Perlu Diperhatikan, Ini 7 Gejala Kerusakan Hati yang Jarang Disadari

Posted on

Perlu Diperhatikan, Ini 7 Gejala Kerusakan Hati yang Jarang Disadari

Perlu Diperhatikan, Ini 7 Gejala Kerusakan Hati yang Jarang Disadari orissapost.com

Hati merupakan organ tubuh yang memiliki peranan penting, mulai dari mencerna makanan, menyingkirkan zat beracun dari tubuh, dan menyimpan energi. Tidak hanya itu, hati juga menjadi organ tubuh yang menghasilkan hormon, bertindak sebagai filter darah, dan memproduksi senyawa yang baik bagi usus. Untuk itu, kamu perlu menjaga agar organ yang satu ini terhindar dari kerusakan.

Salah satu caranya adalah dengan mengenai gejala kerusakan hati yang sering tidak disadari. Apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini!

1. Bau mulut

Perlu Diperhatikan, Ini 7 Gejala Kerusakan Hati yang Jarang Disadaritriangledentistry.com

Bau mulut ternyata tidak hanya menandakan kebersihan gigi dan mulut yang buruk saja. Sebab, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda jika hati kamu mengalmi kerusakan. Hal ini disebabkan karena tingginya senyawa dimetil sulfida di dalam darah yang sangat umum terjadi pada orang dengan sirosis hati.

2. Memar

Perlu Diperhatikan, Ini 7 Gejala Kerusakan Hati yang Jarang Disadariquickanddirtytips.com

Orang dengan masalah hati ternyata cenderung lebih mudah mengalami memar meski hanya karena cedera ringan. Hal ini karena hati memperlambat atau menghentikan produksi protein yang diperlukan dalam proses pembekuan darah. 

3. Bintik cokelat di wajah

Perlu Diperhatikan, Ini 7 Gejala Kerusakan Hati yang Jarang Disadarihealthline.com

Jika tiba-tiba bintik cokelat muncul di sekitar wajahmu sebaiknya berhati-hati. Sebab, kondisi tersebut biasanya diakibatkan oleh hati yang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Ketika hati bermasalah, hormon estrogen mengalami peningkatan dan menghasilkan zat tyrosinasi yang merupakan enzim dengan kandungan tembaga. Kondisi tersebut memicu tubuh menghasilkan lebih banyak melanin dan membuat noda cokelat pada wajah.

Baca Juga: 7 Gejala Sinusitis Awal Ini Gak Boleh Disepelekan, Jangan Sampai Parah

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Jarang Diketahui, Ini 6 Bahaya Konsumsi Makanan Manis Saat Berbuka
  • 5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga Kesehatan
  • 10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!

4. Kulit gatal

Perlu Diperhatikan, Ini 7 Gejala Kerusakan Hati yang Jarang Disadarinsdermatology.com.au

Meski sangat sederhana dan sering diabaikan, ternyata kulit yang gatal juga bisa menjadi pertanda gejala kerusakan hati yang umum. Kondisi ini bisa saja muncul akibat empedu masuk ke dalam aliran darah yang menyebabkan hati menjadi rusak.

5. Perut bengkak dan sakit

Perlu Diperhatikan, Ini 7 Gejala Kerusakan Hati yang Jarang Disadarimedicalnewstoday.com

Hati menempati sebagian besar rongga perut dan perlemakan yang biasanya ada di sisi kanan. Oleh karena itu, saat hati mengalami kerusakan, area kanan di atas perut biasanya akan terasa sakit, bengkak, ataupun pegal.

6. Spider angioma

Perlu Diperhatikan, Ini 7 Gejala Kerusakan Hati yang Jarang Disadariskyndoctor.co.uk

Tubuh akan memberikan sinyal di saat hati tidak berfungsi adalah dengan munculnya spider angioma akibat tingkat estrogen yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Hal ini bisa saja terjadi di bagian tubuh mana pun. Akan tetapi, pada umumnya kondisi tersebut muncul di area wajah, leher, dan kaki. 

7. Mata dan kulit menguning

Perlu Diperhatikan, Ini 7 Gejala Kerusakan Hati yang Jarang Disadaribelmarrahealth.com

Ketika tubuh memecah sel-sel darah tua, salah satu produk sisa yang diciptakannya adalah senyawa kekuningan yang disebut bilirubin. Hati yang tidak berfungsi dengan baik akan berpengaruh pada hilangnya kemampuan mengeliminasi bilirubin sehingga pada akhirnya kulit dan mata mengalami perubahan warna menjadi kuning.

Ketika hati mengalami kerusakan tentunya akan berpengaruh pada kinerja organ tubuh yang lainnya. Untuk itu, jika kamu mengalami gejala-gejala berikut sebaiknya segera periksa ke dokter agar mendapat perawatan medis dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Waspada, 8 Gejala Gagal Ginjal Ini Sering Diabaikan Hingga Makin Parah

Telah dipublish di lIDNTimes