Tips Membuat Ayam Krispi Saus Thai

Posted on

Tips Membuat Ayam Krispi Saus Thai

Tips Membuat Ayam Krispi Saus Thai

Diana Rafikasari

loading…
Tips Membuat Ayam Krispi Saus Thai
Ayam Krispi Saus Thai menjadi salah satu makanan favorit. Ini karena rasanya yang berbeda dari olahan ayam lainnya. Anda pun bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA – Ayam masih menjadi bahan makanan andalan dan favorit banyak orang karena bisa diolah dengan mudah menjadi berbagai hidangan lezat. Untuk membuat masakan yang berbeda, Anda bisa membuat Ayam Krispi Saus Thai.

Renyahnya ayam berpadu dengan pedasnya saus dapat membuat sesi makan siang Anda hari ini semakin nikmat. Tak perlu pergi ke rumah makan atau hotel berbintang untuk menikmati menu yang satu ini. Anda bisa membuatnya di rumah.

Berikut resep membuat Ayam Krispi Saus Thai untuk makan siang seperti dikutip akun Instagram @berbagiresep. (Baca juga: Tips Bikin Bubur Singkong Gula Merah untuk Cemilan Anak).

Baca Juga:
  • Yuk, Coba Sensasi Cumi Pete Pedas untuk Santap Siang Ini
  • Mau Makan Puas, Bayar Serelanya? Datangi Saja Waroeng Kaligarong Semarang
  • Sekali Pesan Tiket Pesawat, Bisa Lanjut Eksplor Banyak Destinasi!

Bahan-bahan:
350 gr daging paha ayam fillet, potong sesuai selera
4 siung bawang putih + 1,5 sdt ketumbar, haluskan
Garam
Merica
Tepung bumbu serbaguna
Air dingin
Minyak goreng

Bahan saus thai:
6 siung bawang putih, cincang halus
5 bh cabe merah keriting, cincang kasar
5 bh cabe rawit hijau, cincang kasar
5 bh cabe rawit merah, cincang kasar
Nanas secukupnya, potong sesuai selera
1 sdt kaldu bubuk
1 sdt garam
3 sdt gula
200 ml air panas
Perasan jeruk nipis, secukupnya
3-4 sdm minyak goreng

Cara membuat:

Balurkan potongan daging ayam dengan bawang putih, ketumbar yang sudah dihaluskan. Beri garam dan merica secukupnya. Aduk rata. Diamkan minimal selama 1 jam. Tepung pelapis basah, ambil sebagian tepung bumbu lalu beri air dingin secukupnya. Aduk rata. Celupkan potongan daging ayam ke dalam tepung pelapis basah lalu gulingkan lagi ke dalam tepung bumbu pelapis kering sambil sesekali diremas. Panaskan minyak agak banyak, goreng potongan ayamnya hingga matang kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.

Saus thai, panaskan minyak, tumis bawang putih hingga wangi lalu masukkan cincangan cabe dan potongan nanas. Tumis sebentar hingga agak layu. Tambahkan air panas, kaldu bubuk, garam dan gula sesuai selera. Aduk rata, lalu koreksi rasa. Masak hingga sausnya mendidih dan sedikit susut. Terakhir masukkan potongan ayam kripsi dan perasan jeruk nipis, aduk rata dengan sausnya. Angkat dan ayam krispi saus thai siap dihidangkan.

(tdy)

Sumber ArtikelKoran Sindo