang sering dialami oleh setiap orang terkait dengan permasalahan asam lambung. Namun, maag sendiri ternyata adalah serangkaian gejala yang menandakan adanya masalah pada sistem pencernaan.

Meski sering dikaitkan dengan kondisi telat makan, akan tetapi maag juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lainnya lho. Apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Pola makan berantakan

Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakanheatherdane.com

Penting sekali untuk selalu menjaga pola makan yang teratur. Sebab, salah satu penyebab munculnya penyakit maag adalah pola makan yang berantakan. Hal tersebut akan mengganggu proses pencernaan dalam tubuh termasuk lambung, sehingga memicu produksi asam lambung yang tinggi dan pada akhirnya mengalami maag.

2. Mengonsumsi makanan pemicu asam lambung

Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakanstar2.com

Tidak semua makanan atau minuman nyatanya memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Hal ini karena beberapa makanan dan minuman dapat menjadi penyebab asam lambung meningkat dan ikut mengikis lapisan dinding lambung. Akibatnya, lambung akan lebih rentan terkena penyakit maag dan susah melakukan penyembuhan.

3. Infeksi bakteri

Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakandjtrumpnetwork.com

Infeksi helicobacter pylori adalah salah satu infeksi yang bisa menyebabkan maag dan gangguan pencernaan lainnya. Bakteri ini biasanya ditularkan dari satu orang ke orang lain ataupun dari makanan dan minuman yang tidak steril. Ketika bakteri ini mulai menyerang, lapisan lambung akan mulai terkikis sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri di area perut.

Baca Juga: Sakit Maag Jangan Pernah Diremehkan! Kamu Harus Sadar Bahaya Seriusnya

4. Penyakit autoimun

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Jarang Diketahui, Ini 6 Bahaya Konsumsi Makanan Manis Saat Berbuka
  • 5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga Kesehatan
  • 10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!
Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakanalimillerrd.com

Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel-sel sehat dalam tubuh, bukannya melawan zat asing penyebab penyakit. Meski terbilang jarang terjadi, akan tetapi maag juga bisa disebabkan oleh jenis penyakit ini. 

5. Obat pereda nyeri

Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakanbradford.ac.uk

Obat pereda nyeri pada dasarnya memang efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Akan tetapi, jika kamu mengonsumsinya terlalu berlebihan justru dapat menipiskan lambung sehingga lambung mudah teriritasi. Jika demikian, lambung akan mudah merasa sakit dan nyeri saat ada infeksi yang menyerang.

6. Stres

Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakanthecelebrationsociety.com

Stres juga bisa menjadi penyebab penyembuhan yang lebih lama pada lambung karena proses peradangan yang terjadi secara terus menerus. Akibatnya, stres dapat menaikkan asam lambung dan membuat lambung lebih rentan terhadap peradangan dan infeksi.

7. Alkohol

Ini 7 Penyebab Maag yang Sering Kamu Tidak Disadari, Segera Periksakangreatist.com

Minuman dengan kandungan alkohol yang terlalu banyak dikonsumsi bisa menjadi penyebab kamu mengalami penyakit maag. Sebab, kandungan alkohol bisa membuat iritasi dan mengikis lapisan lambung. Akibatnya, perut akan lebih rentan terhadap efek asam lambung dan menyebabkan gastritis akut yang sangat menyakitkan.

Pada dasarnya maag muncul akibat efek asam lambung yang sudah sangat tidak wajar dan mengganggu sistem pencernaan. Akan tetapi, dengan mengenali penyebabnya kamu juga bisa mencoba untuk mengatasinya agar kondisi maag tidak bertambah parah. Cobalah konsumsi buah dan sayur untuk menetralkan asam lambung sehingga kamu tidak perlu merasakan nyeri di area perut akibat maag.

Baca Juga: 7 Cara Cepat dan Efektif Mencegah serta Meredakan Sakit Maag Kambuhan

Telah dipublish di lIDNTimes