Unik & Langka, Ini 6 Manfaat Kesehatan dalam Pisang Merah

Posted on

Unik & Langka, Ini 6 Manfaat Kesehatan dalam Pisang Merah

Unik & Langka, Ini 6 Manfaat Kesehatan dalam Pisang Merah healthline.com

Masyarakat umumnya lebih familiar dengan pisang berkulit kuning. Pisang juga memang telah secara alami identik dengan warna cerah yang membuatnya disukai banyak orang. Tetapi di samping itu ternyata ada buah pisang yang memiliki kulit brewarna lain lho, tepatnya pisang berkulit merah. Pisang ini memiliki nama lain Musa acuminata ‘Red Dacca’. 

Pisang merah ini banyak di temui di Tanzania. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan pisang kebanyakan, hanya saja kulitnya yang berwarna merah keunguan. Meski belum banyak disukai dan kurang populer, ternyata 6 khasiat menjanjikan ini terkandung dalam pisang merah lho!

1. Mampu menurunkan tekanan darah tinggi

Unik & Langka, Ini 6 Manfaat Kesehatan dalam Pisang Merahsuperfoodly.com

Dalam pisang merah terkandung potassium dan magnesium yang merupakan dua mineral penting dalam mengontrol tekanan darah. Sehingga dengan gabungan mineral ini mengonsumsi pisang merah tentunya sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

Hal itu bahkan telah dibuktikan oleh WHO yang melakukan penelitian dan menyimpulkan bahwa mengkonsumsi makanan kaya potassium bisa membantu menurunkan tekanan darah.

2. Kaya akan antioksidan

Unik & Langka, Ini 6 Manfaat Kesehatan dalam Pisang Merahmalcolmtattersall.com

Meskipun pisang dengan kulit bewarna kuning terkenal kaya antioksidan, ternyata psiang berkulit merah lebih tinggi lho kandungan anti oksidannya. Antioksidan adalah senyawa yang mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang banyak ditemui sehari-hari, seperti melalui polusi. Dan yang menggiurkan, antiokisdan ini bermanfaat untuk menjaga penuaan dini pada wanita pula.

Baca Juga: Ternyata Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Makanan Pedas, Favoritmu Kan?

3. Sumber serat yang sempurna bagi tubuh

Unik & Langka, Ini 6 Manfaat Kesehatan dalam Pisang Merahhowtohaveitall.net

Selain memiliki khasiat seperti poin yang dijelaskan sebelumnya pisang merah juga ternyata termasuk jenis makanan dengan sumber serat yang sangat sempurna bagi kebutuhan kita sehari-hari lho. Konsumsi pisang ini akan melancarkan buang air besar dan menghindari penyakit pencernaan. 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 7 Fakta Operasi Plastik di Korea Selatan, Memesona dengan Risiko Besar
  • 10 Alasan Ilmiah Kenapa Orang Bisa Ngiler Waktu Tidur, Apa Kamu Juga?
  • 8 Tanda Kesehatan yang Tubuhmu Coba Sampaikan Melalui Kulit, Kenalilah

Sebuah studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital and Harvard Medical School yang melibatkan 170.776 wanita, menemukan bahwa diet tinggi serat dengan konsumsi makanan seperti pisang merah ini bisa menurunkan 40 persen risiko penyakit pencernaan daripada diet rendah serat.

4. Sangat baik untuk kesehatan mata

Unik & Langka, Ini 6 Manfaat Kesehatan dalam Pisang Merahhealthyfoodhouse.com

Seperti kebanyakan buah dan sayur yang memiliki kulit bewarna merah, pisang merah pun mengandung Lutein dan Beta Karoten  yang baik untuk kesehatan mata. Lutein memiliki fungsi untuk mencegah degenerasi makula terkait usia yang merupakan faktor utama penyebab kebutaan. Sedangkan Beta Karoten sendiri akan diolah menjadi Vitamin A oleh tubuh, sehingga baik untuk asupan bermanfaat untuk penglihatan.

5. Baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh

Unik & Langka, Ini 6 Manfaat Kesehatan dalam Pisang Merahflickr.com

Vitamin B6 adalah salah satu senyawa ampuh yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Apabila kita kekurangan vitamin tersebut maka produksi sel darah putih akan berkurang sehingga mengganggu sistem kekebalan tubuh. 

Ditambah lagi kandungan Vitamin C yang banyak di dalam pisang ini juga bisa menghindari tubuh dari infeksi yang bisa menyebabkan penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi lainnya.

6. Obat alami untuk mengatasi masalah pencernaan

Unik & Langka, Ini 6 Manfaat Kesehatan dalam Pisang Merahhealthline.com

Kamu sering mengalami masalah pencernaan dan pusing mengatasinya? Coba deh konsumsi pisang merah. Fructooligosaccharides adalah jenis prebiotik yang terkandung dalam pisang merah dan bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti perut kembung dan sembelit. 

Nah, itu tadi beberapa khasiat kesehatan dari pisang yang kurang populer ini. Kalau sudah mengetahui manfaatnya bagi tubuh seperti ini, kira-kira kamu tertarik untuk mencobanya gak nih?

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Makan Rambutan, Siapa yang Suka?

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes