5 Trik Membuat Pria Tak Takut Komitmen Pernikahan

Posted on

5 Trik Membuat Pria Tak Takut Komitmen Pernikahan
Pasangan Serasi Pasangan Romantis Pasangan Muda Mudi

Liputan6.com, Jakarta Banyak alasan yang membuat pria takut berkomitmen, terutama terkait pernikahan. Bukan karena tak cinta, tapi umumnya dia takut jika kehidupan bersama akan membuat salah satu pihak tak bahagia. 

Wanita cenderung merespons hal tersebut sebagai harapan palsu. Hubungan telah berjalan lama namun tak kunjung juga ada kata-kata pernikahan. Bahkan saat ditanya hal tersebut, ia justru mengalihkan pembicaraan atau mengatakan KJDA (kita jalani dulu aja).

Menurut terapis psikoseksual dan penasihat pasangan, Geoff Lamb dalam Men’s Health, ada alasan tersendiri mengapa pria takut berkomitmen. Namun bukan berarti itu dapat dibiarkan begitu saja, sebagai wanita yang mencintainya Anda patut memberi beberapa solusi seperti di bawah ini:

1. Takut tak memiliki kehidupan lagi

Ini adalah hal yang paling sering ditakutkan oleh pria. Ketika ia harus berkomitmen sama artinya ia harus mengabdikan hidupnya pada Anda mulai dari hobi, teman-temannya dan lainnya.

Yang perlu Anda lakukan, katakan padanya adalah hal yang wajar jika ia memiliki ketakutan tersebut. Anda juga memiliki ketakutan tersebut, buatlah perjanjian agar Anda tak akan membatasi ruang pribadinya nanti.

 

2 dari 3 halaman

Tak ingin kehilangan kebebasan

2. Tak ingin kebebasannya hilang

“Seringkali kita berpikir bahwa berkomitmen pada orang lain hampir seperti menyerahkan jiwa dan kekuatan Anda. Itu masalah besar bagi banyak pria,” Lamb menjelaskan.

“Mereka mungkin berpikir bahwa berada dalam hubungan yang berkomitmen berarti pasanganmu memiliki kendali atasmu.”

Selama ini wanita dikenal sebagai makhluk yang cerewet dan posesif terhadap pasangannya. Tunjukkan jika Anda bukan tipe seperti itu sejak saat pacaran, hingga ia akan beranggapan Anda adalah wanita idamannya.

3. Banyak menuntut

Saat Anda menjalin hubungan, ada masalah yang muncul berulang kali: pria merasa pasangannya teralu banyak menuntut dan meminta terlalu banyak.

Jika masalah ini sering terjadi saat berpacaran, ketakutan akan komitmen akan semakin mengakar teralu dalam. Anda yang tahu bagaimana menyikapi masalah ini.

3 dari 3 halaman

Belum terlalu mengenal pasangan

4. Belum mengenal pasangan dengan baik

Apakah Anda mengenal diri sendiri? Apakah Anda memiliki perasaan yang baik tentang siapa Anda? Beberapa orang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan identitas mereka daripada yang lain. Begitu pula dengan pasangan Anda. Dan jika pria Anda masih mencari tahu, mungkin ia belum siap untuk hubungan yang serius.

“Jika kita tidak tahu siapa kita, kita tidak memiliki dasar yang kuat untuk membuat hubungan yang berkomitmen,” kata Lamb.

Agar pasangan dapat mengenal diri kita dengan baik, maka jadilah diri sendiri.

5. Rumput tetangga sellau lebih hijau

Nah, ini adalah masalah yang sangat rumit. Ketika seorang pria masih menganggap jika wanita lain lebih menarik dari pasangannya, sudah pasti ia belum siap untuk berkomitmen.

Menurut Lamb, itu artinya pria Anda belum sangat matang dalam komitmen. Sebaiknya, Anda menyingkirkan pikiran untuk mengajaknya menikah.

Sumber Artikel Liputan 6