Hati-Hati, Main di Kolam Bola Bisa Sebabkan Anak Pneumonia Loh

Posted on

Hati-Hati, Main di Kolam Bola Bisa Sebabkan Anak Pneumonia Loh

https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 30 481 2049702 hati-hati-main-di-kolam-bola-bisa-sebabkan-anak-pneumonia-loh-KMxVRmfhNH.jpg Kolam Bola. (Foto: The Sun)

STIMULASI kognitif, motorik, emosi, bahasa dan sosial memang sangat penting diberikan kepada anak di bawah lima tahun. Hal ini dikarenakan stimulasi dapat membantu mengoptimalkan perkembangan dan kecerdasan anak.

Oleh karenanya, orangtua perlu mencari kegiatan untuk anak yang dapat merangsang kelima aspek tumbuh kembang anak. Salah satu cara untuk menstimulasi anak adalah mengajaknya beraktivitas di luar rumah seperti mandi bola.

BERITA TERKAIT +
  • Mengenal Pneumonia, Penyakit Mirip Flu yang Buat Ronaldo Kritis
  • Vaper, Berisiko Besar Menderita Pneumonia Akut’ class=’ga_BeritaTerkait’>Peringatan Keras untuk Vaper, Berisiko Besar Menderita Pneumonia Akut
  • Jangan Abaikan ketika Sesak Nafas Menyerang

Aktivitas yang satu itu dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik dan sensorik anak-anak. Namun, sebuah fakta mengejutkan datang dari penelitian baru-baru ini mengenai ancaman penyakit pada anak-anak yang bermain mandi bola.

Baca Juga: 5 Artis Nyaleg Diprediksi Melenggang Manja ke Senayan, Tetap Bergaya ala Selebriti Gak Ya?

Dilansir dari The Sun, para peneliti dari University of North Georgia mengamati sarana mandi bola, dan menenemukan tempat tersebut penuh dengan ribuan kuman yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

Dari hasil pengamatan, ada tempat mandi bola paling kotor yang rata-rata memiliki 170.818 bakteri per bola. Selain itu, tempat mandi bola lainnya memliki 712.000 sel mikroorganisme.

Jumlah bakteri yang menumpuk tersebut dikarenakan tempat mandi bola jarang dibersihkan bahkan sampai berminggu-minggu. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Infection Control itu mengungkapkan bakteri yang ditemukan pada tempat mandi bola dapat menyebabkan banyak penyakit.

Baca Juga: Punya Kekayaan Rp495 Triliun, Inilah Calon Janda Terkaya di Dunia

Beberapa yang penyakit tersebut, mulai dari infeksi kandung kemih hingga infeksi pada lapisan jantung. Adapun bakteri yang ditemukan antara lain Enterococcus faecalis, Staphylocccus hominis, Streptococcus oralis, dan Acinetobacter Iwofii.

Bakteri tersebut berasal dari serangga yang mungkin saja secara tidak disadari hinggap pada bola-bola yang ada di tempat mandi bola. Serangga tersebut juga dikatakan dapat menyebabkan meningitis, sepsis, infeksi aliran darah, infeksi kulit, dan pneumonia secara kolektif.

Tak hanya itu, strept oral juga dapat menyebabkan sindrom gangguan pernapasan pada orang dewasa. Selain bakteri, peneliti menemukan sarana mandi bola mengandung ragi yang dapat menyebabkan infeksi jamur, infeksi darah dan kulit, serta infeksi mata pada bayi.

Para peneliti pun memperingatkan jika semua bakteri sangat berbahaya pada anak-anak. Terlebih jika anak-anak memiliki luka pada tubuhnya dan bergesekan dengan bakteri yang ada di bola, maka anak-anak tersebut lebih rentan terkena infeksi.

Oleh karenanya, orangtua perlu memerhatikan kondisi fisik anak saat bermain mandi bola. Anak-anak yang memiliki luka di kulitnya usahakan untuk tidak bermain mandi bola sementara waktu.

Selain itu, sehabis bermain mandi bola pastikan anak-anak langsung membersihkan tubuh sehingga mencegah bakteri yang dapat menginfeksi.

1 / 2

  • TAG :
  • pneumonia
  • Anak-Anak
  • Kolam Bola

Telah dipublish di lOkezone