5 Tips Cerdas Menyimpan Buah Durian Agar Tetap Lezat 

Posted on

5 Tips Cerdas Menyimpan Buah Durian Agar Tetap Lezat 

5 Tips Cerdas Menyimpan Buah Durian Agar Tetap Lezat  assajidin.com

Siapa yang tidak mengenal buah tropis beraroma kuat ini? Hampir seluruh masyarakat Indonesia telah mengenal buah berduri yang memiliki rasa legit ini meski tak semua menyukainya karena aromanya.

Dibalik aroma kuat dari durian, tersimpan kelezatan dan kelembutan dari daging buah durian yang tentunya nikmat untuk dinikmati. Namun, perlu diperhatikan mengenai cara menyimpan durian agar tetap segar dan enak saat dinikmati.

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara menyimpan durian yang benar, berikut adalah tipsnya.

1. Durasi menyimpan durian pada suhu ruang

5 Tips Cerdas Menyimpan Buah Durian Agar Tetap Lezat timeinc.net

Jika kamu membeli buah durian dan tidak tersedia lemari es disana, maka jangan khawatir karena durian dapat disimpan pada suhu ruang selama belum dibuka atau masih utuh.

Pastikan untuk hanya menyimpan durian selama dua hari apabila durian tersebut sudah matang karena ditakutkan durian akan terlalu matang sehingga rasanya menjadi kurang enak apabila disimpan melebihi dua hari.

Sementara jika kamu membeli durian setengah matang, maka proses penyimpanan pada suhu ruang dapat membantu proses pematangan.

2. Pisahkan daging durian dengan biji agar lebih tahan lama

5 Tips Cerdas Menyimpan Buah Durian Agar Tetap Lezat maidaniipancakedurian.com

Kamu dapat menyimpan durian lebih lama jika durian sudah dalam keadaan terbuka dengan cara memisahkan antara daging dan biji, lalu memasukannya ke dalam wadah kedap udara atau plastik dan selanjutnya diletakan pada freezer. Ini akan membantu  menjaga kualitas dari daging durian sebelum nantinya akan dinikmati kembali.

Pengemasan menggunakan wadah tertutup atau plastik juga akan menghindari penyebaran aroma durian pada lemari es.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Duh, 5 Makanan dari Maskapai Ini Dianggap Paling Menyedihkan!
  • 5 Bakso Pedas di Surabaya yang Wajib Kamu Coba, Tantang Lidahmu!
  • 6 Roti Manis Khas Korea Selain Bungeo-ppang, Udah Coba?

Baca Juga: 6 Daerah Penghasil Durian Terenak di Pulau Jawa, Makan Sampai Mblenger

3. Jangan biarkan durian yang telah dibuka berada di suhu ruang lebih dari satu jam

5 Tips Cerdas Menyimpan Buah Durian Agar Tetap Lezat chemistryworld.com

Jika kamu telah telanjur membuka durian, maka habiskan atau pisahkan dagingnya dan masukan ke dalam freezer agar kualitas durian tetap terjaga. Jangan biarkan durian yang telah terbuka berada lebih dari satu jam di dalam suhu ruang karena proses pembusukan maupun angin akan mempengaruhi kualitas dan rasa dari durian tersebut. Durian akan terasa hambar atau bahkan asam karena terlalu lama berada di suhu ruang.

4. Suhu freezer yang ideal untuk menyimpan durian

5 Tips Cerdas Menyimpan Buah Durian Agar Tetap Lezat picgra.com

Hal lainnya yang patut diperhatikan adalah suhu dari freezer yang akan kita gunakan dalam menyimpan durian. Suhu idealnya ada -15 hingga -20 derajat selsius dengan tujuan untuk menjaga kualitas dan pembekuan dari durian tetap maksimal baiknya. Pastikan untuk tidak terlalu lama membiarkan durian di suhu ruang apabila ingin mengonsumsinya karena akan mempengaruhi cita rasa.

5. Tips membawa durian saat berpergian

5 Tips Cerdas Menyimpan Buah Durian Agar Tetap Lezat lelong.com

Mungkin diantara kamu ada yang ingin membawa durian sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, namun bingung bagaimana membawannya? Disarankan untuk menggunakan cooler box atau styrofoam box yang sebelumnya telah diisi batu es untuk menjaga kesegaran dari durian.

Jangan lupa untuk menutupnya rapat menggunakan lakban dan menambahkan plastik wrapping yang tebal agar aroma durian tidak menyebar, terjaga dari suhu kendaraan yang panas, dan menjaga kesegaran dari durian.

Nah, 5 tips di atas dapat kamu coba untuk menyimpan durian tanpa perlu khawatir cita rasa dan kualitas durian akan berkurang. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tips Cermat Memilih Daun Teh Dengan Kualitas Baik, Catat!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes