6 Manfaat yang Tersimpan dalam Kentang, Camilan Favorit Semua Orang

Posted on

6 Manfaat yang Tersimpan dalam Kentang, Camilan Favorit Semua Orang

6 Manfaat yang Tersimpan dalam Kentang, Camilan Favorit Semua Orang delonghi.com

Siapa sih yang gak suka dengan makanan berat yang satu ini? Meskipun sebagian orang menjadikan kentang sebagai camilan khususnya di Indonesia, tapi di luar negeri kentang adalah karbohidrat pokok yang jadi makanan sehari-hari lho. 

Olahan dari kentang ini banyak banget, mulai dari gaya barat, seperti mengolahnya jadi potato chips, potato wedges, hingga olahan tradisinal seperti balado kentang dan semur kentang. Tapi di balik rasa dan variasi menu yang melimpah, kamu tahu gak nih apa manfaat kentang untuk kesehatan? 

Kalau belum tahu, yuk simak 6 manfaat makanan yang jadi kesukaan semua orang ini!

1. Kaya antioksidan yang sangat baik untuk mencegah penyakit kronis

6 Manfaat yang Tersimpan dalam Kentang, Camilan Favorit Semua Orangunsplash.com/@lmablankers

Sebagai salah satu sumber karbohidrat yang paling populer ini gak disangka punya manfaat yang menakjubkan banget nih buat tubuh. Kentang memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas, yang mana bisa mencegah terjadinya penyakit kronis seperti, kanker, diabetes, hingga penyakit jantung.

Jenis antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas yang terkandung dalam kentang antara lain, flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik.

2. Memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh

6 Manfaat yang Tersimpan dalam Kentang, Camilan Favorit Semua Orangunsplash.com/@eddybllrd

Selain bisa menjadi pengganti nasi sebagai asupan karbohidrat, kentang juga dikemas dengan kandungan vitamin serta mineral yang melimpah. Sebut saja Vitamin C, Vitamin B6, Kalium, Mangan, Magnesium, Fosfor dan Folat yang fungsinya sangat dibutuhkan tubuh kita.

Dan yang belum banyak diketahui orang adalah tentang nutrisi yang justru banyak tersimpan di kulit kentang. Maka dari itu, jika kamu ingin mengolah kentang, lebih baik tidak mengupas kulitnya. Melainkan cukup dengan dicuci bersih hingga sisa tanah dan kotoran tidak ada yang tersisa.

Baca Juga: 6 Tips Anti Hancur Saat Menggoreng Perkedel Kentang ala Masakan Minang

3. Dapat membantu kontrol gula darah

6 Manfaat yang Tersimpan dalam Kentang, Camilan Favorit Semua Orangunsplash.com/@simonmigaj
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Makanan yang Bikin Cepat Lapar, Sebaiknya Hindari Saat Sahur
  • Resep Kolak Pisang Ubi Paling Gampang, Cocok buat Buka Puasa
  • 5 Hal Soal Memasak yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menikah

Sebuah studi yang dilakukan di University of Oxford oleh departemen Oxford Centre for Diabetes, Endocrinology and Metabolism, menguji 10 orang yang yang diberi 30 gram pati resisten setiap hari selama empat minggu. Hasilnya konsumsi pati resisten bisa mengurangi resistensi insulin atau pengurangan kelebihan gula darah sebesar 33 persen. 

Lalu apa kaitannya dengan kandungan dalam kentang? Kentang sendiri ternyata memiliki kandungan pati resisten secara alami yang membuat gula darah bisa terkontrol dengan baik. Oleh karena itu, kentang sangat baik untuk dikonsumsi terlebih untuk para manula yang memiliki masalah kelebihan gula darah.

4. Mengingkatkan kinerja sistem pencernaan tubuh

6 Manfaat yang Tersimpan dalam Kentang, Camilan Favorit Semua Orangunsplash.com/@pixzolo

Tidak hanya mampu mengontrol kelebihan gula dalam darah, kandungan pati resisten yang ada dalam kentang juga dapat menjadi asupan baik untuk usus besar. Pati resisten yang telah dicerna diubah menjadi asam lemak yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan usus besar dan mengurangi resiko kanker kolorektal. 

5. Asupan karbohidrat yang membuat kita kenyang lebih lama

6 Manfaat yang Tersimpan dalam Kentang, Camilan Favorit Semua Orangunsplash.com/@realmacdan

Hal ini tentu sangat dicari oleh para penggiat diet yang butuh asupan karbohidrat tepat. Kentang adalah jawaban terbaik untuk mereka. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Sydney, yang melibatkan 11 orang dalam menentukan makanan mana yang paling mengisi perut paling lama, kentang berada pada peringkat pertama. 

Makanan seperti ini tentunya bisa sangat berguna untuk menekan nafsu makan dan membuat penurunan berat badan jadi lebih mudah.

6. Secara alami terkategori sebagai makanan gluten free

6 Manfaat yang Tersimpan dalam Kentang, Camilan Favorit Semua Orangunsplash.com/@emsmith

Istilah gluten free pasti sudah tidak asing bagi mereka yang pernah menjalani diet bebas gluten yang menjadi salah satu tren diet paling populer di dunia. Yap, gluten merupakan sebuah protein yang biasanya terkandung dalam gandum.

Di samping itu makanan berbasis gluten free sangat dibutuhkan mereka yang mengidap penyakit celiac atau mereka yang mempunyai alergi terhadap gluten (intoleransi gluten). Jadi, kentang merupakan makanan sempurna yang gak kalah enak dan menyehatkan dari makanan lain yang mengandung gluten. 

Makanan sehari-hari yang sering kita konsumsi ternyata memiliki banyak manfaat besar banget, ya buat kesehatan. Tapi untuk bisa menerima semua khasiat tadi, jangan lupa untuk mengolah dan menyajikannya secara tepat juga, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Tersembunyi Kentang yang Membantu Hidupmu Lebih Mudah

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes