Terungkap! Ini 5 Manfaat Rahasia Ikan Tuna untuk Kesehatan 

Posted on

Terungkap! Ini 5 Manfaat Rahasia Ikan Tuna untuk Kesehatan 

Terungkap! Ini 5 Manfaat Rahasia Ikan Tuna untuk Kesehatan  naturalfoodseries.com

Ikan tuna merupakan ikan air asin, yang termasuk dalam keluarga Scombridae (makarel). Ikan tuna terdiri dari 15 spesies di lima genera, yang ukurannya bervariasi, mulai dari tuna peluru dengan panjang maksimal 50 cm, hingga sirip biru Atlantik tuna, dengan panjang maksimal 4,6 meter. Ikan yang dikenal dengan nama ilmiah ‘Tunnini’ ini, merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat bagus lho, terutama kandungan asam lemak omega-3 nya.

Dengan kandungan gizinya yang sangat tinggi tersebut, ikan tuna menawarkan banyak manfaat kesehatan. Penasaran apa saja manfaat dari ikan tuna? Yuk, simak saja ulasannya berikut ini!

1. Mencegah degenerasi makula

Terungkap! Ini 5 Manfaat Rahasia Ikan Tuna untuk Kesehatan macularhope.org

Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan tuna, mampu mencegah degenerasi makula yang biasa terjadi pada para lansia (lanjut usia). Degenerasi makula merupakan penyebab utama kebutaan yang terjadi pada para lansia. Selain itu, ikan tuna juga mampu mengurangi gejala kebutaan retinopati diabetik, yang terjadi karena kondisi diabetes yang semakin parah.

2. Mencegah gagal ginjal

Terungkap! Ini 5 Manfaat Rahasia Ikan Tuna untuk Kesehatan ceb.dralexjimenez.com

Kandungan kalium dan natrium pada ikan tuna, mampu membantu keisembangan cairan. Nah, ketika tubuh mampu mempertahankan keseimbangan cairan, maka fungsi ginjal akan mampu bekerja dengan lebih baik, sehingga mampu menurunkan kemungkinan terjadinya kondisi ginjal yang serius, seperti gagal ginjal.

3. Menurunkan tekanan darah

Terungkap! Ini 5 Manfaat Rahasia Ikan Tuna untuk Kesehatan 1health.id
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 8 Gorengan dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Bakwan!
  • 5 Resep dan Cara Membuat Aneka Opor, Bikin Ramadan Makin Berwarna
  • Resep Salmon Mentai yang Simpel dan Enak, Gak Perlu ke Kafe Mahal

Kandungan kalium yang tinggi pada ikan tuna, merupakan mineral, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan. Mineral tersebut bekerja sama dengan asam lemak omega-3 untuk membawa efek anti-inflamasi (anti peradangan) pada sistem kardiovaskular, sehingga tekanan darah akan menurun, serta risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya juga akan lebih rendah.

Baca Juga: Gurihnya Olahan di 5 Resto Seafood Malang Ini Gak Boleh Dilewatkan

4. Mengatasi depresi

Terungkap! Ini 5 Manfaat Rahasia Ikan Tuna untuk Kesehatan health.harvard.edu

Kandungan makronutrien anti-inflamasi pada ikan tuna, yaitu mineral dan vitamin, mampu untuk menurunkan tingkat stres. Selain itu, asupan gizi yang ada pada ikan tuna, juga mampu untuk mengatasi depresi. Studi dari penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi ikan tuna baik untuk kesehatan mental para wanita.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Terungkap! Ini 5 Manfaat Rahasia Ikan Tuna untuk Kesehatan nytimes.com

Ternyata, ikan tuna tak hanya bisa mencegah penyakit kronis saja, namun juga bisa lho meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam daging ikan tuna, ditemukan beberapa nutrisi yang bersifat antioksidan, yaitu seng, mangan, vitamin C, dan selenium, yang berperan sebagai penguat utama sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin B komplek pada ikan tuna berperan penting dalam berbagai aspek kesehatan, seperti dapat meningkatkan metabolisme, melindungi kulit, meningkatkan efisiensi organ, dan juga mampu meningkatkan energi. Dengan mengonsumsi ikan tuna secara teratur, maka kekebalan tubuh dan energi akan meningkat secara signifikan, sehingga tubuh akan lebih energik dan juga sehat.

Nah, itulah 5 ulasan manfaatnya rahasia dari ikan tuna. Ternyata, gak hanya rasanya saja yang lezat, namun juga kaya manfaat!

Baca Juga: 5 Resep Camilan Berbahan Seafood, Cocok untuk Teman Nonton

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

humble and strong women

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes