Cocok untuk Sahur, 6 Makanan ini Bikin Kamu Kenyang Seharian Lho!

Posted on

Cocok untuk Sahur, 6 Makanan ini Bikin Kamu Kenyang Seharian Lho!

Cocok untuk Sahur, 6 Makanan ini Bikin Kamu Kenyang Seharian Lho! unsplash.com/Pablo Merchán Mortes

Sahur menjadi moment yang berat bagi kebanyakan orang. Karena makan sahur dilakukan dini hari yang justru menjadi waktu paling enak untuk tidur. Alhasil tidak sedikit orang yang susah sekali bangun. Bukannya sahur, mereka justru lebih memilih tidur dan puasa tanpa menyantap makanan apa pun di waktu sahur.

Meski sahur itu kadang berat, tapi kamu tidak boleh menyepelekan waktu sahur. Sahur adalah waktu yang terpenting selama bulan Ramadhan karena di waktu sahur-lah kamu bisa makan dan mengisi tenaga untuk menjalankan puasa seharian. Agar puasa kamu lancar, makanan yang kamu santap saat sahur juga harus diperhatikan.

Nah supaya enggak salah pilih makanan, berikut ini 6 menu sahur yang bukan cuma enak tapi juga bikin kenyang seharian!

1. Telur utuh

Cocok untuk Sahur, 6 Makanan ini Bikin Kamu Kenyang Seharian Lho!unsplash.com/Mamad Davari

Telur menjadi makanan wajib yang harus selalu ada di meja makan saat sahur. Ini karena, telur merupakan salah satu makanan yang paling sehat di dunia. Telur kaya akan vitamin D dan yang terpenting, telur juga merupakan sumber protein yang sangat baik bagi tubuh.

Saat bulan Ramadan terutama, kandungan protein dalam telur bukan hanya akan membuat kamu kenyang lebih lama tapi juga membuat tubuh tetap bertenaga sepanjang hari. Agar tidak bosan, kamu bisa mengolah telur menjadi berbagai makanan mulai dari masakan simpel seperti telur orak-arik atau menu lain yang kamu sukai.

2. Quinoa

Cocok untuk Sahur, 6 Makanan ini Bikin Kamu Kenyang Seharian Lho!viva.co.nz

Quinoa atau kinoa mungkin masih terdengar asing ditelinga orang Indonesia termasuk kamu. Untuk kamu yang belum tahu, quinoa merupakan tanaman biji-bijian yang berasal dari pegunungan Andes, Peru.

Meski namanya masih asing, siapa sangka jika quinoa adalah salah satu makanan superfood yang kaya akan nutrisi bahkan menjadi salah satu makanan paling tepat untuk menggantikan nasi. Bukan cuma karbohidrat, quinoa juga memiliki kandungan protein, serat, lemak sehat, juga vitamin, mineral, dan asam amino yang sangat baik untuk tubuh terutama saat sedang puasa.

Ada banyak cara untuk mengolah quinoa tapi yang paling enak adalah dengan mengolahnya jadi bubur dengan tambahan kayu manis dan potongan buah. 

3. Buah dan sayuran

Cocok untuk Sahur, 6 Makanan ini Bikin Kamu Kenyang Seharian Lho!unsplash/Tanalee Youngblood
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 5 Makanan Khas Sunda Ini Sederhana Tapi Mampu Menggoyang Lidah
  • 5 Resep Hemat ala Yackikuka, Pas untuk Buka Puasa
  • 5 Resep Takjil Olahan Pisang yang Bisa Kamu Bikin di Rumah, Coba Yuk!

Buah dan sayuran sudah pasti menjadi dua makanan yang harus kamu konsumsi selama bulan Ramadan termasuk saat sahur. Sayur dan buah mengandung vitamin, mineral, serat dan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh selama menjalani ibadah puasa.

Kamu bisa mengolah sayuran menjadi berbagai masakan atau membuat smoothies. Untuk buah, pilih buah yang kaya akan serat atau buah yang mengandung banyak air.

Ini karena buah berserat tinggi membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh dan memberikan efek kenyang lebih lama. Sedangkan buah yang mengandung banyak air akan melindungi kamu dari dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: 8 Ibadah yang Diutamakan Rasulullah SAW Saat Bulan Ramadan 

4. Kurma

Cocok untuk Sahur, 6 Makanan ini Bikin Kamu Kenyang Seharian Lho!hellosehat.com

Selain berbuka puasa, kurma ternyata juga sangat baik dikonsumsi saat sahur. Meski ukurannya mungil, kurma juga termasuk buah yang kaya akan serat. Serat yang ada dalam kurma bukan hanya dapat meminimalisir rasa lapar saat puasa tapi juga membantu melancarkan pencernaan. Manfaat lainnya adalah, serat akan membantu mengontrol kadar gula darah setelah makan. 

5. Daging tanpa lemak

Cocok untuk Sahur, 6 Makanan ini Bikin Kamu Kenyang Seharian Lho!unsplash.com/Carolineh Attwood

Selain sayur, mengkonsumsi daging saat sahur juga bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan catatan, daging yang kamu konsumsi bebas lemak. Kamu bisa memilih ikan, ayam atau daging sapi yang sudah dibuang bagian lemaknya. Sama seperti telur, daging juga memiliki banyak kandungan protein yang mampu meredam rasa lapar. 

6. Kacang-kacangan

Cocok untuk Sahur, 6 Makanan ini Bikin Kamu Kenyang Seharian Lho!unsplash.com/Vladislav Nikonov

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang polong, atau kacang tanah sangat baik untuk menemani waktu sahur kamu. Kacang memiliki banyak kandungan serat dan protein. Meski begitu, kamu tidak bisa hanya makan kacang untuk sahur ya. Sebagai gantinya kamu bisa menambahkan kacang pada oatmeal, salad, atau semangkuk bubur quinoa.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes