5 Hal Penting Saat Membeli Bumbu Giling, Bisa Hemat Waktu Masak!

Posted on

5 Hal Penting Saat Membeli Bumbu Giling, Bisa Hemat Waktu Masak!

5 Hal Penting Saat Membeli Bumbu Giling, Bisa Hemat Waktu Masak! hindustantimes.com

Walaupun takaran bahan-bahan olahannya tak persis sesuai selera, namun penggunaan bumbu giling dapat menghemat waktu memasak lantaran bumbu tersebut sudah lebih dahulu diracik (dihaluskan) sehingga siap pakai. Bumbu giling pun mudah dijumpai di pasar tradisional hingga swalayan.

Mulai dari bumbu dasar seperti bumbu putih, kuning, dan merah sampai bumbu berdasarkan jenis hidangan tertentu seperti untuk ayam goreng, semur, ataupun soto. Nah, menyimpan bumbu giling tersebut juga harus teliti supaya kualitasnya tetap terjaga dan stoknya tak berlebihan. Yuk, ikuti panduan berikut!

1. Pahami penggunaan bumbu dasar

5 Hal Penting Saat Membeli Bumbu Giling, Bisa Hemat Waktu Masak!en.wikipedia.org

Bumbu dasar terdiri dari bumbu putih, bumbu kuning, dan bumbu merah. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda untuk pengolahan masakan.

Bumbu putih merupakan bumbu paling dasar, yang diolah dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan merica. Bumbu ini lazim dipakai untuk semur hingga tumisan, atau contoh hidangannya yakni mie goreng Jawa, opor tahu, hingga sayur lodeh.

Sedangkan bumbu kuning memiliki bahan tambahan berupa kunyit, serta citarasanya yang gurih. Bumbu ini kerap digunakan untuk ayam goreng hingga campuran soto. Kalau bumbu merah justru ditambahkan cabai untuk memberi sensasi pedas. Bumbu ini umumnya dipakai untuk telur balado, nasi goreng, hingga gulai ayam.

2. Ketahui takaran pas untuk hidangan

5 Hal Penting Saat Membeli Bumbu Giling, Bisa Hemat Waktu Masak!njfitnessfactory.com

Kemasan bumbu giling ditakar berdasarkan jenis hidangan. Pasalnya, jumlah pembelian bumbu giling tersebut menggunakan satuan kilogram hidangan yang akan dimasak kelak. Contohnya, ingin memasak opor untuk 2 kg ayam.

Nah, penjual bumbu giling, terutama di pasar tradisional, akan menakarnya dengan tepat supaya si pembeli dapat langsung mengolahnya untuk hidangan yang dimaksudkan. Jika membeli bumbu giling di swalayan dimana kemasannya tak sefleksibel di pasar tradisional, maka telitilah menakar satuan yang pas untuk diolah kelak.

3. Tentukan berapa kali akan memasak hidangan

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 8 Gorengan dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Bakwan!
  • 5 Resep dan Cara Membuat Aneka Opor, Bikin Ramadan Makin Berwarna
  • Resep Salmon Mentai yang Simpel dan Enak, Gak Perlu ke Kafe Mahal
5 Hal Penting Saat Membeli Bumbu Giling, Bisa Hemat Waktu Masak!freshdirect.co.uk

Tujuannya, supaya tak malah keliru membeli bumbu giling yang pas sesuai hidangan yang akan dimasak. Terutama bumbu giling yang memang diracik untuk masakan tertentu. Sesuaikan pula stoknya berdasarkan porsi hidangan.

Kecuali untuk bumbu giling dasar, sebab pemakaiannya memang lebih luas untuk beragam hidangan. Oleh sebab itu, membeli bumbu giling jenis ini dalam ukuran yang relatif lebih banyak pun tak malah mubazir.

Baca Juga: Ini 10 Tips Masak ala Gordon Ramsay Biar Lebih Efisien dan Gampang

4. Amati warna bumbu giling layak pakai

5 Hal Penting Saat Membeli Bumbu Giling, Bisa Hemat Waktu Masak!collective-evolution.com

Cara paling praktis yakni mengamati warnanya. Misalnya, bumbu giling dasar untuk bumbu merah akan berwarna merah gelap layaknya warna alami cabai. Hindari membeli bumbu merah dengan warna merah menyala, sebab rentan menggunakan pewarna dan noda umumnya tertinggal di wadahnya. Selain itu, jangan pula membeli bumbu giling yang berwarna agak kehitaman, sebab berkemungkinan bumbu tersebut sudah tak lagi segar.

5. Lekas gunakan, simpan sisanya dalam kulkas

5 Hal Penting Saat Membeli Bumbu Giling, Bisa Hemat Waktu Masak!azernews.az

Sebaiknya langsung gunakan bumbu giling sesaat setelah dibeli. Akan tetapi, apabila berlebih, lekas simpan di dalam wadah kedap udara dan masukkan ke kulkas supaya dapat tahan lebih lama. Jika bumbu giling tersebut sudah terlanjur ditumis, maka simpanlah dengan menggunakan sedikit rendaman minyak untuk mencegah berkembangnya bakteri dalam bumbu tersebut. 

Itulah tips membeli bumbu giling, semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 7 Tips Masak Anti Gagal, Sang Pemula pun Jadi Langsung Jago

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes