5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga Kesehatan

Posted on

5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga Kesehatan

5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga Kesehatan molekule.com

Charcoal atau arang adalah sejenis residu hitam hasil pembakaran yang berisikan karbon tidak murni. Massa dari arang juga terbilang cukup ringan dan sangat rapuh, serta kandungan karbonnya sekitar 85% sampai dengan 98% yang kemudian diikuti abu ataupun zat kimia lain. Saat ini charcoal merupakan bahan yang cukup populer sebagai bahan skincare ataupun make up. Namun, bukan hanya manfaatnya terhadap kecantikan yang mampu memberikan efek luar biasa, tetapi juga manfaatnya terhadap kesehatan tubuh. Arang yang dapat digunakan untuk kesehatan adalah charcoal yang telah diaktifkan hingga menjadi arang murni melalui proses tertentu.

Untuk kamu yang penasaran mengenai manfaat yang terkandung didalam charcoal terhadap kesehatan, simak yuk apa saja!

1. Pemutih gigi alami

5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga KesehatanYoutube/Angela Lanter

Untuk kamu yang krisis kepercayaan diri karena warna gigi, kamu dapat menggunakan charcoal atau arang ini sebagai obat alami untuk mengembalikan warna gigi secara alami dan menjaga kesehatannya. Hal ini karena charcoal atau arang memiliki kandungan yang dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan mulut. Kamu hanya perlu menggunakannya dengan cara menyikat gigi menggunakan arang dan berkumur setelah itu sampai bersih.

2. Ampuh menghilangkan jerawat

5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga Kesehatancharcoalandbody.com

Arang atau charcoal ternyata memiliki kandungan baik yang dapat menghilangkan jerawat yang membandel. Penggunaan arang sebagai obat jerawat dapat dilakukan dengan cara mencampurkannya dengan lidah buaya, kemudian mengoleskannya sebagai masker lalu diamkan sesaat dan bilas. Zat yang terkandung dalam arang mampu mengikat bakteri serta kotoran penyebab jerawat membandel.

3. Obat untuk perut kembung

5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga KesehatanPexels/rawpixel.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Duduk Terlalu Lama Bisa Picu 7 Penyakit Berbahaya Ini, Bahkan Kematian
  • Kurang Istirahat, 7 Penyakit Akut Ini Sering Mengancam Para Workaholic
  • Ini 12 Penyebab Utama Hipersalivasi, Air Liur Tiba-tiba Keluar Banyak

Mungkin kita sudah mengenal obat norit. Norit merupakan obat untuk diare maupun perut kembung yang juga terbuat dari charcoal atau arang. Ini lah yang membuat arang memiliki kandungan baik yang dapat membantu meredakan perut kembung. Dengan mengonsumsinya sesuai dosis, maka gas-gas berlebih dalam tubuh pun dapat dihilangkan dan pencernaan semakin terasa lega.

Baca Juga: Apakah Bubuk Activated Charcoal Benar-benar Bisa Memutihkan Gigimu?

4. Bermanfaat bagi kesehatan rambut

5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga Kesehatanpopsugar.com

Charcoal atau arang seringkali dijadikan salah satu bahan utama dalam pembuatan sampo. Konon zat yang terdapat dalam arang mampu untuk menghilangkan minyak dan melembabkan kulit kepala sehingga kesehatan rambut tetap baik dan kulit kepala pun terasa lebih kering. Jika kulit kepala lembab maka akan rentan untuk terjadi kerusakan pada rambut

5. Detoks alami

5 Manfaat Charcoal yang Terbukti Ampuh untuk Jaga KesehatanPexels/Tirachard Kumtanom

Charcoal atau arang ternyata memiliki kandungan yang dapat berfungsi sebagai detoks alami. Detoks berfungsi untuk menghilangkan racun-racun yang terdapat didalam tubuh dan menjaga kembali kebugaran dalam tubuh. Selain itu, apabila telah dilakukan detoks pada tubuh maka proses pencernaan pun akan lebih lancar dan dapat kita manfaatkan sebagai penurun berat badan.

Nah, 5 manfaat baik dari charcoal ini membuktikan bahwa arang tidak hanya bermanfaat bagi kecantikan ya. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 6 Produk Berbahan Charcoal Ini Siap Buat Kulitmu Jadi Bersinar, Girls!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes