Bahaya, 5 Akibat yang Akan Kamu Dapat Jika Makan Sambil Berdiri!

Posted on

Bahaya, 5 Akibat yang Akan Kamu Dapat Jika Makan Sambil Berdiri!

Bahaya, 5 Akibat yang Akan Kamu Dapat Jika Makan Sambil Berdiri! Pexels/Malcom

Makan merupakan salah satu aktivitas untuk bertahan hidup. Sesuai dengan norma yang berlaku sebaiknya kita makan sambil duduk. Namun karena kondisi terdesak dan sibuk biasanya banyak orang-orang yang makan sambil berdiri. Padahal hal tersebut akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan untuk tubuh. Nah berikut lima akibat yang akan kamu dapat bila makan sambil berdiri, jangan dibiasakan ya!

1. Pencernaan terganggu

Bahaya, 5 Akibat yang Akan Kamu Dapat Jika Makan Sambil Berdiri!timesofindia.indiatimes.com/

Saat makan sambil berdiri, lambung justru akan mempercepat proses pengosongan makanan dan mentransfernya ke usus. Tekanan dalam usus pun menjadi naik  dan menyebabkan rasa mual juga tak nyaman pada perut. Oleh sebab itu sebaiknya makanlah saat duduk untuk kebaikan dirimu sendiri. Makan sambil duduk akan menormalkan sistem pencernaan dalam tubuh.

2. Makan menjadi berlebihan

Bahaya, 5 Akibat yang Akan Kamu Dapat Jika Makan Sambil Berdiri!Pexels/Nix Photos

Makan sambil berdiri pun akan membuat kita merasa cepat lapar karena lambung mempercepat proses pemindahan makanan ke usus. Dengan begitu tentunya kita pun akan makan dengan melebihi batas normal karena rasa lapar yang begitu cepat. Tentunya terjadi ketidakseimbangan antara makanan yang masuk dan makanan yang sedang dicerna. Usus akan bekerja keras jika hal ini terus terjadi dan tentunya hal ini kurang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 8 Makanan & Minuman yang Aman untuk Penderita Maag, Enak Pula

3. Selalu merasa lapar

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 8 Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kencing, Mudah Dilakukan
  • 7 Kebiasaan Berbahaya untuk Tulang Belakang tapi Sering Dientengkan
  • 7 Penyebab Kamu Rentan Kena Flu, Hindari supaya Gak Sering Terserang
Bahaya, 5 Akibat yang Akan Kamu Dapat Jika Makan Sambil Berdiri!Pexels/Malcom

Makan sambil berdiri pun akan membuatmu tetap merasa lapar padahal kamu sudah makan dengan banyak. Saat hal ini terjadi lebih baik kamu beristirahat dan minimal duduk untuk mengatasi perutmu yang tetap merasa lapar padahal kamu sudah makan banyak. Selain itu lebih baik kamu tak menuruti rasa lapar yang terus dikirimkan ke otak sampai beberapa jam ke depan.

4. Perut begah

Bahaya, 5 Akibat yang Akan Kamu Dapat Jika Makan Sambil Berdiri!thehealthsite.com

Akibat lain yang akan kamu dapat saat makan sambil berdiri adalah perutmu akan begah atau kembung. Hal ini karena sistem pencernaan tidak mencerna makanan dengan baik saat kamu makan sambil berdiri. Makanan yang biasanya kurang dicerna dengan baik adalah karbohidrat dan menyebabkan gas terbentuk di dalam perutmu. Akibatnya kamu pun akan merasa tak nyaman dan mual karena gas yang terbentuk tersebut.

5. Tidak fokus makan

Bahaya, 5 Akibat yang Akan Kamu Dapat Jika Makan Sambil Berdiri!Pexels/Daria Sannikova

Akibat terakhir yang akan kamu dapat yaitu tentunya kamu tidak bisa fokus makan. Otak bahkan gak akan sadar kalau kamu sedang makan jika kamu makan sambil berdiri. Tentunya sistem pencernaan juga kurang efisien dan efektif menyerap makanan. Oleh sebab itu sebaiknya makan sambil duduk dan singkirkan hal-hal seperti gadget saat makan untuk kebaikan dirimu sendiri.

Sudah tahu kan?

Baca Juga: Hati-hati, 5 Makanan Enak Ini Dapat Menurunkan Daya Ingatmu

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes