Jangan Dibuang, 5 Biji Buah Ini Bisa Diolah Jadi Masakan Lezat Lho

Posted on

Jangan Dibuang, 5 Biji Buah Ini Bisa Diolah Jadi Masakan Lezat Lho

Jangan Dibuang, 5 Biji Buah Ini Bisa Diolah Jadi Masakan Lezat Lho pexels/bruce mars

Biji merupakan bagian dari buah yang sering diabaikan, kalaupun digunakan biasanya dijadikan bakal tanaman baru. Tapi tunggu dulu, ternyata ada beberapa biji buah yang dapat dijadikan masakan lezat lho!

Tertarik untuk mencobanya? Simak ya!

1. Biji semangka

Jangan Dibuang, 5 Biji Buah Ini Bisa Diolah Jadi Masakan Lezat Lhopexels.com/rawpixel.com

Saat makan semangka mungkin saja kita terganggu dengan bijinya. Oleh sebab itu biji semangka sering dibuang begitu saja dan sering kita jumpai tunas semangka tumbuh liar di halaman. Hayo, siapa yang makan semangka bijinya disembur?

Kini ada cara yang lebih bijak daripada menyemburkan biji semangka. Kumpulkan biji semangkanya, karena biji-biji tersebut bisa diolah menjadi kuaci. Caranya  mudah, cuci bersih biji semangka, lumuri garam kemudian sangrai sampai kering. Dinginkan dan kuaci siap dimakan. 

2. Biji labu kuning

Jangan Dibuang, 5 Biji Buah Ini Bisa Diolah Jadi Masakan Lezat Lhopixabay.com/webdesignnewcastle

Labu kuning atau waluh biasanya dibuat kolak, tumisan, sayur bersantan atau bahan pembuatan kue. Bijinya? Sudah pasti sering disisihkan. Coba deh, ketika membuat kolak labu kuning sertakan juga bijinya. Enak lho! Cara makannnya juga mudah, seperti kuaci.

Nah, biji labu juga bisa diolah jadi kuaci. Caranya mudah, cuci bersih biji setelah itu tambahkan air dan garam secukupnya lalu rebus hingga air menyusut dan biji melunak. Angkat dan tiriskan, lalu sangrai, oven atau jemur di bawah terik matahari. Voila! Kuaci biji labu jadi.

Tidak cuma enak, biji labu kuning juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan, magnesium yang dapat menstabilkan tekanan darah, vitamin E dan karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan, serta dipercaya dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara, usus, prostat dan paru-paru jika dikonsumsi rutin.

3. Biji nangka

Jangan Dibuang, 5 Biji Buah Ini Bisa Diolah Jadi Masakan Lezat Lhopixabay.com/Carlrubino
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Makanan yang Bikin Cepat Lapar, Sebaiknya Hindari Saat Sahur
  • Resep Kolak Pisang Ubi Paling Gampang, Cocok buat Buka Puasa
  • 5 Hal Soal Memasak yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menikah

Nangka dikenal sebagai buah camilan, bahan pembuatan kue dan minuman. Nangka muda biasanya dimasak gule, lodeh atau gudeg sedangkan bijinya sering dibuang begitu saja, tapi jangan salah biji nangka dapat diolah menjadi makanan lho.

Untuk camilan, rebus biji nangka yang sudah dicuci bersih, tambahkan air dan garam secukupnya. Rebus hingga lunak, tiriskan dan Biji nangka rebus siap dihidangkan. Selain direbus, biji nangka juga bisa dijadikan campuran sambal atau olahan balado. Pedas, nikmat!

Inovasi lainnya yang tidak kalah menarik adalah perkedel biji nangka. Bagaimana cara membuatnya? Cuci bersih biji nangka, rebus hingga lunak. Setelah lunak bersihkan biji dari kulitnya, tumbuk halus lalu campur dengan bahan perkedel seperti tepung terigu, bawang goreng, daun bawang, merica, bawang putih dan garam. Bulatkan dan perkedel siap digoreng dengan kocokan telur.

Baca Juga: 10 Khasiat Biji Labu Bagi Kesehatanmu, Jangan Dibuang ya!

4. Biji durian

Jangan Dibuang, 5 Biji Buah Ini Bisa Diolah Jadi Masakan Lezat Lhounsplash.com/Gliezl Bancal

Tidak hanya daging buahnya saja yang enak, biji durian juga dapat diolah menjadi keripik, aneka tumisan dan balado. Gak nyangka ya!

Untuk membuat balado biji durian, pastikan biji telah dicuci bersih lalu rendam semalaman agar mudah dibersihkan kulitnya. Setelah direndam, cuci biji dan rebus sampai lunak, tiriskan dan rendam lagi agar getahnya hilang. Setelah getah hilang, cuci dengan air mengalir hingga benar-benar bersih, tiriskan lalu iris biji sesuai selera. Goreng sebentar dalam minyak panas.

Siapkan bahan-bahan untuk balado, tumis kemudian masukkan irisan biji yang sudah digoreng, masak sampai bumbu merata dan balado matang. 

5. Biji rambutan

Jangan Dibuang, 5 Biji Buah Ini Bisa Diolah Jadi Masakan Lezat Lhopixabay/GoPlaces

Siapa sangka biji rambutan juga bisa diolah menjadi camilan unik. Untuk mengolah biji rambutan, kupas kulit bijinya dan cuci berulang kali hingga bersih. Setelah itu potong menjadi dua bagian atau sesuai selera, rebus hingga lunak dan setelah lunak, tiriskan. Siapkan wajan dan panaskan minyak, goreng biji rambutan hingga kecokelatan. Setelah matang, hilangkan uap panasnya, taburi sedikit garam atau bumbu tabur dan jadilah camilan biji rambutan.

Ternyata biji-biji yang selama ini kita buang bisa dimanfaatkan menjadi olahan lezat dan unik. Kamu sudah pernah coba yang mana?

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 8 Manfaat Biji Salak Jika Kamu Mengonsumsinya

Dyah M Photo Verified Writer Dyah M

Create your own magic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes