Catat! Inilah 5 Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Ginjalmu

Posted on

Catat! Inilah 5 Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Ginjalmu

Catat! Inilah 5 Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Ginjalmu pexels.com/Trang Doan

Ginjal merupakan organ paling vital pada tubuh berbentuk dua kacang, yang masing-masing berukuran sekepalan tangan dan terletak tepat di bawah tulang rusuk. Ginjal memiliki dua fungsi, yaitu membuang obat-obatan, racun, serta produk limbah berbahaya yang dikeluarkan melalui urin, dan menjaga keseimbangan air, cairan, mineral, dan bahan kimia yaitu elektrolit.

Ginjal yang mengalami kerusakan tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit kronis seperti kanker ginjal, penyakit jantung koroner, penyakit tulang, dan penyakit lainnya. Nah, agar dapat terhindar dari kerusakan ginjal yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit kronis, sebaiknya jaga kondisi ginjalmu agar tetap sehat, dengan cara menerapkan gaya hidup sehat, seperti rajin berolahraga, dan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Namun, tidak semua buah-buahan baik lho untuk kesehatan ginjal, contohnya saja seperti buah belimbing, yang berbahaya jika dikonsumsi oleh seseorang yang menderita gagal ginjal. Sebaiknya pilih buah-buahan yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal, agar ginjalmu dapat tetap terjaga kesehatannya. Nah, berikut ini ulasan 5 buah yang dapat meningkatkan kesehatan ginjalmu. Dicatat ya!

1. Apel

Catat! Inilah 5 Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Ginjalmupexels.com/Maria Lindsey

Buah pertama yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal adalah apel. Apel kaya akan antioksidan dan bersifat anti-inflamasi (melawan peradangan) sehingga dapat membantu mencegah kolestrol tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyebab utama gagal ginjal kronis. Dengan rutin mengonsumsi Apel, akan mencegah adanya masalah pada ginjalmu.

2. Nanas

Catat! Inilah 5 Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Ginjalmupexels.com/Chay A

Nanas merupakan salah satu buah terbaik yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal lho, mengapa? Karena nanas rendah kalium, yang merupakan salah satu nutrisi yang tidak terlalu dibutuhkan oleh ginjal. Terlalu banyak kadar kalium, akan berakibat fatal lho bagi para penderita gagal ginjal kronis.

Selain itu, kandungan bromelain pada buah nanas yang telah diolah menjadi jus, dapat melancarkan pencernaan dan mengurangi pembekuan darah, sehingga dapat membantu menghentikan pembentukan batu ginjal sejak dini.

Baca Juga: Buah Lagi Murah, Coba 6 Olahan Alpukat Khas Mancanegara Ini!

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 5 Langkah Mudah Bikin Double Choco Pie Ala McDonald’s, Bikin Kalap!
  • Meski Murah, Ini 8 Khasiat yang Kamu Dapat dari Konsumsi Ikan Kembung
  • Jangan Cuma Ditumis, Inilah 5 Kreasi Pare yang Bikin Lidah Bergoyang

3. Stroberi

Catat! Inilah 5 Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Ginjalmupexels.com/Pixabay

Stroberi merupakan sumber utama serat, nutrisi, dan antioksidan, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, serat dan nutrisi yang ada pada stroberi dapat menjaga kesehatan jantung, dan melawan peradangan. Stroberi merupakan salah satu buah terbaik untuk penderita gagal ginjal karena dapat mengurangi peradangan yang seringkali dialami oleh penderita gagal ginjal.

4. Bluberi

Catat! Inilah 5 Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Ginjalmupexels.com/Irita Antonevica

Kandungan antioksidan yang kuat pada bluberi, yaitu anthocyanin dapat mencegah kerusakan oksidatif pada tubuh, sehingga kadar racun yang ada pada tubuh tetap rendah. Selain itu, bluberi juga bersifat anti-inflamasi (anti peradangan), sehingga membantu mengurangi peradangan pada penderita gagal ginjal yang rentan mengalami peradangan.

5. Raspberry

Catat! Inilah 5 Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Ginjalmupexels.com/rawpixel

Tak hanya strawberry dan blueberry saja yang bisa meningkatkan kesehatan ginjal, namun raspberry juga bisa lho meningkatkan kesehatan ginjalmu, mengapa? Karena kandungan asam ellagic, yaitu fitonutrien pada raspberry dapat membantu melindungi sel dari kerusakaan.

Selain itu, penelitian yang dilakukan di University of Rhode Island menyebutkan bahwa penderita gagal ginjal yang rutin mengonsumsi esktrak raspberry sebesar 120 mg selama 30 hari, mengalami lebih sedikit peradangan dan kerusakan pada tulang rawan.

Itulah ulasan dari 5 buah-buahan yang bisa meningkatkan kesehatan ginjalmu, yang ternyata gak hanya rasa buahnya saja yang lezat, namun juga sangat menyehatkan. Ada buah favoritmu, guys?

Baca Juga: 6 Kreasi Ketan dari Buah-buahan yang Segar, Coba Deh! 

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

humble and strong women

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes