5 Hal Ini Sebabkan Orang Introvert Bisa Rentan Terkena Depresi 

Posted on

5 Hal Ini Sebabkan Orang Introvert Bisa Rentan Terkena Depresi 

5 Hal Ini Sebabkan Orang Introvert Bisa Rentan Terkena Depresi  unsplash.com/@kjsfotografia

Secara umum, kepribadian manusia dibagi menjadi dua jenis yaitu introvert dan ekstrovert. Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert cenderung suka mengekspresikan apa yang dirasakannya, sedangkan orang introvert lebih cenderung memendam apa yang dirasakannya. Hal ini membuat orang introvert menjadi pribadi yang tertutup dan sulit ditebak. Bisa dikatakan, orang introvert sangat sulit terbuka dengan orang lain. Jika ini berlangsung terus menerus tentu dapat menyebabkan orang introvert rentan terkena depresi. Tak hanya itu, masih banyak hal-hal lain yang dapat menyebabkan orang introvert rentan terkena depresi. Mau tahu hal-hal apa saja itu? Yuk, kita simak lima hal yang dapat menyebabkan orang introvert rentan terkena depresi.

1. Kegagalan dalam membangun hubungan interpersonal dengan orang lain

5 Hal Ini Sebabkan Orang Introvert Bisa Rentan Terkena Depresi Pexels.com/Pixabay

Orang introvert bukanlah tipe orang yang suka bergaul dengan orang lain. Mereka lebih memilih menghabiskan waktu dalam kesendirian daripada berkumpul dengan orang lain. Hal ini membuat orang introvert cenderung kaku dan tidak mampu membangun hubungan interpersonal dengan orang lain. Tidak heran jika mereka sering merasa kesepian dan tidak memiliki orang lain yang memberi dukungan. Jika kondisi ini terus menerus terjadi, maka orang introvert rentan mengalami depresi karena merasa hidupnya hampa dan sebatang kara.

2. Orang introvert sulit untuk mengekspresikan apa yang dirasakannya

5 Hal Ini Sebabkan Orang Introvert Bisa Rentan Terkena Depresi Pexels.com/Katjayne

Orang introvert memang dikenal sebagai pribadi yang tertutup dan sulit mengekspresikan apa yang dirasakannya. Mereka cenderung memendam apa yang dirasakan dan sulit mengekspresikan apa yang dirasakan. Padahal, mengekspresikan apa yang dirasakan sangat penting untuk menjaga kondisi mental tetap sehat. Mereka juga tidak mau menceritakan masalah yang sedang dialami kepada orang lain. Mereka lebih memilih untuk menyelesaikan segala sesuatu seorang diri. Jika masalah kian menumpuk dan tak terselesaikan dengan baik maka, orang introvert rentan terkena depresi.

3. Selalu berusaha terlihat tegar untuk menutupi kerapuhan dalam diri

5 Hal Ini Sebabkan Orang Introvert Bisa Rentan Terkena Depresi Pixabay.com/Dzeeshah
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 7 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Gak Hanya Akibat Melahirkan lho!
  • 9 Penyebab Gagal Ginjal di Usia Muda, Hati-hatilah dari Sekarang
  • 7 Penyebab Kulit Leher Menjadi Hitam dan Cara Mengatasinya, Mudah kok!

Salah satu kelebihan yang dimiliki orang introvert adalah mampu terlihat tegar di hadapan orang lain untuk menutupi kerapuhan dalam dirinya. Mereka selalu bisa meyakinkan orang lain bahwa hidup mereka baik-baik saja. Mereka tidak ingin orang lain tahu apa yang sedang dialaminya. Sikap berpura-pura seakan-akan semuanya baik-baik tentu membuat orang introvert membohongi diri mereka sendiri. Padahal, jauh di dalam lubuk hati mereka membutuhkan pertolongan orang lain. Jika hal ini terus terjadi maka dapat menyebabkan orang introvert rentan terkena depresi.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Memiliki Hewan Peliharaan, Ada Bisa Cegah Depresi

4. Orang introvert cenderung mengalami kecemasan yang berlebihan

5 Hal Ini Sebabkan Orang Introvert Bisa Rentan Terkena Depresi Pexels.com/Kayjayne

Salah satu hal yang menyebabkan orang introvert rentan terkena depresi adalah merasa cemas berlebihan. Mereka sering merasa cemas tanpa sebuah alasan yang jelas. Hal ini disebabkan karena orang introvert cenderung memikirkan sesuatu dari segi negatif. Pemikiran negatif yang terus terbersit dalam pikiran membuat orang introvert sering merasa cemas. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, mereka akan rentan terkena depresi.

5. Orang introvert sering merasa insecure ketika menghadapi masalah

5 Hal Ini Sebabkan Orang Introvert Bisa Rentan Terkena Depresi Pixabay.com/Darksouls1

Ketika sedang dilanda masalah, orang introvert sering merasa insecure. Mereka cenderung merasa tidak aman dan menyalahkan diri sendiri ketika menghadapi masalah. Penilaian terhadap diri yang rendah membuat mereka merasa tidak dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Hal ini membuat mereka merasa tertekan dan malu terhadap diri sendiri. Jika rasa insecure tidak teratasi dengan baik maka dapat menyebabkan seseorang terkena depresi.

Itulah lima hal yang menyebabkan orang introvert rentan terkena depresi. Bagi orang introvert, janganlah membiarkan dirimu berlarut-larut merasakan emosi negatif. Tak ada salahnya, kamu mencurahkan apa yang kamu rasakan kepada orang terdekatmu. Kamu tentu akan merasa lega jika bisa membagi beban hidup kepada teman-temanmu. Ingatlah bahwa kamu tidak sendiri karena masih banyak orang yang peduli dengan hidupmu. 

Baca Juga: Ini Dia 5 Sifat yang Bakal Buat Kamu Mudah Depresi, Jauhi deh!

Rosselini Utami Wijaya Photo Community Writer Rosselini Utami Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes