3 Tips Sederhana Agar Roti Tawarmu Lebih Tahan Lama

Posted on

3 Tips Sederhana Agar Roti Tawarmu Lebih Tahan Lama

3 Tips Sederhana Agar Roti Tawarmu Lebih Tahan Lama Pexels.com/Buenosia Carol

Siapa, sih yang gak suka roti tawar? Hampir semua orang pasti pernah mengkonsumsi jenis roti yang satu ini, entah untuk sarapan, bekal, atau sekadar kudapan. Roti tawar memang banyak digemari karena mudah dipadukan dengan bahan pelengkap apa saja, seperti selai, saus, sosis, telur, hingga diolah menjadi berbagai resep makanan.

Namun sayangnya, roti tawar adalah salah satu jenis makanan yang masa simpannya relatif singkat. Jika tidak disimpan dengan benar, maka roti bisa mengeras atau justru mudah berjamur. Berikut beberapa tips sederhana agar roti tawar sobat bisa lebih awet tapi tetap lembut untuk dikonsumsi.

1. Jangan membuka kemasan roti jika tidak akan segera mengkonsumsinya

3 Tips Sederhana Agar Roti Tawarmu Lebih Tahan Lamaepicurious.com

Pernahkah roti tawar yang sobat beli telah berjamur sebelum tanggal expired di kemasan? Ternyata hal ini dikarenakan kontak roti dengan udara yang mengakibatkan roti menjadi lembab dan lebih mudah ditumbuhi jamur. Penyimpanan yang kurang tepat memang rawan membuat roti tawar rusak.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan dulu membuka bungkus roti ketika belum ingin memakannya dan menghabiskan roti dalam waktu relatif singkat, sebab kemasan inilah yang menjaga roti tetap segar. Jika telah membukanya, pastikan untuk menutup kembali kemasan dengan rapat agar kualitas roti tetap terjaga.

Baca Juga: Stok Roti Tawar Melimpah? Bikin Jadi 5 Kudapan Lezat ini Yuk!

2. Menggunakan wadah kedap udara sebagai tepat penyimpanan roti

3 Tips Sederhana Agar Roti Tawarmu Lebih Tahan Lamalocknlockshop.eu
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Duh, 5 Makanan dari Maskapai Ini Dianggap Paling Menyedihkan!
  • 5 Bakso Pedas di Surabaya yang Wajib Kamu Coba, Tantang Lidahmu!
  • 6 Roti Manis Khas Korea Selain Bungeo-ppang, Udah Coba?

Tips berikutnya adalah menyimpan roti tawar di dalam wadah tertutup yang kedap udara. Pastikan wadah penyimpan sobat bersih dan kering, ya. Cara ini bisa menjaga roti tetap lembut dan tidak mengeras karena terkena udara. Dan pastinya, menyimpan dalam wadah yang tertutup rapat dapat memperpanjang masa simpan roti meskipun diletakkan di suhu ruangan.

Jika tidak ada container, kalian bisa memakai plastik yang cukup tebal atau aluminium foil dan pastikan untuk mengemas roti dengan rapat. Plastik ziplock yang lebih praktis juga bisa menjadi pilihan sebagai wadah penyimpanan roti tawar.

3. Simpan roti di lemari pendingin

3 Tips Sederhana Agar Roti Tawarmu Lebih Tahan Lamapexels.com/rawpixel

Sudah menjadi rahasia umum jika makanan dan minuman yang disimpan dalam lemari es akan lebih terjaga kesegarannya. Begitu pula dengan roti tawar. Sobat bisa menyimpan roti tawar di bagian chiller lemari es agar roti lebih awet dan tetap empuk. Dengan cara ini, roti bisa tahan hingga satu minggu lho.

Jika ingin masa simpan yang lebih lama lagi, kalian bisa meletakkan roti tawar di bagian freezer. Dengan demikian, masa simpan roti bisa mencapai satu bulan. Ketika akan mengkonsumsi roti tawar yang beku, cukup ambil beberapa lembar roti dan letakkan di suhu ruangan sekitar setengah jam agar roti lembut kembali, atau panaskan di microwave selama beberapa detik saja.

Namun, sebelum menyimpan roti tawar di lemari es, pastikan dulu ya, sobat meletakkan roti di dalam plastik atau wadah tertutup dan bersih agar tidak tercampur dengan aroma dari bahan makanan lainnya.

Itulah beberapa tips sederhana untuk menyimpan roti tawar agar lebih awet. Jadi, gak ada roti yang terbuang lagi deh karena berjamur. Semoga membantu, ya.

Baca Juga: 7 Hidangan Lezat Roti Baguette Khas Perancis, Berkelas & Wajib Dicoba!

Rizky Amalia Pratiwi Photo Community Writer Rizky Amalia Pratiwi

Masih terus belajar dan berjuang lewat menulis dan baking. Feel free to contact me at amalia.rp95@gmail.com and Facebook: Rizky Amalia Pratiwi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes