5 Manfaat Ajaib Pemanasan bagi Tubuh yang Gak Kamu Duga

Posted on

5 Manfaat Ajaib Pemanasan bagi Tubuh yang Gak Kamu Duga

5 Manfaat Ajaib Pemanasan bagi Tubuh yang Gak Kamu Duga pixabay.com/Free-Photos

Dalam persiapan olahraga berat, seperti berlari, olah raga sepak bola dan alah raga apapun itu, pasti harus dipersiapkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya tubuh ini siap untuk melaksanakan olahraga berat. Sehingga persendian kita tidak sakit ataupun salah posisi sendinya. Ada pun beberapa manfaat dari olah raga pemanasan /stretching ialah:

1. Mencegah tubuh dan persendian dari rasa kaku

5 Manfaat Ajaib Pemanasan bagi Tubuh yang Gak Kamu Dugapexels.com/avishag bohbot

Pemanasan atau streaching memiliki manfaat bagi tubuh kita diantaranya yaitu mencegah tubuh dan persendian dari rasa kaku. Dengan pemanasan, tubuh kita dilatih untuk melakukan aktivitas olahraga atau kegiatan yang melibatkan seluruh tubuh kita, mulai dari kepala, tangan sampai dengan kaki. Stretching atau pemanasan ini dilakukan dengan melibatkan olahraga ringan sampai dengan olahraga sedang.

Dengan pemanasan, otomatis tubuh kita semuanya bergerak dari tubuh bagian atas sampai bawah. Inilah yang akan mengakibatkan tubuh kita yang semula terasa kaku untuk bergerak dengan pemanasan tubuh dan persendian kita dengan perlahan-lahan akan terasa ringan dan lentur.

2. Mengembalikan kesegaran tubuh dari kelesuan

5 Manfaat Ajaib Pemanasan bagi Tubuh yang Gak Kamu Dugapixabay.com/Comfreak

Pemanasan atau stretching memiliki manfaat menyegarkan tubuh. Dengan pemanasan atau stretching tubuh otomatis akan bergerak semua. Tubuh yang semula tidak ingin bergerak, dengan cara olahraga stretching atau pemanasan otomatis tubuh kita akan dipaksa untuk bergerak. Olahraga ini dimulai dari gerakan-gerakan yang ringan yang dapat menumbuhkan semangat sampai dengan gerakan-gerakan yang sedang.

Hal ini membuat tubuh kita akan terbiasa bergerak. Jadi tubuh kita akan terbiasa dengan aktivitas yang membutuhkan pergerakan tubuh sehingga kita akan mendapatkan kepuasan dan kesegaran pada saat tetesan keringat mulai keluar.

3. Memelihara kesehatan tulang dan persendian

5 Manfaat Ajaib Pemanasan bagi Tubuh yang Gak Kamu Dugapixabay.com/PublicDomainPictures
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 7 Fakta Operasi Plastik di Korea Selatan, Memesona dengan Risiko Besar
  • 10 Alasan Ilmiah Kenapa Orang Bisa Ngiler Waktu Tidur, Apa Kamu Juga?
  • 8 Tanda Kesehatan yang Tubuhmu Coba Sampaikan Melalui Kulit, Kenalilah

Pemanasan atau stretching memiliki manfaat dapat memelihara kesehatan tulang dan persendian. Dengan membiasakan pemanasan atau stretching tubuh kita akan selalu sehat dan terhindar dari cidera, karena salah satu manfaat dari stretching atau pemanasan adalah melenturkan tubuh, tulang-tulang dan persendian kita.

Baca Juga: Biar Makin Fit, Ini 6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Puasa

4. Mengurangi stres

5 Manfaat Ajaib Pemanasan bagi Tubuh yang Gak Kamu Dugapixabay.com/JESHOOTS-com

Pemanasan atau stretching memiliki manfaat mengurangi stres. Stres adalah gangguan pada mental dan pikiran kita. Stres itu terjadi karena kurangnya endorfin atau rasa senang  dan puas dari tubuh kita. Dengan cara stretching atau pemanasan tubuh kita akan menghasilkan keringat, keringat itu memiliki manfaat diantaranya dapat memunculkan perasaan bahagia dan kepuasan. Sehingga dapat menenangkan hati dan pikiran kita.

5. Mencegah tubuh dan persendian dari cidera

5 Manfaat Ajaib Pemanasan bagi Tubuh yang Gak Kamu Dugapixabay.com/stevepb

Pemanasan atau stretching memiliki manfaat lain yaitu membantu mencegah tubuh dan persendian dari cidera saat beraktivitas berat. Kita harus senantiasa berolahraga pemanasan seluruh tubuh mulai dari kepala sampai kaki. Sehingga hal ini akan membuat terasa ringan/lentur dan persendian kita tidak kaku.

Penyebab dari cidera pada seorang atlet disebabkan karena tulang dan persendian mereka kaku dan tidak freksibel. Itulah alasan mengapa para atlet diwajibkan pemanasan terlebih dahulu sebelum mulai bermain.

Itulah, mengapa pemanasan atau stretching itu penting bagi manusia. Karena manusia tidak dapat dipisahkan dengan olahraga. Olahraga itu merupakan nafas bagi tubuh kita, apabila kita tidak bergerak maka, akan timbul banyak penyakit dalam tubuh kita. Oleh karena itu kita haruslah senantiasa berolahraga supaya badan kita tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit yang membahayakan bagi tubuh kita yang tercinta ini.

Baca Juga: 5 Motivasi Sederhana Ini Bikin Kamu Jadi Semangat Olahraga

bungakertas Photo Community Writer bungakertas

Penulis yang sedang belajar menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes