Sering Parkir di Tempat Panas Bikin Langit-langit Mobil Melorot

Posted on

Sering Parkir di Tempat Panas Bikin Langit-langit Mobil Melorot

Warga berjalan di antara mobil yang terparkir di Jakarta

Photo :

  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Plafon atau langit-langit adalah bagian interior yang perlu mendapat perhatian dari pemilik mobil. Sebab, bagian ini ternyata juga bisa mengalami kerusakan seiring usia pakai kendaraan.

Kerusakannya, kata Toni selaku pemilik bengkel spesialis Difa Plafon, antar lain bagian langit-langit ini bisa mengendur atau terlihat turun dibandingkan saat mobil pertama kali digunakan.

“Untuk mobil-mobil Eropa, bahkan usia pakainya baru tiga tahun mulai turun. Biasanya sih lima tahun baru kendur, kalau mobil Jepang plafonnya lebih awet,” kata Toni saat ditemui VIVA di bengkelnya di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dia mengatakan, kerusakan pada plafon umumnya terjadi karena mobil sering diparkir di bawah sinar matahari langsung. Sehingga, bagian busa pelapis di dalam plafon tidak lagi rapat seperti baru.

Lihat Juga
  • Shockbreaker mobil.

    Shockbreaker Mobil Sekarang dan Dulu Berbeda, Belum Banyak yang Tahu

  • Melepas stiker bodi mobil. Ilustrasi

    Tak Semua Bodi Mobil Bisa Dilapisi Stiker Biasa

  • Ilustrasi ban mobil

    Ganti Ban Mobil Hanya Satu Ternyata Bahaya, Kenapa?

“Di dalam plafon itu kan ada pelapis busanya. Itu kalau sering parkir kena panas, bisa rusak atau brudul. Jadi plafonnya pas disentuh itu kayak kempis dan kalau kita duduk di kabin, terlihat turun,” ucapnya.

Kerusakan lainnya pada plafon, ujar Toni, juga kerap terjadi pada mobil yang sudah dimodifikasi memakai sunroof yang masuk ke dalam plafon. Custom sunroof ini berisiko merusak sunroof jika pemasangannya tidak dilakukan dengan tepat.

“Pakai sunroof yang masuk ke dalam, kadang macet atau enggak ada saluran airnnya. Ini bisa merusak plafonnya juga. Jadi kalau mau pasang sunroof harus dihitung tepat, jangan asal bolong,” kata Toni.

Sumber Viva