Balado Tempe Tetelan, Rasanya Bikin Ketagihan

Posted on

Balado Tempe Tetelan, Rasanya Bikin Ketagihan

Balado Tempe Tetelan, Rasanya Bikin Ketagihan

Diana Rafikasari

loading…
Balado Tempe Tetelan, Rasanya Bikin Ketagihan
Balado Tempe Tetelan bisa menjadi pilihan santap siang ini. Cita rasa pedas dan gurih bikin membuat ketagihan. Membuatnya pun cukup mudah. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA – Meski sederhana, tempe bisa diolah menjadi hidangan lezat. Bahan makanan ini tak kalah nikmat dibandingkan bahan makanan lain. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam menu. Balado Tempe Tetelan misalnya.

Makanan ini bisa menjadi pilihan untuk makan siang hari ini. Balado Tempe Tetelan semakin terasa nikmat jika disantap bersama sepiring nasi putih hangat. Berikut resep membuatnya seperti dikutip akun Instagram @rudydansahabat. (Baca juga: Penikmat Roti saat Sarapan Wajib Mencoba Menu Satu Ini).

Bahan-bahan:
250 g tetelan sapi, rebus hingga empuk
400 g tempe, potong dadu, goreng
15 buah pete, belah 2 bagian
4 buah cabe merah, belah 2 bagian, buang biji dan potong 2 cm
6 sdm minyak goreng
250 ml air
1 saset Desaku Bubuk Balado
1 sdt garam
1 sdm gula pasir

Baca Juga:
  • Trik Memasak Gulai Jantung Pisang
  • The Harvest Buka Layanan Baru Berkonsep Grab-to-Go

Bumbu halus:
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 buah tomat

Cara membuat:

Haluskan bawang putih, bawang merah dan tomat. Tumis bumbu halus dengan 6 sdm minyak goreng hingga harum dan matang. Larutkan Desaku Bubuk Balado dengan air, aduk hingga rata. Lalu masukkan larutan ke dalam tumisan dan masak kembali hingga bumbu larut dan mengembang.

Masukkan garam dan gula pasir, aduk rata hingga larut. Kecilkan api, lalu masukkan pete, cabe merah dan tetelan sapi, masak hingga cabe beraroma tidak langu dan semua bahan terbalut dengan bumbu. Masukkan tempe, aduk rata. Matikan api, angkat dan balado tempe tetelan siap dihidangkan.

(tdy)

Sumber ArtikelKoran Sindo