7 Manfaat Memiliki Perasaan Selalu Bersyukur

Posted on

7 Manfaat Memiliki Perasaan Selalu Bersyukur
Ilustrasi pasangan

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang seringkali merasa bersalah atas tindakan yang dilakukannya. Sedangkan lainnya memilih untuk mengubahnya menjadi perasaan bersyukur.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menuliskan beberapa hal yang disyukuri atau hanya mengingat hal-hal yang disyukuri karena telah terjadi dalam hidup.

Perasaan bersyukur ini ternyata juga memiliki dampak baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Melansir dari Your Tango, berikut manfaat dari memiliki perasaan bersyukur:

1. Meningkatkan interaksi sosial

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Emotion mengatakan bahwa ucapan terima kasih dengan sikap yang baik serta menunjukkan apresiasi dapat membantu Anda mendapatkan teman baru.

Studi menemukan bahwa ucapan terima kasih tersebut dapat membuat hubungan pertemanan berjalan lebih lama.

Ucapan terima kasih yang Anda ucapkan pada orang lain atau mengakui kontribusi orang lain mungkin dapat memberikan Anda kesempatan baru di masa depan.

2. Peningkatan kesehatan fisik

Studi tahun 2012 yang dipublikasikan dalam Personality and Individual differences menunjukkan bahwa seseorang dengan rasa bersyukur mengalami sakit lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak.

Orang dengan rasa bersyukur juga lebih tekun dalam menjaga kesehatan dengan sering melakukan olahraga atau pemeriksaan secara teratur.

 

2 dari 4 halaman

Karena Selalu Merasa Bersyukur

3. Peningkatan kesehatan psikologis

Rasa bersyukur menghilangkan beberapa emosi buruk dari iri dan marah hingga frustasi dan penyesalan. Rasa beryukur juga dapat meningkatkan kebahagian dan menurunkan depresi secara efektif.

4. Peningkatan empati dan penurunan agresi

Studi dari Universitas Kentucky pada tahun 2012 mengatakan bahwa orang dengan rasa bersyukur biasanya akan memiliki perilaku sosial yang baik meskipun mendapatkan timbal balik perilaku tidak baik dari orang lain.

 

3 dari 4 halaman

Keuntungan Perbanyak Bersyukur

5. Tidur lebih nyenyak

Studi dalam Applied Psychology: Health and Well-Being tahun 2011 menunjukkan bahwa menuliskan rasa beryukur dalam jurnal dapat meningkatkan kualitas tidur.

6. Peningkatkan rasa percaya diri

Studi dalam Journal of Applied Sport Psychology tahun 2014 menemukan bahwa rasa bersyukur meningkatkan kepercayaan diri para atlit yang merupakan komponen penting untuk performance yang baik.

 

4 dari 4 halaman

Bersyukur

7. Peningkatan kekuatan mental

Studi menemukan bahwa rasa bersyukur dapat menurunkan rasa stress serta kemungkinan dapat membantu penyembuhan trauma.

Studi tahun 2006 yang dipublikasikan dalam Behavior Research and Therapi menemukan bahwa veteran perang Vietnam dengan tingkat rasa beryukur yang tinggi memiliki kemungkinan mengalami gangguan stress pascatrauma lebih kecil.

Anda memiliki kemampuan dan kesempatan untuk menerapkan rasa bersyukur. Perasaan bersyukur ini merupakan salah satu cara mudah untuk meningkatkan kebahagian Anda dalam hidup.

Penulis: Khairuni Cesario 

Sumber Artikel Liputan 6