6 Tips Jitu Mengolah Daging Bebek Supaya Empuk, Dicoba Yuk!

Posted on

6 Tips Jitu Mengolah Daging Bebek Supaya Empuk, Dicoba Yuk!

6 Tips Jitu Mengolah Daging Bebek Supaya Empuk, Dicoba Yuk! slowfood.org.uk

Daging bebek memiliki citrasa yang lebih kuat dan tekstur yang lebih padat dibandingkan daging ayam. Tak heran, daging bebek menjadi primadona bagi pelahapnya. Kendati demikian, memasak daging yang satu ini rupanya tak mudah. Pasalnya, hidangan berbahan baku bebek malah akan berbau amis dan tekstur daging yang keras jika tak diolah dengan tepat. Yuk, ikuti tips berikut untuk mendapatkan daging bebek yang empuk!

1. Pilih bebek yang masih segar

6 Tips Jitu Mengolah Daging Bebek Supaya Empuk, Dicoba Yuk!sbs.com.au

Pilihlah bebek yang masih segar, serta tak terlalu muda dan belum terlampau tua. Sebab, daging bebek belum begitu keras pada usia ini. Salah satu indikatornya adalah daging bebek tersebut memiliki kulit berwarna putih, kakinya masih lunak sehingga dapat ditekuk, bagian dadanya cenderung gemuk, dan bau amisnya belum terlalu kentara.

2. Buang bulu, jeroan, dan tungir bebek

6 Tips Jitu Mengolah Daging Bebek Supaya Empuk, Dicoba Yuk!foodgal.com

Buang semua bulunya, lalu bakar bebek sebentar di api kecil untuk menghilangkan sisa bulu yang masih tertinggal. Selain itu, buang pula jeroan dan tunggir (pantat bebek) sebab mengandung banyak minyak yang memicu bau amis. Gosok pula permukaan kulit bebek menggunakan garam kasar untuk melepas kulit arinya yang berwarna kekuningan.

3. Cuci bersih dan lumuri dengan jeruk nipis

6 Tips Jitu Mengolah Daging Bebek Supaya Empuk, Dicoba Yuk!foodadvisor.my

Cucilah daging bebek hingga bersih, lalu lumuri dengan perasan jeruk nipis ataupun cuka, serta daun pepaya yang sudah diremas-remas. Diamkan sekitar 30 menit – 1 jam supaya bau amisnya hilang dan tekstur dagingnya melunak. Kemudian, cuci kembali daging tersebut hingga bersih.

Baca Juga: 6 Tips Mengolah Pakis, Si Sayuran Lezat yang Tumbuh Musiman

4. Potong dengan ukuran sedang

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 5 Resep dan Cara Bikin Masakan Padang, Dijamin Bikin Ketagihan!
  • Resep Kue Kacang Anti Ribet, Cuma Butuh 3 Langkah Lho!
  • 7 Makanan Ini Cocok Ciptakan Suasana Hangat di Rumah
6 Tips Jitu Mengolah Daging Bebek Supaya Empuk, Dicoba Yuk!sbs.com.au

Potonglah daging bebek menjadi beberapa bagian dalam ukuran sedang. Pasalnya, jika potongan daging terlalu kecil, hal tersebut malah akan mempengaruhi tekstur dagingnya. Jika dipotong terlalu besar, akibatnya bumbu akan lebih sulit meresap. Lagipula, potongan yang sedang agaknya akan lebih mempercantik tampilan saat dihidangkan kelak.

5. Rebus dalam rempah dan masukkan sendok

6 Tips Jitu Mengolah Daging Bebek Supaya Empuk, Dicoba Yuk!sbs.com.au

Haluskan kunyit, jahe, ketumbar, lengkuas, bawang putih, dan bawang putih terlebih dahulu. Kemudian, campurkan bumbu tersebut ke dalam air rebusan untuk daging bebek. Selain itu, tambahkan pula daun jeruk, sereh, dan daun salam supaya daging tersebut menjadi lebih gurih, lembek, dan bau amisnya lebih pudar.

Selanjutnya, masukkan pula satu sendok ke dalam air rebusan itu. Tujuannya, supaya gelembung air mendidih yang akan muncul saat merebus daging tersebut berupa gelembung kecil, sehingga kontak antara air dan daging bebek dapat bekerja lebih baik.

Kemudian, rebuslah daging bebek dalam panci tertutup selama 3-5 jam, dan gunakan api kecil. Setiap 1 jam, balikkan daging bebek supaya bumbunya dapat meresap lebih merata. Jika air rebusannya mulai surut, maka tambahkan lagi air.

Usut punya usut, untuk menghemat waktu perebusan, gunakanlah panci presto atau pressure cooker. Pasalnya, sistem pengaturan tekanan uap dan panas pada panci jenis ini memang efektif melunakkan daging dalam waktu yang cenderung singkat. 

6. Diamkan daging rebusan sekitar semalaman

6 Tips Jitu Mengolah Daging Bebek Supaya Empuk, Dicoba Yuk!thetapaslunchcompany.co.uk

Tujuannya, supaya olahan daging bebek kelak dapat lebih gurih dan renyah, terutama bebek goreng. Simpan saja dalam kulkas ataupun cukup diamkan dalam panci tertutup. Saat menggoreng, gunakanlah minyak yang banyak dan tunggu hingga panas. Kemudian goreng hingga bagian luarnya sudah tampak kering (garing). Jangan menggoreng terlalu lama sebab dagingnya malah menjadi keras.

Itulah tips mengolah daging bebek supaya empuk. Yuk, praktekkan!

Baca Juga: 15 Negara Ini Punya Cara Unik Mengolah Telur Menjadi Hidangan Nikmat

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes