5 Tips Cermat Memilih Daun Teh Dengan Kualitas Baik, Catat!

Posted on

5 Tips Cermat Memilih Daun Teh Dengan Kualitas Baik, Catat!

5 Tips Cermat Memilih Daun Teh Dengan Kualitas Baik, Catat! medicalnewstoday.com

Teh adalah minuman populer yang mengandung kafein dan sering menjadi konsumsi bagi semua orang di seluruh dunia. Teh merupakan infusi yang terbuat dari daun, pucuk daun, dan tangkai daun yang diseduh setelah dikeringkan terlebih dahulu. Terdapat banyak sekali jenis dan macam dari teh yang ada di dunia, namun yang paling populer adalah teh hitam dan teh hijau. Di balik kepopuleran akan konsumsi teh, terdapat banyak hal yang mesti diperhatikan dalam memilih teh secara cermat.

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih kualitas teh yang baik, simak yuk apa saja!

1. Perhatikan bentuk daun teh yang telah kering

5 Tips Cermat Memilih Daun Teh Dengan Kualitas Baik, Catat!assamicaagro.in

Hal pertama yang dapat dilihat dari kualitas teh baik adalah dengan memperhatikan bentuk dari daun teh yang telah kering. Apabila ada dua sampai tiga pucuk daun menempel satu sama lain, itu artinya teh tersebut dalam kualitas baik. Hal itu karena dua hingga tiga pucuk daun yang menempel hanya dapat terjadi pada proses pemetikan menggunakan tangan, bukanlah menggunakan mesin. Proses pemilihan pucuk daun teh menggunakan tangan tentu akan lebih terjamin kejeliannya terhadapnya kualitas teh.

2. Pastikan daun teh kering tidak rapuh

5 Tips Cermat Memilih Daun Teh Dengan Kualitas Baik, Catat!humbletealeaf.com

Penampilan lain yang wajib diperhatikan dari daun teh kering adalah apakah daun teh tersebut masih dalam kondisi baik atau sudah patah-patah. Apabila daun teh kering sudah dalam kondisi patah-patah, maka bisa diasumsikan bahwa proses pengolahannya maupun cara penyimpanannya buruk sehingga dapat mempengaruhi kualitas dari teh.

3. Lihatlah warna dari teh

5 Tips Cermat Memilih Daun Teh Dengan Kualitas Baik, Catat!picfair.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Duh, 5 Makanan dari Maskapai Ini Dianggap Paling Menyedihkan!
  • 5 Bakso Pedas di Surabaya yang Wajib Kamu Coba, Tantang Lidahmu!
  • 6 Roti Manis Khas Korea Selain Bungeo-ppang, Udah Coba?

Sebagai pembeli tentu kita harus sangat kritis terhadap kualitas dari teh yang akan kita beli karena itu akan mempengaruhi kandungan manfaat baik di dalamnya. Apabila kita membeli teh hijau, maka teh haruslah berwarna hijau. Apabila membeli teh putih, tentu teh harus berwarna putih. Sementara apabila membeli teh oolong, pastikan bahwa warna yang dihasilkan adalah perpaduan teh dengan warna hijau dan putih. Jika kita menemukan teh tersebut telah berwarna hitam, maka kita dapat mengansumsikan bahwa teh tersebut sudah dalam kualitas kurang baik.

Baca Juga: 12 Resep Es Teh Unik untuk Menu Buka Puasa, Nyegerin Banget!

4. Cium aromanya

5 Tips Cermat Memilih Daun Teh Dengan Kualitas Baik, Catat!doornextfarms.com

Teh terkenal akan aromanya yang khas dan kuat, aroma itu lah yang menandakan kualitas dari teh yang sesungguhnya. Apabila kamu mendapati aroma teh yang kuat dan khas seperti umumnya maka dapat dipastikan teh tersebut dalam kondisi yang baik untuk dikonsumsi. Sementara, apabila teh berbau apek atau bahkan aromanya pudar maka bisa jadi teh telah disimpan lama sehingga kualitasnya menurun.

5. Belilah teh dengan jumlah sedikit

5 Tips Cermat Memilih Daun Teh Dengan Kualitas Baik, Catat!goldenmoontea.com

Jika kamu merupakan pecinta teh, disarankan untuk tidak membeli teh dalam jumlah yang banyak karena dikhawatirkan hal tersebut akan mengurangi kualitas dari teh apabila disimpan terlalu lama. Jadi, akan lebih baik apabila membeli teh sedikit demi sedikit agar kualitas dan kesegaran teh tetap terjamin sampai kepada cita rasa dan manfaat di dalamnya.

Dengan memilih teh dengan kualitas terbaik, tentunya akan menambah kenikmatan serta manfaat dari minum teh. Nah, lima tips diatas dapat kamu coba ketika ingin memilih teh dengan kualitas yang baik dan bagus. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 6 Kebaikan dari Teh Daun Pandan, Bantu Atasi Masalah Kesehatan

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes