5 Menu Unik Abalone, Kerang Mahal Pas untuk Hidangan Mewah

Posted on

5 Menu Unik Abalone, Kerang Mahal Pas untuk Hidangan Mewah

5 Menu Unik Abalone, Kerang Mahal Pas untuk Hidangan Mewah abalonbygma.com

Abalone merupakan sejenis kerang moluska yang sering dijadikan olahan berbagai menu. Abalone memiliki karakteristik ciri-ciri yaitu bagian kulit dalamnya berwarna-warni dan tentunya daging dari kerang moluska ini menjadi sesuatu yang istimewa di daratan Amerika Latin khususnya Chili, Asia Timur khususnya Korea, Tiongkok, dan Jepang, dan juga Asia Tenggara.

Berbeda dengan kerang lainnya, kerang ini hanya dapat ditemukan pada kedalaman jauh dan dihargai sekitar Rp300 ribu hingga Rp600 ribu. Tentunya harga yang cukup mahal untuk sejenis kerang-kerangan. Hal ini karena lezatnya abalone jika diolah menjadi berbagai jenis menu istimewa.

Untuk kamu yang penasaran mengenai menu lezat yang terbuat dari kerang abalone, simak yuk apa saja!

1. Korean abalone porridge

5 Menu Unik Abalone, Kerang Mahal Pas untuk Hidangan Mewahfuturedish.com

Menu pertama hadir dari negeri gingseng, Korea Selatan. Menu bubur yang semula sederhana bisa menjadi sesuatu yang luar biasa saat dikombinasikan bersama dengan potongan abalone lezat. Bubur khas Korea ini juga menggunakan komponen lain seperti bawang merah, jamur shiitake, dan juga wortel yang di iris tipis. Menu ini sangat cocok dinikmati selagi hangat apalagi dalam musim dingin.

2. Abalone and asian mushroom omelette

5 Menu Unik Abalone, Kerang Mahal Pas untuk Hidangan Mewahsbs.com.au

Siapa yang tidak mengenal menu omelette yang hampir semua orang di dunia pasti telah mencobanya. Dibalik proses pembuatan omelette yang sangat mudah, namun menu ini dapat menjadi sesuatu hidangan yang mewah lho. Hal ini karena dalam menu ini terdapat tambahan kerang abalone yang lezat dan mahal.

Menu ini menawarkan sensasi menikmati omelette dengan cita rasa khas Asia melalui berbagai komposisi seperti jamur enoki, shiitake, shimeji, dan lain sebagainya. Kemudian telur, minyak wijen, saus kerang, dan beberapa rempah khas Asia lainnya yang akan membuat menu ini semakin lezat.

3. Abalone and fish maw soup

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Resep Menu Sahur Enak Tanpa Digoreng, Lebih Sehat buat Tubuh
  • Resep dan Cara Membuat Bolu Pisang yang Gampang, Enaknya Bikin Nagih
  • Resep dan Cara Bikin Ketupat Sayur Khas Betawi, Bikin Lidah Bergoyang
5 Menu Unik Abalone, Kerang Mahal Pas untuk Hidangan Mewahwhattocooktoday.com

Menu berkuah lainnya berasal dari negeri Tiongkok yang menyajikan hidangan sup bersama dengan kerang abalone yang membuat menu sup ini menjadi lebih mewah dan lezat. Selain abalone, sup ini juga berisikan potongan ikan tanpa kulit dan tanpa tulang.

Uniknya lagi, terdapat gelebung renang dari ikan yang juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan sup ini. Berbagai sayuran seperti wortel pun menambah lezat menu ini.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kepiting untuk Sajian Seafood Sedap, Jangan Asal Beli!

4. Abalone dimsum

5 Menu Unik Abalone, Kerang Mahal Pas untuk Hidangan Mewahpinterest.com

Menu lezat dimsum pasti sudah sangat familiar kita dengar, namun jika biasanya dimsum menggunakan topping seperti jamur, wortel, ataupun ayam, maka menu kali ini berbeda yaitu dengan penggunaan abalone dibagian atasnya. Dimsum pun tentunya akan semakin terasa lezat pada setiap gigitannya dengan konsistensi lembut dari abalone dan tambahan saus pedas khas dimsum.

5. Red abalone tiradito

5 Menu Unik Abalone, Kerang Mahal Pas untuk Hidangan Mewahjordanwinery.com

Menu ini termasuk kedalam hidangan pembuka lezat yang dapat ditawarkan dengan abalone sebagai menu utamanya. Hidangan ini biasanya ditawarkan pada musim dingin. Selain itu, komposisi didalamnya juga terbilang cukup sederhana dengan abalone tentunya, perasan jeruk nipis, bawang putih hitam khas Korea, garam, dan kacang hitam hasil fermentasi.

Nah, 5 menu berbahan dasar abalone diatas dapat menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin menikmati abalone dengan menu yang berbeda. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Resep Seafood Paling Gampang, Cocok Buat yang Lagi Belajar Masak

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Content Writer esp for food • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes