Bantu Korban Bencana Alam, BAZNAS Buat Rumah Sehat dan Mobil Sehat

Posted on

Bantu Korban Bencana Alam, BAZNAS Buat Rumah Sehat dan Mobil Sehat

https: img.okeinfo.net content 2019 04 23 481 2047151 bantu-korban-bencana-alam-baznaz-buat-rumah-sehat-dan-mobil-sehat-LXioMvwgyR.jpg Ilustrasi (Foto: Haaretz)

Bencana alam yang terjadi di Lombok, Palu serta Donggala telah menyebabkan banyak kerugian dan meninggalkan duka mendalam. Banyak puskesmas yang hancur dan kesehatan yang menurun bagi para korban bencana alam.

Meski telah melewati masa krisis bencana, tetapi masih banyak yang terjangkit penyakit malaria dan DBD. Para korban saat ini membutuhkan fasilitas kesehatan yang memadai.

BERITA TERKAIT +
  • Kemenkes Ungkap Kondisi Kesehatan dan Mental Remaja Indonesia
  • Menko PMK Puan Maharani Ungkap Kunci Hadapi Ancaman Kesehatan Global
  • Edukasi Kesehatan, Ratusan Guru dan Siswa di Tangsel Diberi Pengobatan Gratis

“Banyak puskesmas dan rumah sakit yang hancur, sehingga fasilitas kesehatan sangat dibutuhkan karena sampai saat ini sebagian besar masyarakat tinggal di pengungsian yang padat dengan fasilitas kesehatan sangat terbatas. Maka dari itu, kami membuat program rumah sehat dan mobil sehat untuk para korban” Ujar Ahmad Fikri (Kepala Divisi Pendistribusian Badan Amil Zakat Nasional-BAZNAS) saat ditemui Okezone dalam acara Konferensi Pers “Ramadhan Berbagi: Beli Kebutuhanmu, Beri Kebaikanmu,” Selasa (23/4/2019) di Jakarta.

BAZNAS

Rumah sehat ini seperti klinik. Ada fasilitas dokter spesialis, perawat dan alat-alat kesehatan yang lengkap. Sebelum membangun rumah sehat, BAZNAS membuat rumah sakit lapangan dengan menggunakan kontainer sebagai bangunannya.

Rumah sehat yang dimiliki BAZNAS sebulan bisa melayani hampir 470.000 orang. Pemilihan tempat yang strategis juga dibutuhkan untuk membangun rumah sehat. Saat ini, rumah sehat sudah terbagi di tiga titik bencana alam, Lombok, Palu dan Donggala.

“Untuk rumah sehat melayani orang-orang yang mustahiq, sebutan dalam zakat. Mustahiq yakni jadi orang miskin tiba-tiba dan jadi orang lemah tiba-tiba.” tambah Ahmad Fikri.

Bukan hanya itu, BAZNAZ juga menyiapkan program mobil sehat. Mobil sehat ini seperti Ambulans, yang akan berkeliling dan menyebar edukasi tentang kesehatan. “Rumah sehat, mobil sehat dan ada pelatihan edukasi yang diberikan kepada anak-anak nantinya, serta fokus menyebarkan Pendidikan kesehatan untuk mengatasi trauma yang mendalam.” ujar Ahmad Fikri.

Mobil sehat berupa ambulan dan terdiri dari 1 dokter spesialis dan 2 perawat. Untuk melayani tempat yang sulit dijangkau rumah sehat, mobil sehat diperlukan dengan berkeliling. Program rumah sehat dan mobil sehat sudah dijalani 2 pekan lalu.

Tak hanya itu saja, selebritas tanah air yang berjiwa sosial tinggi, Chacha Fredrica juga memberi tanggapan terhadap program ini, “Rangkaian kegiatan di dalam program ini sangat positif dan menginspirasi. Oleh karena itu, saya mengajak sebanyak mungkin masyarakat untuk mendukung dan menggunakan kesempatan ini. Menjadi peduli terhadap sesame, rasa simpati serta empati.” ujar Chacha.

(hel)

  • TAG :
  • Pelayanan Kesehatan
  • Rumah Sehat
  • Mobil Sehat

Telah dipublish di lOkezone