Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan 

Posted on

Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan 

Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan  jonbarron.org

Batu ginjal atau bahasa medisnya nefrolitiasis dapat terbentuk dari beberapa mineral dan garam yang berlebihan di dalam tubuh. Jika mineral dan garam tersebut menumpuk di ginjal maka akan membentuk suatu kristal yang lama kelamaan membentuk batu ginjal.

Batu ginjal ukurannya bermacam-macam dari yang sekecil pasir atau sebesar kerikil dan bisa tetap berada di ginjal atau turun ke saluran yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih serta bisa keluar bersama urin. Batu ginjal juga bisa tersangkut di saluran kencing sehingga menyumbat saluran keluarnya urin dan menimbulkan rasa sakit bahkan perdarahan.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab terbentuknya batu ginjal, salah satunya adalah makanan. Simak penjelasan di bawah!

1. Makan daging berlebih

Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan unsplash.com/José Ignacio Pompé

Daging merupakan sumber protein hewani yang mengandung tinggi purin. Purin merupakan suatu mineral yang nantinya akan diubah menjadi asam urat. Asam urat seharusnya dikeluarkan bersama urin, jika menumpuk di ginjal asam urat akan membentuk batu ginjal.

Makanan tinggi protein juga akan menurunkan kadar sitrat dalam tubuh. Sitrat berfungsi mencegah pembentukan batu ginjal. Jadi jika kamu menyukai olahan daging, baik daging sapi maupun ayam batasi konsumsinya ya.

2. Konsumsi makanan laut berlebihan

Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan unsplash.com/Michelle Tsang

Kamu suka makan seafood? Udang, ikan, lobster, cumi, kerang dan kepiting memang sangat lezat. Walaupun nikmat dimakan, kamu jangan kebablasan saat mengkonsumsi seafood ya. Karena seafood juga mengandung tinggi purin seperti daging merah yang nantinya akan diubah menjadi asam urat dan berisiko terbentuknya batu ginjal.

3. Kacang-kacangan

Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan unsplash.com/Maddi Bazzocco

Kamu suka ngemil kacang? Semua jenis kacang, termasuk kacang mede dan almond mengandung tinggi oksalat. Oksalat merupakan salah satu mineral yang dapat membentuk batu ginjal jika kadarnya berlebihan. Oleh karena itu batasi makan kacang ya, agar kadar oksalat di ginjal tidak menumpuk.

4. Teh dan cokelat

Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan unsplash.com/Helena Lopes

Siapa yang tidak suka teh dan cokelat? Cokelat dalam bentuk makanan atau minuman tentu banyak penggemarnya. Namun walaupun nikmat tetap batasi konsumsi teh dan cokelat ya. karena teh dan cokelat juga mengandung tinggi oksalat.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 8 Bahaya Kesehatan Menggunakan Smartphone Terlalu Sering, Kurangi Deh!
  • 15 Gejala Bintitan yang Perlu Kamu Sadari Sebelum Telanjur Membesar
  • 5 Penyakit Berbahaya Akibat Kurang Tidur, Ayo Disiplin ke Diri Sendiri

Baca Juga: 10 Gejala Kanker Ginjal yang Jarang Disadari Orang Awam, Waspada!

5. Makanan asin

Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan www.pexels.com/Kaboompics

Makanan asin mengandung kadar garam tinggi. Penggunaan garam yang disarankan adalah maksimal 5 gram perhari atau sekitar 1 sendok teh. Garam atau sodium bisa memicu pembentukan batu ginjal.

Tidak hanya garam dapur yang harus dibatasi karena garam juga banyak terkandung pada makanan olahan seperti nugget dan sosis, makanan kaleng misalnya sarden, makanan instan, dan makanan kemasan. Jadi batasi konsumsi makanan yang asin ya.

6. Obesitas

Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan www.everydayhealth.com

Berat badan lebih meningkatkan risiko terkena batu ginjal. Penderita obesitas mempunyai kemungkinan terkena batu ginjal 2 kali lipat dari orang dengan berat badan normal. Jadi sebisa mungkin jaga berat badanmu agar tetap normal ya.

7. Kondisi medis tertentu

Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan www.citypages.com

Gangguan pencernaan seperti diare kronis, radang usus, atau kondisi paska operasi saluran pencernaan akan mengganggu pengerapan air ke dalam tubuh. Hal itu berisiko menyebabkan penumpukan mineral yang bisa membentuk batu ginjal.

8. Dehidrasi

Waspadai 8 Penyebab Batu Ginjal yang Sering Diabaikan coach.nine.com.au

Kurangnya asupan air sehingga terjadi dehidrasi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal. Jika asupan air kurang maka produksi urin juga berkurang. Sehingga zat-zat yang seharusnya dibuang bersama urin mengendap di ginjal dan membentuk batu ginjal. Jadi jangan lupa minum delapan gelas perhari ya.

Itulah beberapa penyebab batu ginjal. Kenali penyebabnya dan lakukan pencegahan mulai sekarang ya.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Ini Ternyata Diam-diam Bisa Merusak Ginjalmu, Kurangi Ya!

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes