7 Warung Belut Paling Populer di Tuban, Enaknya Maksimal!

Posted on

7 Warung Belut Paling Populer di Tuban, Enaknya Maksimal!

7 Warung Belut Paling Populer di Tuban, Enaknya Maksimal! instagram.com/tubandelicious

Jika kalian berkunjung ke Tuban, rugi kalau tak mencicipi hidangan legendarisnya yakni belut. Sejak lama, belut ini jadi hidangan primadona. Khususnya untuk teman minum toak. Tapi sekarang kapan saja bisa dinikmati meski tak didampingi minuman tradisional beralkohol tersebut.

Kuliner satu ini siap menjamu lidah dalam berbagai versi masakan. Digoreng, rica rica, pepes, kuah pedas dan lainnya. Belut atau welut berdaging lembut dimasak apa saja tetap sama sama enak. Tapi kalau mengikuti selera lokal rasanya itu harus super gurih juga pedas.

Untuk menikmati sajian belut, lebih sedap lagi sama nasi jagung. Rasa dan teksturnya beda dari nasi putih. Waktu dikunyah terasa lebih berserat. Rasa manis gurihnya maksimal. Wanginya juga sedap karena dibungkus daun pisang.

Nah, buat penggemar hidangan nyentrik bercita rasa pedas. 7 warung belut paling terkenal enak di Tuban ini jangan sampai terlewat ya!

1. Warung Belut Pak Bagong

7 Warung Belut Paling Populer di Tuban, Enaknya Maksimal!instagram.com/andre_subagio

Sejak 1982, warung ini terkenal dengan racikan belut berbumbu kering yang rasanya gurih sedap. Mulai pepes belut, krengsengan belut dan rica belut. Memang paling spesial kalau disantap bersama nasi jagung.

Selain masakan berbahan belut ada juga lele dan swike. Biasanya warung paling riuh pas jam makan siang. Tak jarang menu yang tersedia sudah ludes diserbu pelanggan. Rasa juga harganya bikin bahagia yakni Rp 15.000 per porsinya.

Buat yang pengen coba bisa langsung datang ke Jalan Majapahit, Tegalagung, Semanding, Tuban. Bukanya mulai jam sembilan pagi sampai lima sore.

2. Warung Belut Jangkar

7 Warung Belut Paling Populer di Tuban, Enaknya Maksimal!instagram.com/junaidimeidi

Lokasinya agak nyempil masuk gang di Dusun Sawahan Desa Tegalagung, Semanding, Tuban.

Warung legendaris yang berdiri sejak tahun 1993 ini punya sajian belut rica rica yang terkenal nikmat. Belut digoreng dulu sebelum dicampur bumbu rica rica. Meski teksturnya kering tapi sangat menyatu dengan daging belutnya. Buat pecinta pedas pasti nagih dengan rasa rawitnya yang nendang.

Paling mantap makannya pakai nasi hangat. Bisa pilih mau nasi putih atau nasi jagung yang aromanya sedap dibungkus daun pisang. Tak perlu takut isi dompet menipis karena sajian nikmat ini dibanderol dengan harga terjangkau yakni Rp 15.000 per porsi.

Kalau belum puas hanya menyantap belut masih ada menu lain seperti swike, lele, becek menthok dan lain lain. Dijamin sama sama menggoyang lidah. Kalau ke sini pastikan datang saat baru buka pada jam sepuluh pagi biar bebas mencicipi semua menu satu per satu di sini.

3. Warung Makan Mbah Woto

7 Warung Belut Paling Populer di Tuban, Enaknya Maksimal!instagram.com/yusdhitira_c

Ada tiga pilihan olahan belut disini yakni belut goreng, belut crispy dan belut rica rica. Berbeda dengan tempat lain, belut rica rica di sini penyajiannya dipisah antara belut goreng dan sambal rica jadi sangat recommended buat kalian yang gak kuat makan yang levelnya pedas menusuk.

Selain belut warung ini masih punya menu nikmat lainnya seperti becek menthok, kikil sapi, kare rajungan, bekicot, sup iga sapi, swike dan masih banyak lainnya.

Untuk pelengkap tak ada salahnya kalian mencoba minuman tradisional khas Tuban yakni toak. Menu di sini dibanderol dengan harga mulai Rp 10.000 sampai Rp 90.000 per porsi.

Biar cepat icip icip kalian wajib datang ke alamatnya di Jalan Sunan Kalijogo No 180, Latsari, Tuban. Buka dari jam sembilan pagi sampai sembilan malam.

Baca Juga: Jangan Geli Dulu, 5 Manfaat Makan Belut untuk Kesehatan Tubuhmu

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Resep Menu Sahur Enak Tanpa Digoreng, Lebih Sehat buat Tubuh
  • Resep dan Cara Membuat Bolu Pisang yang Gampang, Enaknya Bikin Nagih
  • Resep dan Cara Bikin Ketupat Sayur Khas Betawi, Bikin Lidah Bergoyang

4. Warunge Sriwati

7 Warung Belut Paling Populer di Tuban, Enaknya Maksimal!instagram.com/gendhoet5

Belut rica dengan bumbu kering yang tidak terlalu pedas jadi menu favorit di sini. Untuk kalian yang suka pedas maksimal bisa nambah sambal sendiri. Pastikan mengosongkan perut sebelum datang kemari karena porsinya bikin kenyang banget.

Pilihan lauknya banyak banget gak cuma belut. Ada yang anti-mainstream seperti dideh atau darah yang dikukus lalu diiris kotak dan digoreng. Kalau gak berani yang ekstrem cobain udang goreng, becek daging sapi, rica swike, rica bekicot, telur rajungan dan lainnya.

Gak kalah sama banyaknya olahan protein. Di sini sayurnya juga lengkap. Salah satu favorit pengunjung yakni tumis daun pepaya. Rasanya yang renyah gurih paling cocok jadi pelengkap makan lauknya. Tinggal ambil nasi jagung atau nasi putih.

Berada di Gg Wolo, Dukuh, Tegalagung, Semanding, Tuban. Warungnya buka dari jam delapan pagi hingga dua siang.

5. Warung Barongan Pak Nar Ngebong

7 Warung Belut Paling Populer di Tuban, Enaknya Maksimal!instagram.com/w4hyu_eska

Dimasak dengan tradisional memakai tungku kayu bakar membuat masakan di sini cita rasanya khas. Menu andalannya adalah belut yang dimasak jadi bermacam hidangan. Mulai rica rica belut, pepes belut dan belut goreng. Seporsi cukup ditebus dengan harga Rp 15.000.

Untuk menambah kenikmatan, warung yang bertempat di desa bejagung ini menyajikan dua macam nasi. Ada nasi putih dan nasi jagung.

Kalian wajib datang seawal mungkin sebelum jam sepuluh pagi biar dapat sajian menu yang masih lengkap. Mulai becek menthok, udang, bekicot, jeroan ayam dan lele.

Buat penghilang dahaga usai bersantap pedas, legen khas Tuban gak boleh terlewat. Disajikan dengan es lebih nikmat lagi.

6. Warung Welut Cemplon

7 Warung Belut Paling Populer di Tuban, Enaknya Maksimal!instagram.com/tuban_kekinian

Berlokasi di Jalan Raya Merakurak-Montong No 125, Kedungsari, Paloan, Merakukak, Tuban. Bukanya mulai jam delapan pagi sampai lima sore.

Andalan warung yang berdiri sejak 1987 ini adalah menu belut super pedas. Belut pedasnya tidak digoreng melainkan langsung dimasak dengan kuah pedas. Jadi tekstur dagingnya masih basah. Kalau gak suka berkuah, bisa pesan belut gorengnya yang krispi tapi bagian dalamnya tetap lembut.

Kalau gak cocok dilidah masih ada hidangan becek dari kambing, lele, jeroan dan menthok. Masakan dengan bumbu lengkap ini pedasnya sedap.

7. Warung Belut Tukul Tuban

7 Warung Belut Paling Populer di Tuban, Enaknya Maksimal!instagram.com/aden_nania

Makan sama nasi jagung memang nikmat apalagi kalau dilahap sama lauk serba belut. Ada pepes belut, belut goreng tepung, rica rica belut pedas dan masih banyak lagi. Benar benar surga buat pecinta nasi belut!

Gak perlu risau buat yang gak hobi makan belut karena kalian tetap bisa makan nikmat dengan menu becek ayamnya. Daging ayam yang dimasak dalam kuah santan berbumbu ini aromanya sedap. Rasanya cenderung gurih pedas dan dagingnya empuk.

Untuk mencoba bisa mampir di Jalan Bogorejo, Merakukak, Tuban. Bukanya mulai jam delapan pagi hingga lima sore.

Baca Juga: Yummy! Ini 7 Hidangan Berbahan Dasar Belut dari Berbagai Negara

Fatiya Photo Community Writer Fatiya

mengisi waktu luang yang bermanfaat, menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes