Mengenal Doula, Pendamping Ibu Hamil yang Ngetren di Kalangan Artis

Posted on

Mengenal Doula, Pendamping Ibu Hamil yang Ngetren di Kalangan Artis

Mengenal Doula, Pendamping Ibu Hamil yang Ngetren di Kalangan Artis www.medicalnewstoday.com

Doula adalah seseorang yang terlatih untuk menjadi mendampingi ibu hamil sejak masa kehamilan, melahirkan, hingga setelah melahirkan. Untuk menjadi doula harus mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat, jadi tidak sembarang orang bisa menjadi doula karena merupakan tenaga terlatih yang profesional. Di Indonesia mungkin doula belum terlalu terkenal. Kebanyakan ibu hamil didampingi dan dibantu oleh suami dan keluarga.

Beberapa selebritis tanah air ada lho yang memakai jasa doula, misalnya Ardina Rasti, Nycta Gina, Rachel Vennya dan Nagita Slavina. Doula berperan membantu ibu hamil untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan dan persalinan, mengurangi kecemasan ibu hamil, mendampingi persalinan dan membantu ibu paska melahirkan sehingga bisa mengurangi kejadian baby blues.

Menurut beberapa penelitian kehadiran doula bisa membuat proses melahirkan lebih nyaman dan meminimalisir rasa sakit. Kehadiran doula efektif mengurangi risiko melahirkan sesar hingga 50 persen dan waktu melahirkan menjadi lebih singkat. Untuk mengetahui lebih dalam tentang fungsi doula, simak ulasan berikut.

1. Doula bukan tenaga medis sehingga tidak berwenang memberikan saran medis

Mengenal Doula, Pendamping Ibu Hamil yang Ngetren di Kalangan Artisayushology.com

Doula bukanlah bidan, perawat atau dokter yang berhak melakukan pemeriksaan medis dan memberikan penanganan medis. Walaupun mungkin saja doula adalah seorang bidan yang mengikuti pelatihan namun tetap saja tugasnya hanya mendampingi ibu hamil. Untuk memeriksa kondisi kesehatan ibu hamil tetap harus periksa ke ahlinya.

2. Mengajarkan teknik relaksasi untuk ibu hamil

Mengenal Doula, Pendamping Ibu Hamil yang Ngetren di Kalangan Artiswww.sciencedaily.com

Seorang doula akan mengajarkan teknik relaksasi kepada ibu hamil agar merasa nyaman. Misalnya mengajarkan teknik pernapasan dan hypnobirthing. Menjelang persalinan doula juga akan mengajari ibu hamil beberapa teknik untuk meminimalisir rasa nyeri kontraksi selama melahirkan.

3. Memberikan dukungan fisik dan emosional kepada ibu hamil

Mengenal Doula, Pendamping Ibu Hamil yang Ngetren di Kalangan Artiswww.birthrootsdoulas.com

Tak jarang ibu hamil mengalami kecemasan berlebih tantang kehamilan dan persalinannya. Di sini doula akan mendampingi ibu dan mendukung ibu untuk menyampaikan kekhawatirannya. Dengan begitu ibu bisa mendapatkan jawaban dan dukungan atas ketakutannya. Ibu hamil akan merasa lebih tenang dan rileks.

Doula juga berperan memberikan dukungan fisik kepada ibu hamil misalnya dengan pijat dan mengajarkan posisi nyaman untuk ibu hamil. Dengan begitu ibu hamil bisa mendapatkan kenyamanan dan ketenangan.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 7 Gejala Paru-paru Basah Ini Sering Luput dari Pengawasan, Kenali Ya!
  • 7 Bahaya Mengalami Stres Terus Menerus, Bisa Fatal Sebelum Kamu Sadari
  • 8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orang

Baca Juga: 7 Olahraga Ini Tepat Bagi Ibu Hamil karena Bisa Lancarkan Persalinan

4. Memberikan informasi seputar kehamilan dan persalinan

Mengenal Doula, Pendamping Ibu Hamil yang Ngetren di Kalangan Artiswww.avawomen.com

Seorang doula sudah menjalani pelatihan tentang kehamilan dan melahirkan sehingga bisa memberikan informasi yang benar kepada ibu hamil. Ibu hamil bisa menanyakan apapun seputar kehamilan dan persalinan kepada doula. Misalnya ibu masih bingung membedakan kontraksi palsu dan asli.

Doula juga membantu ibu dan suami untuk merencanakan persalinannya. Misalnya di rumah sakit mana akan melahirkan, normal atau sesar, teknik relaksasi dan pernapasan saat melahirkan. Dengan begitu ibu hamil bisa mempersiapkan lebih matang rencana persalinannya dan tidak khawatir lagi.

5. Mendukung suami agar lebih percaya diri mendampingi istri

Mengenal Doula, Pendamping Ibu Hamil yang Ngetren di Kalangan Artiswww.tulsafamilydoulas.com

Tak jarang suami masih bingung dan tidak mengerti bagaiman caranya mendukung istri yang sedang hamil. Di sini doula akan mendukung dan mengajarakan suami apa saja yang bisa dilakukannya. Dan bagaimana nanti mendampingi istri saat melahirkan. Karena tidak sedikit suami yang justru malah takut melihat istrinya melahirkan. Jadi posisi doula tidak menggantikan posisi suami.

6. Membantu ibu setelah melahirkan

Mengenal Doula, Pendamping Ibu Hamil yang Ngetren di Kalangan Artistinylovedoulatraining.com

Tugas doula tidak selesai setelah bayi lahir. Doula akan mendampingi ibu setelah melahirkan hingga ibu pulih dan membantu ibu agar bisa menyusji bayinya dengan nyaman. Dengan begitu maka kejadian baby blues akan berkurang karena ibu mendapat cukup perhatian.

Jadi para ibu hamil, tertarik memakai jasa doula?

Baca Juga: 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Bayi, Ibu Hamil Wajib Konsumsi Ini!

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes