Cara Mudah Membuat Nugget Ayam Wortel Sendiri di Rumah

Posted on

Cara Mudah Membuat Nugget Ayam Wortel Sendiri di Rumah

Cara Mudah Membuat Nugget Ayam Wortel Sendiri di Rumah

Diana Rafikasari

loading…
Cara Mudah Membuat Nugget Ayam Wortel Sendiri di Rumah
Ilustrasi nugget ayam wortel. / Foto: Resep Masakan Sedap
A+ A-
JAKARTA – Makanan yang sederhana dan tidak ribet seperti nugget kerap dipilih banyak orang untuk sarapan pagi. Pasalnya, Anda cukup menggorengnya dan bisa langsung menyantapnya bersama pelengkap seperti saus sambal, mayones juga nasi.

Selain sebagai menu sarapan, nugget ayam wortel juga bisa menjadi pilihan tepat untuk bekal sekolah si kecil. Agar nugget ayam wortel menjadi makanan yang sehat, Anda bisa membuatnya sendiri dibandingkan membeli di luar.

Cara membuatnya pun mudah, berikut resep dan cara membuat nugget ayam wortel seperti mengutip dari akun Instagram @masaktv.

Baca Juga:
  • Usir Dingin Malam dengan Menu Coto
  • Bunda, Ikan Asin Pedas Ini Bakal Bikin Keluarga Ketagihan!
  • Sekali Pesan Tiket Pesawat, Bisa Lanjut Eksplor Banyak Destinasi!

Bahan-bahan:
2 sdm margarin
500 g daging ayam cincang
½ buah wortel serut kasar
½ buah bawang bombai
3 siung bawang putih
2 btr telur
250 ml susu cair
2 sdm tepung maizena
½ sdt lada
¾ sdt garam
½ sdm gula pasir
1 sdm kecap ikan
Tepung panir

Bahan lapisan:
2 btr telur
Tepung panir

Cara membuatnya:
1. Siapkan loyang untuk kukus adonan. Alas dengan kertas baking, olesi minyak. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu, angkat. Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan nugget, aduk rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang. Ratakan permukaan. Kukus hingga matang (± 45 menit). Angkat. Biarkan hingga dingin. Lepaskan adonan dari loyang.

2. Olesi pisau dengan minyak goreng ketika memotong. Potong-potong adonan sesuai bentuk yang diinginkan. Gulingkan potongan nugget ke dalam kocokan telur, lalu lumuri dengan tepung panir. Gulingkan sekali lagi nugget ke telur dan tepung panir, agar nugget lebih crispy. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga permukaan nugget coklat keemasan. Angkat dan tiriskan. Nugget siap dihidangkan.

3. Jika ingin menyimpan nugget di freezer, setelah di lumuri tepung panir, tata nugget di atas loyang. Masukkan ke freezer hingga nugget membeku, kemudian simpan nugget di wadah tertutup rapat.

(nug)

Sumber ArtikelKoran Sindo