5 Manfaat Tersembunyi Kacang Kenari untuk Kesehatan 

Posted on

5 Manfaat Tersembunyi Kacang Kenari untuk Kesehatan 

5 Manfaat Tersembunyi Kacang Kenari untuk Kesehatan  onedio.com

Kacang kenari merupakan jenis kacang dari pohon genus Juglans (Keluarga Juglandaceae). Pohon kenari merupakan tanaman asli dari Amerika Utara bagian Timur. Nmun kini, tanaman kacang kenari sudah tumbuh di berbagai tempat, seperti Cina, Iran, California, dan Arizona. Bentuk kacang kacang kenari sangat unik lho, yaitu di bagian bawah kulit buahnya, terdapat kacang keriput yang berbentuk seperti bola.

Kacang kenari termasuk makanan yang bergizi tinggi lho. Kandungan lemak, mineral sehat, serat, dan vitamin yang terdapat kacang kenari, mampu menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh kita. Nah, berikut ini lima manfaat tersembunyi kacang kenari untuk kesehatan, yang manfaatnya sungguh sangat luar biasa, dan sayang untuk dilewatkan.

1. Mengontrol kadar gula darah

5 Manfaat Tersembunyi Kacang Kenari untuk Kesehatan thedoctor.pk

Menurut pengamatan dari sebuah penelitian, kacang kenari dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 lho, mengapa bisa? Karena kacang kenari mampu mengontrol berat badan. Berat badan berlebih merupakan salah satu penyebab utama dari timbulnya diabetes tipe 2. Selain itu, minyak kacang kenari mampu menurunkan hemoglobin A1C (kadar gula darah rata-rata selama 3 bulan) hingga sekitar 8%.

2. Mendukung kesehatan otak

5 Manfaat Tersembunyi Kacang Kenari untuk Kesehatan drionelahubbard.com

Penelitian yang dilakukan pada hewan dan tabung, menunjukkan bahwa nutrisi pada kacang kenari yang terdiri dari polifenol, lemak tak jenuh ganda, dan vitamin E, dapat membantu menurunkan resiko kerusakan oksidatif dan peradangan pada otak.

Kacang kenari juga mengandung asam lemak omega-3, yang mampu meningkatkan kefokusan dan juga daya ingat. Selain itu, kandungan phytocemical yang tinggi pada kacang kenari, menawarkan manfaat yang besar pada kesehatan dan fungsi otak.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Kapri untuk Kesehatan Tubuh, Yakin Gak Doyan?

3. Baik untuk kesehatan bayi dan ibu hamil

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 5 Makanan Khas Sunda Ini Sederhana Tapi Mampu Menggoyang Lidah
  • 5 Resep Hemat ala Yackikuka, Pas untuk Buka Puasa
  • 5 Resep Takjil Olahan Pisang yang Bisa Kamu Bikin di Rumah, Coba Yuk!
5 Manfaat Tersembunyi Kacang Kenari untuk Kesehatan youtube.com

Tak hanya dapat mencegah penyakit kronis saja, kacang kenari juga baik lho dikonsumsi oleh ibu hamil. Kacang kenari dapat mencegah hipertensi yang disebabkan oleh kehamilan, dan juga mencegah depresi yang sering terjadi setelah proses kelahiran. Tak hanya baik untuk ibunya saja, kacang kenari juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk sang bayi.

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada pada kacang kenari, dapat membantu bayi dalam pengembangan saraf, penglihatan, pemahaman kata demi kata, dan IQ berdasarkan perkembangan usia bayi. Selain itu, kacang kenari juga dapat membantu mencegah bayi terkena eksim dan sesak nafas (asma).

4. Menjaga kesehatan kulit

5 Manfaat Tersembunyi Kacang Kenari untuk Kesehatan rd.com

Kandungan vitamin E yang tinggi pada kacang kenari, mampu untuk menjaga kulit dari serangan radikal bebas berbahaya, yang nantinya dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu dapatkan mengaplikasikan kenari menjadi lulur, agar menjaga kulit agar tetap segar dan tidak kering.

5. Meningkatkan kesehatan rambut

5 Manfaat Tersembunyi Kacang Kenari untuk Kesehatan empowher.com

Ternyata, kacang kenari gak hanya baik untuk kesehatan kulit saja lho, namun juga baik untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan yang tinggi pada kacang kenari, mampu memperkuat folikel rambut, dan juga membuat kulit kepala terbebas dari ketombe yang mengganggu. Selain itu, kacang kenari juga mampu mempercepat pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih tebal, dan juga lebih sehat.

Nah, itulah ulasan lima manfaat tersembunyi kacang kenari untuk kesehatan. Ternyata di balik kelezatan rasanya, menyimpan banyak manfaat kesehatan yang masih jarang diketahui orang. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Luar Biasa Kacang Almond untuk Kesehatan 

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

humble and strong women

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes