5 Gejala Demensia yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dini

Posted on

5 Gejala Demensia yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dini

5 Gejala Demensia yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dini deandraper.com

Demensia merupakan istilah yang menggambarkan tentang sekelompok gejala, yang mempengaruhi daya ingat, berpikir, bernalar, dan keadaan sosial yang cukup parah, sehingga dapat mengganggu kehidupan sehari-hari penderitanya. Demensia terjadi karena sel-sel saraf di otak mengalami kerusakan, sehingga otak berhenti bekerja.

Penyakit Alzheimer merupakan salah satu penyebab utama dari demensia progresif yang terjadi pada para lansia. Namun, demensia juga dapat terjadi karena beberapa penyebab lain lho, seperti penyakit Huntington, palsi supranuklear progresif, degenerasi kortikobasal, hidrosefalus tekanan normal, dan masih banyak lagi.

Agar penyakit ini tidak semakin berkembang ke stadium selanjutnya, maka kamu wajib mewaspadai gejala-gejala awal dari penyakit neurodegeneratif ini. Nah, berikut ini 5 gejala demensia yang wajib kamu waspadai sejak dini. Baca sampai habis ya!

1. Kehilangan memori

5 Gejala Demensia yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dinigoodencenter.org

Kehilangan memori merupakan gejala yang umum terjadi pada seseorang yang menderita demensia. Para penderita demensia akan kehilangan ingatan jangka pendek, contohnya saja seperti lupa dimana meletakkan barang, berjuang untuk mengingat mengapa mereka berada di suatu ruangan tertentu, atau juga bisa melupakan apa yang harus mereka lakukan pada hari tertentu.

2. Kehilangan inisiatif

5 Gejala Demensia yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dinipexels.com/bruce mars

Sama halnya dengan kehilangan memori, kehilangan inisiatif juga merupakan hal yang sering terjadi pada penderita demensia. Demensia menyebabkan penderitanya kehilangan minat dalam kegiatan yang biasa mereka sukai, dan membutuhkan isyarat yang dapat mendorong mereka untuk ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

3. Masalah berbicara dan menulis

5 Gejala Demensia yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dinipexels.com/fotografierende
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 7 Fakta Operasi Plastik di Korea Selatan, Memesona dengan Risiko Besar
  • 10 Alasan Ilmiah Kenapa Orang Bisa Ngiler Waktu Tidur, Apa Kamu Juga?
  • 8 Tanda Kesehatan yang Tubuhmu Coba Sampaikan Melalui Kulit, Kenalilah

Seorang penderita demensia juga akan mengalami kesulitan saat terlihat dalam suatu percakapan. Ia akan lupa apa yang dirinya dan orang lain katakan, sehingga sulit baginya untuk terlibat dalam percakapan.

Selain itu, penderita demensia juga akan mengalami masalah dalam menulis. Ia akan merasa bahwa tanda ejaan, tanda baca, tata bahasa semakin buruk, sehingga tulisannya akan lebih susah untuk dibaca.

Baca Juga: Hati – Hati, Ternyata 5 Makanan Ini Dapat Menyebabkan Demensia

4. Apatis

5 Gejala Demensia yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dinipexels.com/abdulrahman abu shaer

Gejala apatis biasanya terjadi pada penderita demensia stadium awal. Seseorang dengan gejala apatis, akan kehilangan minatnya pada hobi atau kegiatan yang biasanya mereka lakukan. Mereka juga tidak ingin keluar dari rumah dan melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti dulu lagi.

Tak hanya itu saja, mereka juga akan menutup diri terhadap lingkungan pergaulan dan kehilangan minat untuk berkumpul bersama keluarga. Mereka akan terlihat tanpa ekspresi dan cenderung lebih emosional.

5. Perubahan kepribadian atau suasana hati

5 Gejala Demensia yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dinipexels.com/pixabay

Tak hanya mengalami apatis saja, penderita demensia juga akan lebih cepat mengalami perubahan suasana hati. Selain itu, mereka juga akan mengalami perubahan dalam kepribadiannya. Para penderita demensia akan lebih mudah khawatir, tersinggung, tertekan, dan juga takut. Selain itu, mereka juga akan bertindak lebih spontan dan bebas tanpa memikirkan baik atau buruk akan akibat dari perbuatan yang telah mereka lakukan tersebut.

Nah, itulah 5 ulasan dari gejala-gejala demensia yang wajib kamu waspadai sejak dini. Jika mengalami dua atau 5 dari gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Semakin cepat mendapatkan penanganan yang tepat, maka akan lebih mudah juga untuk diobati. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Ternyata Tiap 3 Detik Ada 1 Orang di Dunia Mengalami Demensia

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

humble and strong women

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes