Tidak Disangka, Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Tidak Disangka, Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Tubuh

Tidak Disangka, Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Tubuh unsplash.com/Anthony Tran

Menangis seringkali dikaitkan dengan sifat cengeng dan kekanakan. Padahal menangis bukan hanya diperuntukkan bagi anak-anak saja, orang dewasa pun bisa dan boleh menangis.

Berbagai kondisi emosi mampu memicu seseorang untuk menangis. Kesedihan seringkali menjadi alasan umum bagi kebanyakan orang, tapi rasa bahagia yang teramat sangat pun juga bisa menyebabkan seseorang menangis.

Terlepas dari apapun alasan yang melatarbelakangi seseorang menangis, ternyata ada banyak manfaat yang diperoleh tubuh kita. Berikut beberapa manfaat menangis bagi kesehatan fisik dan mental kita.

1. Mengeluarkan toksin

Tidak Disangka, Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Tubuhunsplash.com/Claudia

Selain melalui keringat dan buang air kecil, ternyata racun-racun dalam tubuh juga mampu dikeluarkan lewat air mata.

Sebuah studi tentang air mata menemukan bahwa air mata yang keluar sebagai akibat dari kondisi emosional seseorang ternyata mengandung racun. Tubuh yang sedang stres ketika menangis akan mengeluarkan hormon stres bernama endorphin leucine-enkephalin dan prolactin.

Dengan keluarnya hormon-hormon tersebut, tidak hanya menurunkan level stres seseorang tapi juga membantu melawan penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

2. Membunuh bakteri

Tidak Disangka, Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Tubuhunsplash.com/Cristian Newman

Saat berada di luar ruangan, mata menjadi salah satu organ yang cukup rawan terkena debu dan bakteri. Seringkali ketika hal ini terjadi, mata jadi mudah mengeluarkan air mata. Dari air mata inilah debu dan bakteri yang sudah terlanjur masuk akan dikeluarkan demi melindungi mata.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan jurnal Food Microbiology menunjukkan bahwa dalam air mata terkandung cairan lysozyme yang bisa membunuh bakteri hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit. Cairan lysozyme sendiri bekerja dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri untuk kemudian dikeluarkan seperti sedang menangis.

3. Mengurangi stres

Tidak Disangka, Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Tubuhunsplash.com/Anh Nguyen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menangis yang disebabkan oleh kondisi emosional mampu melepaskan hormon stres. Dengan lepasnya hormon stres, maka tekanan yang dialami oleh tubuh juga akan berkurang.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 7 Fakta Operasi Plastik di Korea Selatan, Memesona dengan Risiko Besar
  • 10 Alasan Ilmiah Kenapa Orang Bisa Ngiler Waktu Tidur, Apa Kamu Juga?
  • 8 Tanda Kesehatan yang Tubuhmu Coba Sampaikan Melalui Kulit, Kenalilah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa dengan menangis dapat merangsang hormon endorfin yang mampu menjadi pembunuh rasa sakit alami hingga kita akan merasa lebih baik. Selain itu saat level stres menurun sesudah menangis, tubuh akan merasakan kelegaan dan menjadi lebih tenang.

Baca Juga: 7 Penyebab Mata Bengkak Setelah Menangis dan Cara Alami Mengatasinya

4. Memperbaiki mood

Tidak Disangka, Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Tubuhunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Sebuah studi di University of South Florida mengungkapkan bahwa menangis sangat efektif dalam menenangkan dan meningkatkan mood. Lebih jauh studi itu juga menemukan bahwa efek menenangkan dari menangis bahkan disebut-sebut dapat melebihi efek dari pemberian antidepresan.

Dengan turunnya level stres dan depresi usai menangis, mood seseorang juga dapat terangkat kembali sekaligus dapat meregulasi sistem metabolisme tubuh.

5. Memperbaiki penglihatan

Tidak Disangka, Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Tubuhunsplash.com/Luis Galvez

Menurut National Eye Institute, air mata yang membasahi permukaan mata selain dapat membersihkan mata dari debu dan mencegah iritasi juga berfungsi sebagai lubrikan untuk kelopak dan bola mata yang akan membuat penglihatan kita semakin baik. Terutama saat menangis di mana air mata akan keluar lebih banyak, setelahnya penglihatan kita akan menjadi lebih jernih.

Dengan menangis juga dapat mencegah membran mukosa pada mata terbebas dari dehidrasi. Kekeringan pada mata membuat mata menjadi lebih rentan terhadap serangan bakteri dan debu.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Tidak Disangka, Ini 6 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Tubuhunsplash.com/Jordan Bauer

Sebenarnya memang masih belum ada penelitian lebih lanjut tentang kaitan menangis dan kualitas tidur seseorang. Hanya saja, efek mengurangi stres, turunnya level depresi, dan ketenangan yang didapat setelah menangis memang akan dapat membantu seseorang tidur lebih mudah.

Ketika seseorang dalam keadaan stres dan depresi, biasanya akan rentan mengalami insomnia. Dengan menangis dan melepaskan beban emosionanya, ada kelegaan yang didapat hingga pada akhirnya mampu tidur dengan lebih baik.

So guys, itulah manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari menangis. Jadi, jangan malu untuk menangis ya!

Baca Juga: Layaknya Manusia, 7 Hewan Ini Bisa Merasakan Kesedihan dan Menangis!

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes