Hindari Lakukan 5 Hal Ini Saat Berbuka Puasa Demi Kesehatan Tubuh

Posted on

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Saat Berbuka Puasa Demi Kesehatan Tubuh

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Saat Berbuka Puasa Demi Kesehatan Tubuh honestdocs.id

Berbuka puasa seringkali menjadi salah satu momen yang paling kita nantikan. Makanan dan minuman yang sudah dipersiapkan tak ayal membuat kita ingin langsung menyantapnya, sesegera dan sebanyak mungkin. Hal ini secara naluri memang masih bisa dianggap wajar, sebab setelah seharian berpuasa, tubuh akan merasakan letih dan lemas. Kondisi inilah yang kemudian memicu kita memiliki keinginan lebih pada berbagai makanan untuk dikonsumsi.

Namun, ternyata beberapa kebiasaan saat berbuka puasa ada yang perlu kita hindari demi menjaga kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk, simak.

1. Berbuka puasa dengan makanan manis yang berlebih

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Saat Berbuka Puasa Demi Kesehatan Tubuhunsplash.com/Thomas Kelley

Adanya anjuran untuk mengawali buka puasa dengan yang manis sebenarnya tidak salah. Namun, kebiasaan yang terjadi justru sering menimbulkan perilaku mengonsumsi makanan manis secara berlebih. Mulai dari hidangan pembuka hingga makanan utama yanh disiapkan sudah banyak mengandung pemanis.

Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan kita. Benar makanan manis dapat menjadi sumber tenaga terlebih usai berpuasa, hanya saja jika dikonsumsi berlebih justru akan meningkatkan kadar gula darah beserta risiko beberapa penyakit yang mengikutinya. Jadi, jangan terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman yang manis-manis ya.

2. Minum air dingin atau es saat buka puasa

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Saat Berbuka Puasa Demi Kesehatan Tubuhunsplash.com/Kelli Tungay

Setelah berpuasa sehari penuh, seringkali muncul keinginan untuk berbuka dengan minuman dingin. Terutama jika hari terasa sangat panas hingga ingin berbuka dengan minuman yang menyegarkan, takjil minuman dengan es biasanya akan menjadi pilihan pertama. Berbuka dengan minuman dingin memang akan terasa menyegarkan bagi tubuh. Namun ternyata dibalik kesegarannya, es dan semua minuman dingin memberi pengaruh buruk untuk kesehatan.

Sifat minuman dingin, terutama es, yang mudah menyerap sari makanan dalam lambung justru akan memberi efek kenyang lebih lama. Hal ini akan membuat kita memilih untuk menunda mengonsumsi makanan inti yang notabene sangat kita perlukan demi menyeimbangkan gizi.

Baca Juga: 7 Tips Ini Bikin Masak Sahur dan Berbuka Makin Praktis saat di Dapur

3. Porsi makan yang terlalu banyak

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Jarang Diketahui, Ini 6 Bahaya Konsumsi Makanan Manis Saat Berbuka
  • 5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga Kesehatan
  • 10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!
Hindari Lakukan 5 Hal Ini Saat Berbuka Puasa Demi Kesehatan Tubuhunsplash.com/Ethan Sexton

Sudah menjadi kebiasaan hampir semua orang untuk menyiapkan berbagai makanan dan minuman berbuka puasa. Bukan hanya jajanan takjil tapi juga makanan inti seperti lauk pauk sebagai hidangan berbuka puasa. Meski bukan hal yang salah, tapi kebiasaan ini juga turut andil dalam membentuk perilaku mengonsumsi banyak makanan langsung saat waktu berbuka tiba.

Seperti kalap pada makanan, kecenderungan untuk makan besar-besaran ini justru harus kita hindari. Selain tidak baik bagi kesehatan karena perut kosong tiba-tiba diisi terlalu banyak dan lambung dipaksa bekerja keras, kebiasaan ini akan memicu kemalasan. Perut yang terlalu kenyang dan penuh akhirnya akan membuat malas melakukan aktivitas. Padahal masih ada ibadah yang dilakukan usai berbuka, yaitu salat tarawih.

4. Makan banyak gorengan

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Saat Berbuka Puasa Demi Kesehatan Tubuhdoktersehat.com

Gorengan merupakan makanan murah meriah yang masih menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya hari-hari biasa, gorengan pun menjadi salah satu menu pilihan untuk berbuka puasa. Tidak hanya sebagai takjil, terkadang gorengan juga dijadikan lauk untuk makanan inti. Padahal menurut kesehatan, berbuka dengan gorengan justru akan memperberat kerja organ pencernaan. Hal ini secara tidak langsung akan mengganggu sistem pencernaan kita.

Jika kebiasaan semacam ini terus berlangsung, maka perut akan merasa semakin tidak nyaman. Di samping itu, perut juga akan terasa berat dan begah. Kalau sudah begini, dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadan mungkin saja akan terganggu.

5. Berbuka dengan fast food atau junk food

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Saat Berbuka Puasa Demi Kesehatan Tubuhunsplash.com/Prudence Earl

Kemudahan yang ditawarkan fast food maupun junk food memang terasa menggiurkan. Terutama bagi kita yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan menu berbuka, kemudahan ini seperti penolong di waktu yang tepat. Hanya saja yang perlu diingat, kandungan-kandungan dalam fast food atau junk food tidaklah baik bagi kesehatan tubuh kita.

Ada baiknya memang menyiapkan makanan dengan memasaknya sendiri. Setiap bahan-bahan yang dipakai, kita tahu benar dan akan lebih higienis serta terjamin kesehatannya. Jika memiliki keterbatasan waktu, buat saja masakan yang sederhana dan tidak terlalu lama memasaknya. Tidak apa sederhana, asal terjamin kualitasnya demi menjaga kesehatan tubuh kita.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan saat berbuka puasa yang lebih baik kita hindari. Kebiasaan yang sehat akan menyehatkan tubuh dan memperlancar dalam menjalankan ibadah selama puasa.

Baca Juga: 6 Olahan Kolang-kaling Buat Berbuka Puasa, Nikmat dan Mudah Bikinnya

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes