6 Manfaat Ajaib Salat Tarawih Bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!

Posted on

6 Manfaat Ajaib Salat Tarawih Bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!

6 Manfaat Ajaib Salat Tarawih Bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan! Mindbodygreen.com

Salat tarawih merupakan ibadah yang hanya dilaksanakan saat bulan Ramadan. Gak heran kalau kemudian banyak masyarakat yang gak mau melewatkan ibadah yang satu ini.

Akan tetapi, nyatanya masih ada segelintir orang yang malas melaksanakan salat tarawih dengan berbagai alasan. Padahal selain ganjaran yang tak terhingga, salat tarawih juga mendatangkan kesehatan bagi siapapun yang konsisten melaksanakan ibadah yang satu ini.

Berikut enam manfaat luar biasa salat tarawih bagi kesehatan.

1. Melatih persendian

6 Manfaat Ajaib Salat Tarawih Bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!Unsplash.com/Alexander Mils

Tarawih merupakan salat yang memiliki jumlah rakaat banyak dalam pelaksanaannya, yang semua tentunya melibatkan pergerakan sendi-sendi. Selama bulan Ramadan, kamu akan ‘dipaksa’ untuk melatih sendi-sendi secara rutin dan teratur yang tentunya hal ini dapat membuat sendi-sendi menjadi lebih sehat.

2. Membakar kalori dan menurunkan kadar gula darah

6 Manfaat Ajaib Salat Tarawih Bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!Hindustantimes.com

Banyak sekali orang yang memiliki kebiasaan berbuka dengan makanan manis secara berlebihan. Padahal kebiasaan seperti ini gak baik karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara drastis. Salat tarawih memiliki fungsi fisiologis yang mirip dengan olahraga. Sehingga, dengan melaksanakan salat tarawih selepas berbuka akan membakar sejumlah kalori dalam tubuh sekaligus menurunkan kadar gula darah.

3. Meningkatkan fungsi otak

6 Manfaat Ajaib Salat Tarawih Bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!Unsplash.com/Kyle Gregory Devaras

Salah satu gerakan dalam salat yaitu sujud mampu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke otak, yang mana hal ini bermanfaat dalam meningkatkan konsentrasi serta membuat otak dapat bekerja secara optimal. Salat tarawih sendiri memiliki jumlah rakaat yang cukup banyak. Jadi, kebayang dong gimana hebatnya manfaat yang bakal kamu dapat jika rutin melaksanakan salat tarawih. Dijamin kamu bisa tetap konsentrasi penuh sepanjang hari walaupun sedang berpuasa.

Baca Juga: 7 Masjid Terbaik di Yogyakarta yang Asyik untuk Tujuan Salat Tarawih

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Jarang Diketahui, Ini 6 Bahaya Konsumsi Makanan Manis Saat Berbuka
  • 5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga Kesehatan
  • 10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!

4. Meningkatkan kesehatan jantung

6 Manfaat Ajaib Salat Tarawih Bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!Riaumandiri.co

Menurut studi yang dilakukan di Harvard University, ibadah salat tarawih terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan efek yang dihasilkan kurang lebih sama dengan ketika kamu melakukan kardio, olahraga yang bertujuan menjaga kesehatan jantung.

5. Meningkatkan fleksibilitas pada orang lanjut usia

6 Manfaat Ajaib Salat Tarawih Bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!Mumby.com

Pada umumnya, di usia lanjut kekuatan dan daya tahan tubuh seseorang akan semakin berkurang. Ini terjadi lantaran pertambahan usia juga menyebabkan berbagai organ pada tubuh ikut mengalami penuaan dan penurunan kinerja. Hal ini akan semakin diperparah kalau orang-orang tersebut malas melakukan aktivitas fisik.

Konsisten melaksanakan ibadah tarawih merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas berbagai macam organ tubuh seperti otot, sendi, jantung, dan tulang. Dampaknya, mereka yang telah lanjut usia bisa lebih luwes dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

6. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

6 Manfaat Ajaib Salat Tarawih Bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!Unsplash.com/Curtis MacNewton

Seperti yang kamu tahu, olahraga dapat meningkatkan stamina, karena ketika tubuh bergerak maka peredaran darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar, selain itu banyak bergerak juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Sama seperti olahraga, gerakan berulang-ulang yang dilakukan saat salat tarawih juga dapat memperlancar peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh serta meningkatkan kerja jantung. Alhasil, tubuh jadi lebih bugar dan gak gampang sakit.

Jadi, yakin mau melewatkan salat tarawih?

Baca Juga: Tata Cara Salat Tarawih, Salat Malam Paling Utama Selama Ramadan

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes