Peneliti Temukan Bukti Manusia Memiliki Kemampuan Indera Keenam

Posted on

Peneliti Temukan Bukti Manusia Memiliki Kemampuan Indera Keenam

https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 01 481 2050133 peneliti-temukan-bukti-manusia-memiliki-kemampuan-indera-keenam-AvOBHJnocf.jpg Kemampuan Manusia Punya Indera Keenam (Foto: Dailystar)

Kemampuan manusia antara satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Paling hanya segelintir orang yang memiliki kemampuan mirip. Salah satu contohnya kemampuan untuk melihat hal-hal yang terjadi di masa depan maupun mahluk yang tidak terlihat. Kemampuan ini dikenal dengan istilah sixth sense atau indera keenam.

Namun sebuah penelitian baru mengungkapkan manusia memiliki kemampuan untuk dapat mendeteksi medan magnet bumi. Tetapi sebagian besar manusia tidak menyadari kekuatan super tersebut yang dikenal dengan nama magnetoreception. Kekuatan itulah yang kemudian dikenal dengan istilah indera keenam.

Baca juga :

  • Sesak Napas, Coba Metode Akupresur dan Ramuan Herbal Ini

Para peneliti yang merupakan ahli otak mendapatkan fakta tersebut setelah mengamati gelombang otak pada laki-laki dan perempuan dari berbagai latar belakang. Mereka meminta 34 orang peserta ruangan duduk di sebuah ruangan gelap sambil mengenakan topi yang terpasang pada mesin EEG untuk mendeteksi gelombang otak. Ruangan tersebut juga didesain dengan memiliki dinding aluminium guna mencegah gangguan dari medan magnet bumi.

Menggunakan EEG, para peneliti dari California Institute of Technology itu mencatat gelombang otak alfa dari para peserta penelitian. Gelombang alfa itu dikaitkan dengan kemalasan dan dapat mengalami gangguan saat otak menerima informasi sensorik seperti sentuhan dan bau. Fakta mengejutkannya adalah saat gelombang alfa terkena medan magnet maka gambarnya adalah melengkung ke bawah yang mengindikasikan jika manusia memang memiliki indera di alam bawah sadarnya untuk mendeteksi diri.

“Kami telah menemukan bukti jika manusia memiliki indera keenam definitif yaitu magnet,” kata penulis utama, Joseph Kirschvink seperti yang Okezone kutip dari Daily Star, Rabu (1/5/2019). Penemuan itulah yang kemudian bisa menjelaskan alasan di balik beberapa orang memiliki indera yang lebih baik dibanding orang lain seperti indera keenam. “Bahkan mungkin suatu hari nanti kemampuan tersebut dapat untuk mengembalikan kemampuan leluhur kita untuk menggunakan medan magnet untuk bernavigasi,” tambah Joseph.

Sementara itu, para ahli otak lain tetap skeptis terhadap penelitian yang diterbirkan pada eNeuro. Menurut ahli biofisika dari University of California Irvine, Thorsten Ritz jika saya memasukkan kepalanya ke microwave yang menyala, maka akan dapat dilihat efek pada gelombang otaknya. “Tapi bukan berarti saya punya kepekaan gelombang mikro,” tandasnya.

(ren)

  • TAG :
  • Gelombang Alfa
  • magnetoreception
  • Indera Keenam

Telah dipublish di lOkezone