Cek, Akar Penyebab Ketombe Muncul

Posted on

Cek, Akar Penyebab Ketombe Muncul
Ilustrasi Ketombe

Liputan6.com, Jakarta Putih-putih di baju alias ketombe bisa merontokkan rasa percaya diri. Namun, sebelum mencoba mengatasi masalah di kulit kepala ini sebaiknya cek terlebih dahulu penyebabnya. Sehingga bakal di dapat solusi efektif untuk mengatasi ketombe.

Berikut penyebab ketombe seperti dilansir Misskyra.

Baca Juga

  • Sebagian Besar Wanita Sakit Kepala Saat Menstruasi
  • Duh, Pria Ini Tak Sengaja Telan AirPod Saat Tidur
  • 3 Kemungkinan Penyebab Anak Jadi Sering Memukul

1. Kulit Kering

Jika memiliki kulit kering, peluang untuk berketombe jenis ini akan meningkat. Beberapa gejala yang perlu diwaspadai adalah munculnya serpihan putih yang kering dan kulit kepala terasa kencang.

Kondisi i ini bisa terjadi selama musim hujan atau karena kamu tidak keramas secara teratur. Biasanya, orang dengan rambut keriting lebih rentan terhadap ketombe jenis ini. Hindari penggunaan sampo yang mengandung sulfat jika mengalmai masalah ini karena dapat memperburuk situasi.

2. Akibat Produk Perawatan Rambut

Menumpuknya sisa produk perawatan rambut pada kulit kepala juga dapat menyebabkan ketombe. Berhati-hatilah dengan jenis produk perawatan rambut seperti serum, pomade, hair spray dan sebagainya.

Jika penumpukan ini bercampur dengan kotoran dan sel-sel kulit mati dapat menyebabkan ketombe. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memakai oil pada kulit kepala secara teratur sehingga tetap bersih dan sehat.

2 dari 3 halaman

3. Jamur

Kulit kepala yang terinfeksi oleh jamur Malassezia globosa dapat menyebabkan ketombe. Jamur ini dapat menyebar ke seluruh kulit kepala dengan cepat jika dalam keadaan sangat berminyak atau jika tidak ada keseimbangan pH.Gejala ketombe akibat jamur ini di antaranya adalah munculnya ketombe berwarna kuning dan putih. Kulit kepala pun menjadi sangat gatal. 

4. Kulit kepala berminyak

Ketombe ini ditandai dengan kulit kepala mulai bercak kuning atau muncul serpihan kuning besar pada rambut berminyak. Ketika tubuh mulai menghasilkan jumlah sebum yang berlebih, minyak alami dapat menyebabkan ketombe ini.Produksi sebum ini juga bisa disebabkan oleh stres, keramas yang tidak teratur, dan kehamilan.

Namun, jumlah sebum yang tepat membantu menjaga kulit dan rambut tetap lembab, dan bahkan dapat mengatasi tanda-tanda penuaan.

Sumber: Dream.co.id

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

Sumber Artikel Liputan 6