6 Buah Ini Cocok dikonsumsi Saat Bulan Puasa, Anti Lemas!

Posted on

6 Buah Ini Cocok dikonsumsi Saat Bulan Puasa, Anti Lemas!

6 Buah Ini Cocok dikonsumsi Saat Bulan Puasa, Anti Lemas! Unsplash/Andrei Lasc

Bulan suci Ramadan yang telah lama ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Agar tubuh kita tetap fit dan sehat selama berpuasa, hendaklah menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh kita, dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi tinggi.

Tak hanya makanan pokok, mengonsumsi buah-buahan juga penting untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang selama berpuasa sepanjang hari. Nah, berikut ini 6 buah-buahan yang cocok dikonsumsi saat bulan puasa, agar tubuh tidak lemas dan tetap fit saat menjalankan ibadah puasa.

1. Kurma

6 Buah Ini Cocok dikonsumsi Saat Bulan Puasa, Anti Lemas!organicfacts.net

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini mengandung banyak nutrisi penting yang diyakini dapat mengembalikan kembali energi saat berpuasa. Kurma kaya akan gula dan kalori (80 persen terdiri dari gula) yang akan membantu mengembalikan energi yang telah hilang tersebut.

Seringkali orang yang berpuasa mengeluh pusing dan sakit kepala, yang terjadi karena gula darah sedang menurun. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi dengan 2-3 buah kurma saat berbuka, untuk membantu mengembalikan gula darah yang rendah tersebut.

2. Nanas

6 Buah Ini Cocok dikonsumsi Saat Bulan Puasa, Anti Lemas!Unsplash/Pineapple Supply Co.

Dengan kandungan airnya yang mencapai 85 persen, buah nanas yang telah diolah menjadi salad buah atau smoothie, mampu menghidrasi tubuh dengan baik. Tak hanya mampu menghidrasi tubuh, nanas juga mampu mendorong sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan asupan antioksidannya.

Baca Juga: 10 Kombinasi Buah yang Bikin Salad Buah Jadi Makin Nikmat dan Segar

3. Anggur

6 Buah Ini Cocok dikonsumsi Saat Bulan Puasa, Anti Lemas!pexels.com/Kai-Chieh Chan
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 8 Gorengan dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Bakwan!
  • 5 Resep dan Cara Membuat Aneka Opor, Bikin Ramadan Makin Berwarna
  • Resep Salmon Mentai yang Simpel dan Enak, Gak Perlu ke Kafe Mahal

Dengan kandungan airnya yang mencapai 90 persen, buah anggur dapat menghidrasi tubuh dengan sangat baik saat kamu membakar energi dan mengeluarkan banyak keringat. Selain itu, buah anggur juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan dan mengobati hipotermia.

4. Semangka

6 Buah Ini Cocok dikonsumsi Saat Bulan Puasa, Anti Lemas!snaped.fns.usda.gov

Kandungan air yang tinggi pada buah semangka, yaitu sekitar 92 persen, menjadikan buah tropis ini sebagai sumber terbaik untuk menghidrasi tubuh. Studi juga menemukan bahwa adanya kombinasi vitamin alami, mineral, dan gula pada semangka, yang ternyata lebih efektif untuk menghidrasi tubuh daripada kandungan airnya.

5. Apel

6 Buah Ini Cocok dikonsumsi Saat Bulan Puasa, Anti Lemas!goodfruit.com

Buah yang berasal dari Asia Tengah ini, juga cocok lho dikonsumsi saat bulan puasa. Buah apel mengandung beberapa vitamin, yang terdiri dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K, yang diyakini mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, mineral yang ada pada buah apel, seperti kalsium, zat besi, dan magnesium, mampu meningkatkan energi tubuh saat berpuasa.

6. Jeruk

6 Buah Ini Cocok dikonsumsi Saat Bulan Puasa, Anti Lemas!pexels.com/pixabay

Buah yang kaya akan vitamin C ini, juga cocok lho dikonsumsi saat bulan puasa. Kadar air pada buah jeruk sangat tinggi, yaitu paling sedikit 85 persen, yang tentunya akan mampu menjaga tubuh dari dehidrasi. Agar lebih nikmat dan menyegarkan, kamu dapat mengolah buah jeruk menjadi jus buah, salad buah, maupun smoothie.

Nah, itulah 6 buah-buahan yang cocok dikonsumsi saat bulan puasa, agar tubuh tetap fit dan tidak lemas saat sedang menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 5 Resep Es Khas Indonesia, Segarnya Cocok untuk Berbuka Puasa

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

humble and strong women

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes