5 Tips Bikin Poached Egg Anti Gagal

Posted on

5 Tips Bikin Poached Egg Anti Gagal

5 Tips Bikin Poached Egg Anti Gagal bonappetit.com

Hayo siapa nih yang sering banget bikin poached egg tapi selalu gagal ? Pengennya sih telurnya bisa solid, eh malah jadi kayak telur orak arik rebus. Kesel banget kan ?

Bikin poached egg emang agak tricky sih. Tapi kalo kamu mengikuti langkah berikut ini, dijamin deh poached egg mu bisa berhasil dengan sempurna.

1. Telur yang masih fresh

5 Tips Bikin Poached Egg Anti Gagallifestylemenh.com

Telur yang fresh ini penting banget untuk keberhasilan poached egg lho. Jangan sampai telur yang mau kamu poach kuning telurnya udah pecah ya. Untuk mengetahui kondisi telur, sebaiknya pecahkan telur dalam mangkuk kecil terlebih dahulu.

2. Air yang cukup banyak

5 Tips Bikin Poached Egg Anti GagalFoodnetwork.com

Banyak sedikitnya air ini sangat mempengaruhi bentuk poached egg lho ! Kalau airnya terlalu sedikit, bentuknya jadi datar dan terlihat seperti telur mata sapi. Sebaiknya jangan menggunakan teflon ya, gunakan panci dengan kedalaman sekitar 15 – 30 cm.

3. Cuka

5 Tips Bikin Poached Egg Anti GagalFoodnetwork.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Duh, 5 Makanan dari Maskapai Ini Dianggap Paling Menyedihkan!
  • 5 Bakso Pedas di Surabaya yang Wajib Kamu Coba, Tantang Lidahmu!
  • 6 Roti Manis Khas Korea Selain Bungeo-ppang, Udah Coba?

Menambahkan sedikit cuka ( 1 sdt ) bisa membuat telur lebih solid dan lebih putih. Nah kalau takut telurnya jadi rasa cuka, setelah memasak sebaiknya rendam telur di air biasa. Hal ini juga bisa menghentikan proses masak telur itu sendiri. Sebaiknya gunakan cuka yang bening ya !

Baca Juga: 3 Resep Telur Khas Korea yang Cocok untuk Sahur

4. Bikin pusaran air

5 Tips Bikin Poached Egg Anti GagalFoodnetwork.com

Sebelum masukin telurnya, aduk air secara perlahan hingga terbentuk pusaran air ya. Jangan terlalu pelan ataupun terlalu kencang. Yang sedang – sedang saja. Pusaran ini berguna agar putih telur bisa melapisi seluruh kuning telurnya. Bentuknya pun jadi lebih indah.

5. Masukkan telur secara perlahan

5 Tips Bikin Poached Egg Anti GagalFoodnetwork.com

Masukkan telur secara perlahan ya, agar telurnya tidak pecah. Pastikan airnya dalam keadaan simmering bukan boiling ( mendidih ). Apa itu simmering ? Simmering itu kondisi saat bubble – bubble sudah muncul di dasar panci, kira – kira suhunya 95° C. Masak dalam waktu 3 menit aja ya ! Agar kuning telurnya masih dalam keadaan cair.

Nah gimana nih tips nya ? Lumayan ribet ya ? Memang awalnya sedikit ribet tapi kalau sudah eksekusi masak ternyata mudah banget lho. Apalagi kalau kamu udah jago, kamu bisa bikin 2 – 3 telur dalam sekali masak. For your information, poached egg ini termasuk cara memasak telur yang baik lho, karena tidak melalui proses penggorengan sehingga kandungan gizinya masih terjaga. Wah cocok buat sahur nih. Happy cooking and best of luck!

Baca Juga: 15 Negara Ini Punya Cara Unik Mengolah Telur Menjadi Hidangan Nikmat

Alfina Salsabila Photo Community Writer Alfina Salsabila

just ordinary girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes