7 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Gak Hanya Akibat Melahirkan lho!

Posted on

7 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Gak Hanya Akibat Melahirkan lho!

7 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Gak Hanya Akibat Melahirkan lho! healthline.com

Stretch mark adalah kondisi di mana muncul guratan-guratan merah seperti nadi dengan panjang beberapa milimeter hingga sentimeter. Stretch mark biasanya muncul karena adanya peregangan kulit secara berlebihan.

Akan tetapi, ternyata stretch mark juga bisa terjadi akibat hal-hal lain. Apa saja itu? Simak infomasi jelasnya berikut ini!

1. Obesitas

7 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Gak Hanya Akibat Melahirkan lho!medicalnewstoday.com

Obesitas yang terjadi dalam waktu singkat dapat memicu munculnya stretch mark pada tubuh. Umumnya, stretch mark akan muncul di area perut, bokong, dan paha. Selain itu, stretch mark pada pria biasanya akan muncul ketika tubuh mulai kembali kurus sehingga kulit jadi terlihat seperti rusak.

2. Pertumbuhan saat masa puber

7 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Gak Hanya Akibat Melahirkan lho!akronohiomoms.com

Saat memasuki masa puber, tanda seks sekunder dan primer akan mulai tumbuh dengan signifikan. Pertumbuhan tersebut terkadang memengaruhi munculnya stretch mark dalam jumlah yang cukup banyak. Biasanya kondisi tersebut terjadi pada anak-anak yang cepat tinggi dan mudah naik atau turun berat badannya.

3. Obat steroid

7 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Gak Hanya Akibat Melahirkan lho!everydayhealth.com

Mengonsumsi obat-obatan dengan kadar steroid tinggi juga bisa menjadi penyebab munculnya stretch mark. Hal ini karena kandungan steroid yang tinggi dapat memengaruhi tingkat hormon tertentu sehingga tubuh mengalami peregangan dan memunculkan stretch mark.

Baca Juga: 14 Tanda Fisik bahwa Kamu Harus Segera Ganti Bra, Jangan Anggap Enteng

4. Melahirkan

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 8 Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kencing, Mudah Dilakukan
  • 7 Kebiasaan Berbahaya untuk Tulang Belakang tapi Sering Dientengkan
  • 7 Penyebab Kamu Rentan Kena Flu, Hindari supaya Gak Sering Terserang
7 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Gak Hanya Akibat Melahirkan lho!inews.co.uk

Saat tubuh sedang mengandung, biasanya kulit pada daerah pinggang dan perut serta paha akan mengalami peregangan. Akibatnya, setelah selesai melakukan proses melahirkan maka tubuh akan kembali seperti semula namun kulit yang meregang akan meninggalkan bekas atau stretch mark.

5. Peningkatan massa otot

7 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Gak Hanya Akibat Melahirkan lho!webmd.com

Memiliki badan yang proporsional dengan otot di berbagai anggota tubuh tentunya akan menjadikan penampilan lebih sempurna. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang pergi ke tempat kebugaran untuk mendapatkan badan ideal yang mereka inginkan.

Sayangnya, ketika tubuh sudah terbentuk dengan sempurna dan kamu tidak mempertahankannya, hal tersebut justru bisa memperburuk penampilan. Sebab, kulit yang telah meregang akan menjadi kendur dan menimbulkan stretch mark

6. Cara mengatasinya: lidah buaya

7 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Gak Hanya Akibat Melahirkan lho!ghafla.com

Lidah buaya nyatanya dapat membantu merawat kekenyalan kulit agar tetap elastis. Sehingga, jika kamu menggunakannya secara teratur maka secara perlahan stretch mark akan mulai menghilang. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat jika kulit kamu terbakar.

7. Cara mengatasinya: krim penghilang stretch mark

7 Penyebab Munculnya Stretch Mark, Gak Hanya Akibat Melahirkan lho!cheatsheet.com

Jika kamu ingin menghilangkan stretch mark secara cepat, maka cobalah menggunakan krim penghilang stretch mark yang mudah didapatkan di apotek atau supermarket. Meski tidak dapat menghilangkan seluruhnya, kamu bisa mencoba untuk menyamarkannya dan melakukan laser di dokter agar stretch mark benar-benar hilang.

Itu dia beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya stretch mark pada tubuh. Jika kondisi tersebut sudah terjadi, sebaiknya segera atasi agar penampilanmu tidak rusak karenanya.

Baca Juga: Kamu Hamil? Siap-siap Cegah Stretch Mark dengan 6 Cara Alami Ampuh Ini

Telah dipublish di lIDNTimes