Begini 5 Tips Memilih Kopi yang Baik, Harus Jeli!

Posted on

Begini 5 Tips Memilih Kopi yang Baik, Harus Jeli!

Begini 5 Tips Memilih Kopi yang Baik, Harus Jeli! Unsplash/Joshua Newton

Kopi merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Selain rempah, kopi juga menjadi salah satu komoditas terbesar di dunia yang memiliki berbagai jenis macam variasi rasa yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Pengolahan kopi membutuhkan proses panjang baik secara manual maupun menggunakan mesin. Biji kopi yang dipilih pun tergantung kepada jenis kopi yang ingin dihasilkan. Namun, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mengenal kualitas kopi yang baik.

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara mengenal biji kopi yang memiliki kualitas baik, simak yuk apa saja!

1. Cium aroma kopi

Begini 5 Tips Memilih Kopi yang Baik, Harus Jeli!Pexels/Rawpixel

Kualitas kopi dapat kita nilai dari bagaimana aroma yang dihasilkan. Kopi yang memiliki kualitas baik sudah tentu memiliki aroma khas seperti kopi tanpa ada percampuran dari zat kimia lainnya.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui aroma soft, medium, maupun strong dari kopi yang dihasilkan. Namun, satu yang pasti adalah bahwa kamu jangan memilih kopi dengan aroma yang apek atau tidak sedap karena itu merupakan indikasi bahwa kopi tersebut memiliki kualitas buruk.

2. Lebih baik membeli kopi freshly roasted

Begini 5 Tips Memilih Kopi yang Baik, Harus Jeli!dailycoffeenews.com

Seperti yang kita tahu bahwa kopi akan melalui proses roasted di mana pada proses itu kopi akan dipanggang untuk mengeluarkan aroma khas di dalamnya dan cita rasanya pun akan lebih keluar. Estimasi waktu terbaik dalam menikmati kopi adalah tidak lebih dari sebulan setelah proses roasted yang mana itu akan menentukan kualitas dari kopi tersebut.

Jadi, alangkah lebih baik apabila kita memilih kopi nusantara dengan fresh roasted dibanding kopi impor dengan waktu distribusi lebih dari sebulan yang pasti kopinya sudah bukan freshly roasted lagi.

Baca Juga: 8 Kopi Khas Jawa Barat yang Layak Kamu Coba

3. Lebih baik membeli biji kopi langsung

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Duh, 5 Makanan dari Maskapai Ini Dianggap Paling Menyedihkan!
  • 5 Bakso Pedas di Surabaya yang Wajib Kamu Coba, Tantang Lidahmu!
  • 6 Roti Manis Khas Korea Selain Bungeo-ppang, Udah Coba?
Begini 5 Tips Memilih Kopi yang Baik, Harus Jeli!worldoffoodanddrink.worldtravelguide.net

Dibanding kita membeli bubuk kopi yang kualitasnya masih dipertanyakan, maka akan lebih baik jika kita membeli bubuk kopinya langsung dan memprosesnya di rumah apabila kita memiliki mesin khusus pembuat kopi.

Hal ini karena bubuk kopi sangat rentan terhadap unsur-unsur di luar seperti udara, cahaya, dan air yang nantinya mungkin dapat mempengaruhi kualitas dari kopimu.

4. Membeli dalam jumlah sedikit

Begini 5 Tips Memilih Kopi yang Baik, Harus Jeli!coffee-channel.com

Kopi memiliki jenis yang sangat banyak dan setiap orang tentu memiliki kegemaran selera tersendiri terhadap macam kopi yang dipilih. Hal ini lah yang kemudian mendasarimu dalam memilih kopi berdasarkan kualitasnya.

Kamu dapat membeli kopi dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli dalam jumlah banyak. Pastikan kamu telah merasa cocok dalam menikmati kopi tersebut sebelum kamu memutuskan untuk menyetok kopi dengan jumlah banyak.

5. Perhatikan bentuk fisik dari kopi

Begini 5 Tips Memilih Kopi yang Baik, Harus Jeli!tailracecentre.com.au

Bentuk dari biji kopi dapat kamu amati karena akan menentukan kualitas dari kopi tersebut. Pastikan bahwa biji kopi yang kamu beli memiliki bentuk yang sempurna tanpa ada cacat seperti kerusakan dari biji kopi, lubang yang bisa jadi dihasilkan oleh hama, dan lain sebagainya.

Namun, kerusakan dari biji kopi juga bisa disebabkan selama proses pengolahan kopi. Biji kopi yang bentuk fisiknya sudah rusak tentu saja tidak dapat kita sebut sebagai high quality lagi.

Nah, 5 tips di atas dapat kamu coba ketika memilih kopi dengan kualitas baik dan nikmat untuk diseduh. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Coffee Lover Wajib Tahu Nih!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes