Avanza Baru Ganggu Angka Penjualan Toyota di Awal 2019

Posted on

Avanza Baru Ganggu Angka Penjualan Toyota di Awal 2019

New Toyota Avanza 2019

Photo :

  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan Toyota di tiga bulan pertama 2019 mengalami penurunan, dibandingkan tahun sebelumnya. Baik dari penjualan pabrik ke diler, maupun diler ke konsumen.

Total penjualan mobil Toyota dari pabrik ke diler, di Januari sampai Maret 2019 mencapai 77.266 unit, dengan pangsa pasar 30,4 persen. Sementara, periode yang sama di 2018 mencapai 84.494 unit. Meski demikian, mereka masih menjadi pemimpin pasar.

Soal penjualan retail, ada 76.082 unit mobil Toyota yang dikirim ke konsumen pada kuartal pertama tahun ini, dengan pangsa pasar 29,3 persen. Sayangnya, angka retail tahun sebelumnya masih lebih banyak, yakni 86.562 unit.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy angkat bicara. Menurutnya, ada tiga masalah utama yang membuat penjualan mereka menurun di tahun ini.

Lihat Juga
  • Mobil LCGC Daihatsu Sigra.

    Persaingan Mobil Harga Terjangkau, Sigra Paling Laris

  • Mitsubishi Xpander

    Rivalitas Avanza Xpander Berlanjut di Maret 2019

  • Pengunjung suatu pameran mobil di Tangerang beberapa waktu silam.

    Penjualan Mobil Bisa Oke di 2019, Berkat Lima Hal Ini

“Kami baru luncurkan Avanza terbaru, yang jadi tulang punggung penjualan, itu di pertengahan Januari. Produksinya pun baru mulai di Januari,” ujarnya di Jakarta, Selasa 23 April 2019.

“Kedua, dibandingkan dengan tahun lalu, di kuartal pertama ada dua Xpander dan Rush yang penjualannya sangat tinggi. Ketiga, faktor Pemilu. Pasar agak turun di bulan sekitar Pemilu,” tuturnya. (ang)

Sumber Viva